Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Cara Menurunkan Kolesterol

Bina-Qurani-Cara-Menurunkan-Kolesterol
Cara Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan suatu komponen tipe sterol atau lemak yang dapat ditemukan di kebanyakan jaringan tubuh. Kolesterol dan turunannya merupakan komponen penting dari membrane sel dan merupakan precursor dari komponen-komponen steroid.

Sedangkan kolesterol tinggi adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah. Terlalu banyak kolesterol yang terdapat di dalam tubuh, dapat menyumbat pembuluh darah yang menempatkan seseorang pada masalah jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi pada tubuh manusia dapat terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makan-makanan berlemak, kurang melakukan olehraga, kelebihan berat badan, merokok dan mengkonsumi minuman beralkohol. Selain itu, kolesterol tinggi juga bisa dipicu oleh kondisi genetik seseorang.

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, Anda dapat melakukan beberapa tips dan cara di bawah ini untuk menurunkan kolesterol pada tubuh Anda secara alami, tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Berikut penjelasannya!

Bina-Qurani-Cara-Menurunkan-Kolesterol

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Menurunkan Kolesterol, Source: Photo by Jane Pexels

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Menurunkan kolesterol yang tinggi pada tubuh, tidak hanya dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan. Berikut ini beberapa cara alami yang dapat Anda coba untuk menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh:

1. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Mengkonsumsi sayur dan buah dapat mempercepat proses penurunan kolesterol dalam tubuh manusia.

Kandungan serat dalam sayur dan buah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

2. Menghindari Makanan yang Berlemak

Cara lain untuk menurunkan kolesterol dari tubuh adalah dengan menghindari makanan-makanan yang berlemak. Makanan yang berlemak merupakan musuh bagi pengidap kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, hindarilah konsumsi makanan berlemak seperti goreng-gorengan. Sebagai penggantinya, pilihlah makanan yang rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu dan tempe.

Bina-Qurani-Cara-Menurunkan-Kolesterol

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Menurunkan Kolesterol, Source: Photo by Jane Pexels

3. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Larut

Menambah jumlah konsumsi makanan yang mengandung serat larut juga merupakan pilihan yang terbaik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa pilihan makanan yang kaya akan serat larut di antaranya adalah alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inuli. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sedangkan inulin bermanfaat untuk menurunkan kolesterol total dan tigliserida dalam darah.

4. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3

Makanan yang sangat disarankan bagi pengidap kolesterol tinggi adalah makanan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi. Sebab, makanan yang kaya akan omega 3 akan dapat membantu menurunkan kolesterol dan tigliserida dalam darah.

Beberapa pilihan makanan yang kaya akan omega 3 dan disarankan adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Bina-Qurani-Cara-Menurunkan-Kolesterol

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Menurunkan Kolesterol, Source: Photo by Barbara Pexels

5. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Cara berikutnya untuk menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh adalah dengan melakukan olahraga secara teratur setiap harinya. Olahraga secara teratur, selain dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar, juga dapat membantu menurnkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

6. Menghindari Rokok dan Kafein

Kebiasaan merokok dapat membawa banyak efek buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu mengganggu keseimbangan kadar kolesterol. Apabila Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan merokok dalam kehidupan sehari-hari, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan merokok, selain dapat menurunkan kolesterol baik, juga dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku. Sehingga meningkatkan resiko terkena panyakit jantung dan stroke.

Itulah enam cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Thumbnail Source: Photo by Freepik

Artikel Terkait:
Cara Menghitung Berat Badan Ideal

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login