Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Complex Problem Solving

Bina-Qurani-Complex-Problem-Solving
Complex Problem Solving

Complex problem solving adalah satu di antara berbagai macam soft skills yang paling dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2022, dan diperkirakan akan bertahan hingga 5 sampai 10 tahun mendatang. Complex problem solving wajib dikuasai oleh setiap karyawan sebuah perusahaan, baik itu bawahan, pemimpin, maupun manager di setiap bidang profesi.

Kemampuan complex problem solving sangat berguna bagi seseorang dalam mengambil sebuah keputusan, terutama ketika dihadapkan pada berbagai situasi serta masalah yang sangat sulit dan tidak terduga di tempat kerja. Complex problem solving menjadi suatu metode dan solusi yang dapat digunakan untuk membantu seseorang mengerti bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah dengan optimal.

Lalu apa itu complex problem solving? Berikut kami tuliskan penjelasan mengenai apa itu complex problem solving dan teknik pelaksanaan complex problem solving. Simak penjelasannya dengan seksama!

Bina-Qurani-Complex-Problem-Solving

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Complex Problem Solving, Source: Photo by Pexels

Pengertian Complex Problem Solving

Problem solving merupakan bagian dari proses berpikir untuk menyelesaikan suatu masalah. Adapun pandangan para ahli terkait definisi dari problem solving adalah sebagai berikut:

1. Problem Solving Menurut Purwanto

Menurut Purwanto, problem solving adalah suatu proses menghadapi situasi baru dengan menggunakan strategi, cara, atau teknik tertentu. Tujuannya agar keadaan tersebut dapat dilalui sesuai dengan keinginan yang ditetapkan.

2. Problem Solving Menurut Gulo

Menurut Gulo, problem solving adalah metode yang mengajarkan penyelesaian masalah dengan memberikan penekanan pada terselesaikannya suatu masalah secara menalar dan tidak menimbulkan masalah baru di tempat yang lain.

3. Problem Solving Menurut Oemar Hamalik

Menurut Oemar Hamalik, problem solving adalah suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah. Kemudian memecahkan masalah berdasarkan data serta informasi akurat, sehingga mampu mendapat kesimpulan dengan cermat dan cepat.

Itulah beberapa definisi problem solving yang diambil dari pemikiran para ahli. Lalu bagaimana dengan complex problem solving? Apa yang dimaksud complex problem solving?

Menurut Restu B Wicaksono, complex problem solving adalah suatu kemampuan atau skill untuk melakukan identifikasi masalah yang terjadi, meninjau, dan menyusun informasi yang terkait dengan masalah yang ada. Selain itu, complex problem solving juga meliputi proses pengelolaan informasi dari data yang didapatkan, sebagai jalan keluar masalah atau solusi, serta mengimplementasikannya dan mengevaluasi langkah-langkah yang dipilih sebagai solusi tersebut.

Dalam proses penyelesaian masalah, harus mencakup banyak aspek penting dan menyeluruh. Sehingga, dalam proses penyelesaian satu masalah, tidak menimbulkan masalah baru di tempat lain.

Bina-Qurani-Complex-Problem-Solving

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Complex Problem Solving, Source: Photo by Andrea Pexels

Teknik Pelaksanaan Complex Problem Solving

Ada beberapa teknik yang dapat diimplementasikan dalam penerapan complex problem solving di tempat kerja. Di antara teknik terseut yaitu:

1. Linier Thingking

Salah satu teknik problem solving yang dapat Anda terapkan adalah linier thinking. Linier thinking adalah teknik dasar yang sangat sederhana, yang juga dikenal sebagai five why. Sesuai dengan Namanya, ide dasar dari teknik problem solving ini adalah menekankan pada pertanyaan “mengapa” untuk menemukan akar masalah.

Nyatakanlah masalah yang dihadapi, lalu coba tanyakan mengapa. Teruslah bertanya sampai Anda menemukan jawaban yang terasa seperti masalah kasual. Dengan menemukan akar maslaah, kamu dapat merancang strategi solusi dengan tepat.

2. Design Thinking

Design thining merupakan teknik pendekatan problem solving dengan menekankan pendekatan dari sisi pengguna. Untuk menerapkan teknik design thinking, cobalah untuk lebih berempati dengan user atau pengguna. Setelah itu, buat prototipe yang dapat diuji untuk solusi yang memenuhi kebutuhan mereka.

3. Solution Based Thinking

Solution based thinking adalah teknik pemikiran berbasis solusi yang membantu Anda untuk memecahkan masalah dengan fokus pada apa yang sebenarnya berhasil. Pasalnya, sebagian orang kerap kali memecahkan masalah dengan fokus pada apa yang mereka harapkan harus berhasil.

Itulah beberapa teknik problem solving yang dapat Anda coba terapkan dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi di tempat kerja Anda.

Thumbnail Source: Photo by Karolina G Pexels

Artikel Terkait:
Komunikasi Efektif dalam Tim Kerja

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login