Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Cryptocurrency Dalam Dunia Finansial

Bina-Qurani-Cryptocurrency-Dalam-Dunia-Finansial
Cryptocurrency Dalam Dunia Finansial

Beberapa tahun belakangan ini, perbincangan masalah cryptocurrency dalam dunia finansial menjadi sangat hangat dan begitu menarik. Topik ini tidak hanya menjadi perbincangan di Indonesia saja, namun juga merupakan topik perbincangan yang hangat di seluruh penjuru dunia.

Cryptocurrency atau yang sering dianggap sebagai mata uang digital, perkembangannya terlihat begitu pesat di era transformasi digital seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi mata uang digital ini nyatanya mulai mengguncang layanan keuangan dan sistem pembayaran dunia.

Meski keberadaannya diliputi dengan banyak kontroversi antara pro maupun kontra, namun penggunaan cryptocurrency dalam dunia finansial terus mengalami perkembangan yang inovatif dan peningkatan peminat yang sangat masif. Hal ini dilihat dari nilainya yang terus meningkat secara fluktuatif.

Menurut laporan dari Bank Indonesia, jumlah uang elektronik yang beredar di Indonesia per bulan September 2021 telah mencapai nilai sebanyak 530.664.510. Lapporan ini dimuat pada situs resmi BI pada bagian statistik sistem pembayaran atau SPP.

Bina-Qurani-Cryptocurrency-Dalam-Dunia-Finansial

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cryptocurrency Dalam Dunia Finansial, Source: Photo by World Spectrum From Pixabay

Cryptocurrency dalam dunia finansial juga sering disebut sebagai mata uang kripto dan dianggap sebagai aset digital. Cryptocurrency dibuat dan diciptakan dengan tujuan sebagai media pertukaran dengan menggunakan sistem kriptografi. Penggunaan sistem kriptografi ini menjadi jaminan agar transaksi keuangan yang dilakukan dapat berjalan aman baik dalam mengontrol unit tambahan maupun dalam memverifikasi pengalihan aset.

Sebagai mata uang virtual, cryptocurrency tidak mempunyai bentuk fisik sebagaimana mata uang konvensional. Namun, cryptocurrency tetap dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara online.

Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan cryptocurrencypun tidak bisa dilakukan dengan komputer biasa. Seorang pengguna cryptocurrency harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang cukup tinggi dan dapat mendukung penggunaan platform blockchain. Dengan sistem Blockchain inilah, transaksi cryptocurrency yang dilakukan oleh pengguna akan berjalan lancar.

Bina-Qurani-Cryptocurrency-Dalam-Dunia-Finansial

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cryptocurrency Dalam Dunia Finansial, Source: Photo by The Digital Artist From Pixabay

Fungsi dan Kegunaan Cryptocurrency dalam Dunia Finansial

Fungsi dan kegunaan dari cryptocurrency dalam dunia finansial juga tidak jauh berbeda dengan fungsi serta kegunaan mata uang konvensional pada umumnya.

Cryptocurrency dalam dunia finansial biasanya digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas seperti transaksi jual beli barang dan jasa, sebagai alat investasi, dan penambangan.

Berikut ini uraian lengkap fungsi dan kegunaan cryptocurrency dalam dunia finansial:

1. Transaksi Jual Beli Barang dan Jasa

Seiring dengan perkembangan zaman, cryptocurrency atau mata uang digitial sudah mulai dipakai dan digunakan dalam melakukan berbagai transaksi. Cryptocurrency mulai dipandang sebagai mata uang yang mempunyai nilai tukar tinggi.

Saat ini di beberapa negara seperti Paraguay dan El Savador penggunaan mata uang digital ini sudah secara resmi diizinkan oleh pihak pemerintahannya. Crypptocurrency sekarang sudah dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di sana.

Sedangkan di Indonesia sendiri, permasalahan terkait cryptocurrency dalam dunia finansial masih dikaji oleh berbagai pihak. Mulai dari pihak pemerintah maupun para ulama setempat.

Bina-Qurani-Cryptocurrency-Dalam-Dunia-Finansial

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cryptocurrency Dalam Dunia Finansial, Source: Photo by Best Graphics Com From Pixabay

2. Media Investasi

Selain sebagai alat pembayaran, cryptocurrency dalam dunia finansial juga sering digunakan untuk melakukan investasi yang mampu mengalahkan inflasi.

Aktivitas investasi pada cryptocurrency dalam dunia finansial biasanya dijalankan dengan melakukan aktivitas jual beli aset di exchange. Exchange adalah platform sejenis marketplace yang berfungsi untuk mempertemukan pembeli dan penjual sampai terjadi transfer aset kripto.

Investasi pada cryptocurrency ini berbeda dengan investasi pada bursa saham, dimana investor harus melewati broker terlebih dahulu sebagai perantara. Investasi cryptocurrency yang dilakukan melalui exchange merupakan transaksi langsung yang terjadi antara investor.

3. Penambangan atau Mining

Penambangan atau mining merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting dari fungsi dan kegunaan cryptocurrency dalam dunia finansial. Untuk melakukan penambangan, para pengguna biasanya diminta untuk memecahkan puzzle cryptography untuk kemudian mengkonfirmasi transaksi dan mencatatnya dalam blockchain.

Pemecahan puzzle cryptograph ini sangat kompleks terhantung pada daya komputasi dari masing-masing pengguna. Semakin besar daya komputasi yang dimiliki pengguna, maka semakin besar pula peluang untuk memecahkan puzzle tersebut.

Itulah beberapa fungsi dan kegunaan cryptocurrency dalam dunia finansial yang cukup lumrah dilakukan oleh para penggunanya.

Thumbnail Source: Photo by Vjkombajn From Pixabay

Artikel Terkait:
Cryptocurrency Halal atau Haram?

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login