Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Dampak Menggunakan Gadget Berlebihan Pada Kesehatan

Bina-Qurani-Dampak-Gadget-pada-Kesehatan
Dampak Menggunakan Gadget Berlebihan Pada Kesehatan

Pada era globalisasi seperti saat ini sangat mudah sekali bagi kita untuk mencari informasi atau berkomunikasi antara satu dengan lainnya hanya dengan menggunakan gadget.

Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa inggris, yang artinya adalah perangkat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi khusus. Secara umum gadget bisa didefinisikan sebagai perangkat elektronik dengan model penggunaan yang praktis dan memiliki fungsi tertentu untuk mempermudah aktifitas sehari-hari.

Fungsi gadget bisa sebagai media untuk mempermudah pekerjaan, alat komunikasi, media hiburan, dan lain sebagainya. Beberapa contoh dari gadget yaitu smartphone, ipad, tablet, netbook dan yang semisalnya.

Bina-Qurani-Dampak-Gadget-pada-Kesehatan

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Dampak Gadget pada Kesehatan, Source: Photo by PhotoMIX Company Pexels

Dampak Menggunakan Gadget Berlebihan Pada Kesehatan Anak

Meskipun memberi begitu banyak keuntungan bagi pemakainya namun jika tidak bijak dalam menggunakannya, gadget bisa memberi banyak hal negatif atau kerugian. Banyak dampak menggunakan gadget berlebihan pada Kesehatan diantaranya:

1. Gangguan pada Mata

Dampak menggunakan gadget berlebihan pada Kesehatan terutama ketika terlalu lama menatap layar gadget, yang sering terjadi adalah terkait dengan kesehatan mata.

Seseorang yang menggunakan gadget secara berlebihan sangat rentan mengalami gangguan pada mata. Hal ini terjadi karena terlalu lama menatap layar gadget sehingga memicu gangguan seperti mata lelah, mata kering, iritasi, hingga masalah penglihatan.

Dan jika penggunaan gadget secara berlebihan terus berlanjut, ini akan menimbulkan dampak negatif yang cukup serius. Mata minus hingga kerusakan pada mata bisa saja terjadi terutama pada mereka yang sudah terlalu kecanduan gadget.

2. Obesitas

Dampak menggunakan gadget berlebihan pada kesehatan selanjutnya yaitu obesitas. Seseorang yang kecanduan gadget rentan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas merupakan kondisi yang terjadi akibat penumpukan lemak pada tubuh.

Sebab terlalu asyik bermain gadget bisa menyebabkan seseorang kurang bergerak atau lebih sering duduk dan berbaring. Karena tubuh terbiasa kurang bergerak, sehingga dapat mengakibatkan rasa malas untuk melakukan aktifitas seperti olahraga dan semisalnya.

Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Padahal obesitas tidak boleh dianggap sepele, sebab kondisi ini bisa meningkatkan resiko penyakit jangka panjang seperti diabetes, stroke hingga serangan jantung.

Bina-Qurani-Dampak-Gadget-pada-Kesehatan

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Dampak Gadget pada Kesehatan, Source: Photo by Adrienn Pexels

3. Kurang Tidur

Untuk mendukung dan menjaga Kesehatan tubuh, seseorang perlu mendapat jatah waktu tidur yang cukup. Dan dampak menggunakan gadget berlebihan pada Kesehatan diantaranya yakni seseorang akan mengalami kurang tidur.

Hal itu terjadi kerana ketika seseorang sudah terlalu asyik main gadget terkadang ia sampai lupa waktu dan begadang hingga larut malam. Kondisi ini tidak boleh dianggap remeh, sebab kurang tidur dapat mengganggu Kesehatan dan aktivitas seseorang.

Perlu diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh menghasilkan protein yang bernama sitokin. Protein ini dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi, peradangan dan stres.

Sitokin akan dilepaskan tubuh saat kita tidur. Bila kurang tidur, produksi protein ini pun akan berkurang sehingga kemampuan sel imun dalam melawan infeksi akan menurun dan menghambat proses penyembuhan. Seseorang yang kurang tidur juga akan lebih mudah sakit, hingga masalah Kesehatan mental seperti gangguan suasana hati dan kecemasan.

4. Masalah Mental

Selain memberi dampak negatif pada fisik, dampak menggunakan gadget berlebihan pada kesehatan juga bisa mempengaruhi dan mengganggu kesehatan mental. Kecanduan gadget bisa membuat seseorang kesulitan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar serta meningkatkan resiko rasa kesepian.

Menurut data penelitian psikologi yang ada, seseorang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan gadget akan mengalami tingkat depresi yang lebih besar. Ia sering merasa bersalah, tidak percaya diri, kesulitan konsentrasi, sensitif atau mudah marah dan sulit mengambil keputusan.

Demikian beberapa dampak menggunakan gadget berlebihan pada kesehatan. Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan dapat menjadi perhatian agar kita lebih bijak lagi dalam menggunakan gadget.

Thumbnail Source: Photo by Cottonbro from Pexels

Artikel Terkait:
Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login