Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses dari Nol

Bina-Qurani-Cara-Menjadi-Youtuber-Pemula-Yang-Sukses-Dari-Nol-Di-Indonesia

Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses dari Nol – Youtube merupakan salah satu platform media sosial yang menyajikan hiburan untuk penggunanya dengan jutaan video dari seluruh penjuru dunia. Youtube saat ini bukan hanya sebuah platform hiburan untuk melihat konten video semata.

Lebih dari itu, saat ini Youtube sudah beralih fungsi menjadi wadah bagi penggunanya untuk mengekspresikan kreatifitasnya. Bahkan, Youtube sudah menjadi platform sebagai ladang penghasil rupiah.

Menjadi Youtuber, merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini banyak peminatnya. Menjadi Youtuber tidak memandang usia, mulai dari yang tua, muda hingga anak-anak sudah banyak orang yang terjun mencoba peruntungan menjadi Youtuber.

Meskipun tidak terlalu sulit, menjadi Youtuber juga bukanlah hal yang mudah. Butuh keseriusan, kesabaran, kerja keras, dan komitmen yang kuat untuk menjadi seorang Youtuber sukses.

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Menjadi Youtuber yang sukses dimulai dengan persiapan yang baik dan konsep yang matang. Dengan penerapan cara menjadi Youtuber pemula yang asal-asalan dan salah, maka kegagalan adalah hasil terbesarnya.

Thumbnail-Bina-Qurani-Cara-Menjadi-Youtuber-Pemula-Yang-Sukses-Dari-Nol-Di-Indonesia

Source: Photo By Szabo Viktor From Unsplash

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan menjadi seorang Youtuber, ada baiknya untuk mencoba cara menjadi Youtuber pemula, seperti berikut ini:

1. Buat Akun Youtube Anda

Langkah pertama cara menjadi Youtuber pemula adalah dengan membuat akun Youtube Anda. Langkah ini wajib Anda lakukan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Berikut ini adalah cara untuk membuat akun Youtube:

  • Siapkan akun email yang aktif.
  • Masuk ke situs Youtube.
  • Tekan tombol berwarna merah, bertuliskan “DAFTAR” atau “SIGN UP”.
  • Daftar menggunakan email Anda, masukkan email dan password.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh pihak Youtube ke email Anda.
  • Tentukan nama akun Youtube sesuai keinginan Anda.
  • Pastikan nama akun Anda terdengar menarik dan mudah diingat.
  • Simpan dan konfirmasi pembuatan akun Youtube.

Demikian adalah langkah pertama sebagai cara menjadi Youtuber pemula yang harus dilakukan dan diselesaikan agar bisa menjadi Youtuber yang sukses.

2. Mengaktifkan fitur monetasi

Setelah membuat akun Youtube, langkah selanjutnya sebagai cara menjadi Youtuber pemula adalah dengan mengaktifkan fitur monetasi yang tersedia di halaman administrasi Youtube.

Cara untuk mengaktifkan fitur monetasi adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke situs Youtube
  • Pilih Channel Anda
  • Pilih kelola Channel Anda
  • Monetasi, Klik aktifkan atau daftarkan

Mengaktifkan fitur monetasi ini merupakan hal yang perlu dilakukan sebagai salah satu langkah cara menjadi Youtuber pemula. Dengan mengaktifkan fitur monetasi, Youtube akan memproses akun Anda sesuai dengan kebijakan dan ketentuan Youtube, dan Anda akan mendapat kompensasi dari pihak Youtube.

3. Menentukan Tema Konten atau Niche

Cara menjadi Youtuber pemula yang ketiga adalah dengan menentukan tema konten atau niche untuk konten yang akan Anda buat. Untuk menentukan tema konten, diusahakan agar sesuai dengan hobi dan minat Anda. Keseuaian tema konten dengan hobi dan minat akan mendukung keistiqomahan Anda dalam memproduksi konten.

Adapun macam-macam konten yang bisa dijadikan pilihan adalah sebagai berikut:

  • Konten agama baik dari ceramah maupun renungan ayat Alquran
  • Konten teknologi
  • Makanan dan masakan
  • Fashion
  • Review
  • Vlog
  • Olahraga
  • Parenting
  • Pendidikan Anak
  • Dan lain sebagainya

Dengan memproduksi video yang menarik sesuai dengan tema konten Anda, akan membuat orang tertarik dengan channel Anda. Dengan begitu mereka akan sering mengunjungi channel Anda dan menonton video yang Anda Unggah.

Hal ini akan sangat berpengaruh baik, karena semakin akun Anda dikenal banyak orang dan video Anda ditonton oleh banyak orang. Dengan demikian, Youtube akan memberi penilaian yang baik pada channel Anda.

Bina-Qurani-Cara-Menjadi-Youtuber-Pemula-Yang-Sukses-Dari-Nol-Di-Indonesia

Source: Photo By Christian Wiediger From Unsplash

4. Mempersiapkan Alat-alat yang Dibutuhkan

Cara menjadi Youtuber yang keempat adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat video. Peralatan untuk membuat video tidak harus dengan peralatan yang canggih dan harga yang mahal. Menggunakan alat-alat yang sederhana sudah cukup untuk membuat konten yang menarik

Di antara peralatan yang dapat digunakan untuk membuat video dengan budget yang minimalis adalah smartphone yang kita gunakan.

Selain kamera untuk merekam video, smartphone juga bisa digunakan untuk mengedit video menggunakan aplikasi bawaan dari playstore maupun appstore.

Sudah banyak Youtuber sukses yang memulai memproduksi konten dengan peralatan yang sederhana. Yang paling penting adalah isi konten video yang kita buat, menarik dan bermanfaat untuk orang.

5. Memulai Pembuatan Video

Setelah alat-alat dipersiapkan, cara menjadi Youtuber pemula yang selanjutnya adalah dengan membuat video sesuai konten yang sudah kita tentukan.

Tahapan untuk membuat video antara lain sebagai berikut:

  • Menyiapkan ide awal
  • Pengembangan ide tentang video yang akan dibuat
  • Membuat story line video
  • Membuat narasi yang akan disampaikan di dalam video
  • Memulai mengambil video
  • Tahap editing video
  • Publish video ke Channel Youtube kita

Sebagai pemula, tahap pembuatan video dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan seadanya yang sesuai fungsi. Tidak harus dengan peralatan yang mahal.

Konsistensi adalah hal yang paling penting, selain isi konten yang menarik.

6. Promosikan Video yang Sudah Dipublish

Cara menjadi Youtuber pemula yang keenam yaitu dengan mempromosikan video yang sudah diproduksi. Anda bisa membagikan link dari video Anda ke teman-teman terdekat Anda dan juga keluarga Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial yang lain untuk promosi konten yang sudah Anda publish.

Dengan mempromosikan video yang sudah dipublish, akan menambah jam tayang pada tayangan video Anda dan kemungkinan besar channel Anda akan bertambah subscriber apabila video yang Anda suguhkan menarik. Dengan demikian, kesempatan untuk mendapat kompensasi dari pihak Youtube semakin besar.

Bina-Qurani-Cara-Menjadi-Youtuber-Pemula-Yang-Sukses-Dari-Nol-Di-Indonesia

Source: Photo By Cardmapr From Unsplash

7. Jalin interaksi dengan pemirsa

Cara menjadi Youtuber pemula yang sukses selanjutnya adalah dengan menjalin interaksi kepada pemirsa yang sudah menjadi penonton maupun subscriber.

Untuk menjalin interaksi ini dapat dilakukan dengan cara, membalas segala komentar yang masuk pada video Anda. Dengan begitu pemirsa akan mempunyai ikatan emosional dan kedekatan dengan Anda.

Tanpa pemirsa, maka tak akan ada Youtuber yang sukses. Suksesnya seorang Youtuber salah satunya adalah karena pemirsa.

8. Jangan lupa berdoa dan berserah diri kepada Allah

Setelah segala cara menjadi Youtuber pemula dilakukan dengan baik dan sungguh-sunggu, cara yang terpenting selanjutnya adalah dengan berdoa kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Berdoa sebelum melakukan tindakan, berdoa dalam melakukan ikhtiar, dan berdoa setelah berusaha dengan sungguh-sungguh. Karena hanya kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā lah kita berserah diri dan mengharap segalanya.

Thumbnail Source: Photo By Alexander Shatov From Unsplash

Artikel Terkait:
Cara Menjadi Penulis Bagi Pemula
Cara Membuat Hand Sanitizer di Rumah dengan Bahan yang Murah dan Mudah Didapatkan

TAGS
#cara menjadi penulis profesional #cara menjadi penulis #cara menjadi youtuber #cara menjalin relasi #menjadi penulis #menjadi youtuber berpenghasilan #menjadi youtuber #penulis berpenghasilan #penulis sukses #tahapan menjadi penulis #tahapan menjadi youtuber #youtuber sukses
Login