Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Cara Perpanjang Paspor

Bina-Qurani-Cara-Perpanjang-Paspor
Cara Perpanjang Paspor

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri baik untuk tujuan bisnis, pekerjaan, liburan, belajar, atau hal lainnya, maka Anda harus memiliki paspor. Paspor merupakan sebuah dokumen yang memuat identitas pemiliknya untuk syarat melakukan perjalanan antar negara.

Di dalam paspor terdapat identitas yang berupa nama pemilik, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, nomor paspor, dan masa berlaku paspor. Paspor merupakan salah satu dokumen yang harus disiapkan sebagai syarat perjalanan ke luar negeri.

Adapun menurut Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada warga negara Indonesia untuk melakukan perjalanan antar negara yang berlaku selama jangka waktu tertentu.

Apabila masa berlaku paspor sudah habis, maka paspor tersebut tidak bisa digunakan lagi sebagai syarat untuk melakukan perjalanan antar negara. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan masa berlaku paspor dan segera melakukan perpanjangan jika masa berlaku akan segera habis.

Bina-Qurani-Cara-Perpanjang-Paspor

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Perpanjang Paspor, Source: Photo by Good News

Cara Perpanjang Paspor yang Habis Masa Berlakunya Secara Online

Cara perpanjang masa aktif pasppor tidaklah sulit dan dapat dilakukan secara  online. Ada beberapa tahapan dan langkah yang harus dilakukan untuk melakukan perpanjangan paspor sebagai dokumen syarat perjalanan antar negara. Berikut ini beberapa cara perpanjang paspor yang sudah habis masa berlakunya:

1. Mempersiapkan Seluruh Persyaratan Perpanjang Paspor

Langkah pertama yang harus dilakukan apabila Anda ingin memperpanjang paspor adalah menyiapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan, seperti:

  • Paspor lama.
  • E-KTP beserta fotokopinya.
  • Surat keterangan dalam proses bagi yang belum punya E-KTP.

Adapun untuk paspor sebelum tahun 2009, memiliki syarat perpanjang paspor tersendiri, sebagai berikut:

  • KTP beserta fotokopinya.
  • Kartu Keluarga (KK) beserta fotokopinya.
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, dan beserta fotokopinya.
  • Surat pewarganegaraan Indonesia untuk orang asing yang menjadi warga negara Indonesia.
  • Surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang bagi Anda yang mengganti nama.
  • Pasppor lama.
  • Bagi paspor yang sudah mati, perlu menyiapkan fotokopi KTP, KK, akte nikah, paspor lama, serta materai Rp. 10.000.

Apabila persyaratan sudah terpenuhi, maka Anda dapat melanjutkan kepada tahapan berikutnya.

Bina-Qurani-Cara-Perpanjang-Paspor

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Perpanjang Paspor, Source: Photo by Info Kekinian

2. Buka Aplikasi M-Paspor

Langkah selanjutnya buka aplikasi M-Paspor. Jika Anda belum mempunyai aplikasi M-Paspor, Anda dapat mendownloadnya melalui aplikasi playstore. Kemudian login dengan akun Anda, pastikan nama, tanggal lahir, dan identitas lain yang telah dimasukkan sesuai.

3. Pilih Kantor Migrasi

Setelah login, lanjutkan dengan memilih kantor migrasi yang akan Anda tuju. Pilih kantor migrasi yang terdekat dan sesuai dengan domisili Anda.

4. Masukan Jumlah Pemohon

Kemudian masukkan julah pemohon perpanjangan paspor online dan atur waktu kedatangan Anda ke kantor migrasi. Setalah pendaftaran online selesai, simpan bukti pendaftaran yang berupa kode QR.

Bina-Qurani-Cara-Perpanjang-Paspor

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Perpanjang Paspor, Source: Photo by AWS Image

5. Kunjugi Kantor Migrasi

Selnjutnya, Anda bisa langsung mengunjungi kantor migrasi yang Anda pilih pada waktu kedatangan yang telah Anda tentukan.

6. Proses Perpanjangan

Setelah sampai di kantor migrasi, tunjukan bukti pendaftaran online Anda yang berupa kode QR kepada petugas. Selanjutnya petugas akan melakukan pemeriksaan berkas, wawancara, foto dan pengambilan sidik jari.

7. Bayar Biaya Perpanjangan

Lakukan pembayaran terhadap biaya perpanjangan paspor Anda, dan tunggu proses perpanjangan paspor sekitar 3 sampai 4 hari kerja setelah pembayaran. Setelah paspor baru terbit, Anda dapat mengambilnya di kantor migrasi yang sama dengan proses pembuatan atau memilih opsi paspor dikirim ke alamat tempat tinggal.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara untuk perpanjang paspor Anda.

Thumbnail Source: Photo by Imigrasi Go Id

Artikel Terkait:
Cara Membuat Surat Keterangan Domisili

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #khazanah #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah #Warga Negara #Pendidikan anak #Sekolah Islam
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login