Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Dahsyatnya Pahala Belajar Alquran

Belajar Alquran adalah ibadah yang sangat mulia. Belajar Alquran berarti mempelajari pedoman hidup yang berisikan petunjuk yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala turunkan untuk keselamatan manusia. Di antara bentuk belajar Alquran adalah belajar membacanya, menghafalnya, mempelajari artinya, serta mempelajari tafsirnya.

Belajar Alquran memiliki banyak sekali keutamaan dan keistimewaan. Di antara keutamaannya telah disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dari jalur Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”

Orang yang belajar Alquran juga akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Sahihnya dari Abu Umamah al-Bahily radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulallah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bacalah oleh kalian Alquran karena sesungguhnya Alquran itu akan memberikan syafaat kepada pembacanya…” Syafaat adalah perantara yang memberikan manfaat kepada seseorang atau menolak mudharat baginya. Pemberian syafaat tersebut tentu atas ijin Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kriteria orang yang mendapatkan syafaat Alquran adalah orang yang membacanya, berpegang teguh terhadap petunjuk-petunjuknya, dan mengerjakan kebaikan serta meninggalkan kemungkaran yang dituntun oleh Alquran.

Orang yang belajar Alquran juga disebut oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai manusia yang terbaik. Imam al-Bukhari meriwayatkan hadis dari Utsman radhiallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan yang mengajarkannya.”

Perlu diketahui bahwa belajar Alquran tidak mengenal kata rugi. Terbata-batanya saja dalam membaca mendapatkan pahala. Artinya Anda masih belum lancar atau terbata-bata tetap mendapatkan bagian pahala darinya. Aisyah radhiallahu ‘anha berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang mahir membaca Alquran maka ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi sangat kuat. Sedangkan orang yang membaca Alquran dengan tertatih-tatih dan bacaan itu terasa sulit baginya, maka dia mendapat dua pahala.” (HR. Muslim)

Demikianlah beberapa hadis yang menjelaskan betapa dahsyatnya pahala bagi orang yang belajar Alquran. Semoga hadis-hadis ini menjadi motivasi bagi kita semua dalam belajar Alquran dan mengajarkannya.

TAGS
#Alquran #Belajar Alquran #Menghafal Alquran #Tahfiz Alquran
Login