Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Cisco Adalah

Bina-Qurani-Cisco-Adalah
Cisco Adalah

Apa itu Cisco?

Cisco adalah sebuah perangkat utama yang banyak digunakan pada jaringan dengan area yang sangat luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan menggunakan router cisco, suatu informasi dapat diteruskan ke berbagai alamat yang jaraknya berjauhan dan berada di jaringan komputer yang berlainan.

Dalam praktiknya, router Cisco menggunakan Central Processing Unit (CPU) sebagaimana yang digunakan di dalam sebuah komputer untuk memproses lalu lintas data dengan cepat. Sebagaimana halnya komputer, cisco juga mempunyai beberapa jenis memori seperti ROM, RAM, NVRAM, dan FLASH yang berguna untuk membantu kinerja CPU.

Bina-Qurani-Cisco-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cisco Adalah, Source: Photo From Iste Gucumuz

Beberapa memori yang digunakan oleh router cisco di atas, mempunyai kegunaan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut adalah kegunaan masing-masing memori tersebut.

  • ROM pada router cisco adalah memori yang digunakan untuk menyimpan sistem bootstrap, yang fungsinya untuk mengatur proses booting dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS Image.
  • RAM pada router cisco adalah memori yang digunakan untuk menyimpan running configuration dan sistem operasi IOS lainnya yang aktif.
  • NVRAM pada cisco adalah memori yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi awal atau start-up configuration.
  • FLASH adalah memori pada router cisco yang digunakan untuk menyimpan IOS image dan memberikan update IOS versi terbaru tanpa harus mengganti komponen router.
Bina-Qurani-Cisco-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cisco Adalah, Source: Photo From The Business Journals

Sejarah Cisco Router

Awal perjalanan berdirinya router cisco adalah pada awal tahun 1980-an, ketika sepasang suami istri bernama Len dan Sandy Bosack sedang menghadapi masalah dalam membuat komputer mereka dapat berkomunikasi satu sama lain.

Len dan Sandy merupakan karyawan yang dulunya bekerja di dua departemen komputer berbeda yang terletak di Standford University yang menginginkan komputer mereka dapat terhubung satu sama lain. Untuk mengatasi masalah tersebut, mereka kemudian membuat sebuah server gateway di ruang tamu mereka dengan bantuan protokol IP.

Mereka berdua kemudian mendirikan cisco System pada tahun 1984, dengan memiliki server gateway kimersial kecil yang membawa revolusi dalam dunia networking. Pada tahun 1992, mereka kemudian merubah nama perusahaannya menjadi Cisco System Inc.

Produk pertama yang dipasarkan oleh perusahaan Cisco adalah Advanced Gateway Server atau AGS. Setelah produk ini sukses dipasarkan kemudian mereka menciptakan beberapa produk lagi seperti:

  • Mid Range Gateway Server (MGS)
  • Compact gateway Server (CGS)
  • Integrated Gateway Server (IGS)
  • Advanced Gateway Server Plus (AGS+)

Sebagai suatu perusahaan pertama yang beroperasi dalam dunia jaringan, Cisco adalah pemimpin networking. Di dalam dunia internet, cisco adalah perusahaan yang tidak tertandingi. Cisco telah berhasil memberikan kemudahan kepada orang-orang dalam berkomunikasi, transfer data, serta mengirim data, tanpa peduli akan waktu, tempat, dan platform yang digunakan.

Bina-Qurani-Cisco-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cisco Adalah, Source: Photo From Globuc

Sertifikasi Cisco

Selain bergerak di bidang pemasaran, Cisco juga bergerak di bidang akademi dengan nama Cisco Networking Academi. Di dalam akademinya, cisco memberikan sertifikat kepada user atau member yang telah mengikuti pelatihan di dalam akademi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa sertifikasi pada Cisco:

1. Cisco Certified Network Associate (CCNA)

Cisco Certified Network Associate merupakan sertifikasi tingkat pertama yang diberikan kepada setiap IT people dari hal yang paling dasar hingga memiliki konsep dasar networking yang sempurna.

Dengan memiliki sertifikat ini, seorang engineer akan mampu menghadle network dengan kapasitas sekitar 250 sampai 500 pengguna.

2. Cisco Certified Network Professional (CCNP)

Cisco Certified Network Professional merupakan sertifikasi tingkat kedua yang berisi pendalaman materi serta kasus-kasus yang lebih kompleks. Melalui sertifikasi ini seorang engineer akan mampu menangani network dengan kapasitas 500 hingga 2000 pengguna dan bersifat multi area.

3. Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE)

Cisco Certified Internetwork Expert adalah sertifikasi tingkat paling tinggi yang berisi pendalaman serta materi khusus hingga level service provider connectivity.

Dengan memiliki sertifikat CCIE, seorang engineer akan mempu menangani jaringan dengan kapasitas lebih dari 2000 pengguna.

Itulah beberapa sertifikasi yang diberikan oleh cisco yang bisa didapatkan melalui pelatihan di Cisco Networking Academi. Beberapa sertifikasi di atas sekaligus menjadi penutup pada tulisan kali ini. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Thumbnail Source: Photo From Google Search

Artikel Terkait:
Belajar Jaringan Komputer

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login