Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Cara Merawat Baterai Laptop

Bina-Qurani-Cara-Merawat-Baterai-Laptop
Cara Merawat Baterai Laptop

Bagi sebagian orang, laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang saat ini menjadi kebutuhan utama, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Laptop menjadi satu-satunya perangkat yang dapat diandalkan untuk menunjang segala kegiatan, baik pekerjaan maupun tugas-tugas dari sekolah atau kampus tempat kita belajar.

Laptop terbukti sangat membantu dan memberikan solusi bagi seseorang yang menjalani aktivitas pekerjaannya dari rumah atau sering kita sebut dengan istilah work from home. Atau bagi siswa maupun mahasiswa yang sedang menjalani masa pembelajaran secara online.

Oleh karena itu, perlu kiranya bagi seseorang yang dalam aktivitas sehari-harinya senantiasa menggunakan perangkat tersebut, untuk selalu memperhatikan dan merawat komponen-komponen yang terdapat pada laptop.

Salah satu komponen laptop yang begitu penting dan wajib kita perhatikan dan rawat adalah baterai laptop. Baterai laptop merupakan komponen yang memberikan energi pada laptop agar laptop dapat berjalan.

Dengan merawat baterai laptop tersebut, sudah barang tentu akan menjaga kinerja laptop agar tetap dapat stand by lebih lama ketika kita gunakan, dan laptop dapat bekerja sebagaimana fungsinya dalam membantu setiap pekerjaan kita.

Berbicara mengenai baterai laptop, pada tulisan kali ini kami akan sedikit memberikan beberapa tips tentang cara merawat baterai laptop.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak!

Tips Cara Merawat Baterai Laptop

Berikut ini adalah beberapa tips ampuh cara merawat baterai laptop agar tetap awet:

1. Jangan Biarkan Mati Total

Tips pertama tentang bagaimana cara merawat baterai laptop adalah dengan menjaga laptop agar tidak mati total karena kehabisan daya.

Meskipun kita sedang fokus dalam bekerja atau belajar, namun tetap usahakan untuk memperhatikan presentase baterai laptop kita. Apabila baterai laptop sudah berada di angka 20 persen harap segera untuk memasang kabel charger laptop. Jangan biarkan baterai laptop mati total karena kehabisan baterai.

Membiarkan baterai habis hingga nol persen dapat berakibat fatal, selain dapat merusak baterai juga dapat mengakibatkan rusaknya komponen laptop yang lain.

2. Lepas Charger Laptop Apabila Penuh

Tips berikutnya tentang bagaimana cara merawat baterai laptop adalah dengan segera melepas kabel charger apabila baterai laptop sudah terisi penuh 100 persen.

Membiarkan kabel charger terlalu lama mengisi baterai akan menyebabkan baterai cepat rusak, dan memungkinkan komponen laptop yang lain juga rusak. Oleh karena itu, hindari mengisi daya baterai ketika hendak tidur atau ditinggal pergi dalam waktu yang lama.

3. Mengaktifkan Mode Power Saver

Tips selanjutnya tentang bagaimana cara merawat laptop adalah dengan mengaktifkan mode power saver.

Ubah penggunaan baterai dengan menggunakan moda balance melalui control panel, kemudian aktifkan mode power saver baterai agar baterai lebih awet.

4. Kontrol Waktu Pemakaian

Menggunakan laptop secara berlebihan tentu akan merusak berbagai komponen laptop baik baterai maupun yang lainnya. Artinya perlu bagi kita untuk mengontrol penggunaan dan pemakaian laptop.

Hal ini perlu dilakukan sebagai usaha kita tentang bagaimana cara merawat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama.

5. Hindari Overheating

Terlalu fokus dalam melakukan pekerjaan atau mengerjakan tugas tentu mengakibatkan laptop cepat panas, terlebih jika kita tidak menggunakan kipas pendingin. Hal ini akan menyebabkan laptop overheat dan dapat berakibat pada rusaknya baterai.

Maka, cara merawat baterai yang lain adalah dengan menjaga agar laptop tidak terlalu panas karena digunakan terlalu lama.

6. Atur Kecerahan Layar Monitor

Salah satu aktifitas laptop yang menghabiskan daya baterai cukup banyak adalah layar monitor. Oleh karena itu, mengatur kecerahan layar monitor merupakan salah satu cara merawat baterai laptop agar tidak cepat habis dan tetap tahan lama.

7. Hindari Penggunaan Saat Pengisian Daya

Tips lain tentang cara merawat baterai laptop adalah dengan menghindari penggunaan laptor saat pengisian daya. Hal ini menyebabkan baterai laptop cepat soak dan rusak.

Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila baterai laptop dilepas terlebih dahulu ketika kita sudah menggunakan kabel power sebagai sumber daya pada laptop.

Demikianlah beberapa tips tentang cara merawat baterai laptop, agar lebih awet dan bertahan lama. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Freepik

Artikel Terkait:
Langkah Mudah Belajar Pemrograman Android

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login