Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Diskriminasi Adalah

Bina-Qurani-Diskriminasi-Adalah
Diskriminasi Adalah

Diskriminasi adalah pembedaan perlakuan berdasarkan perbedaan yang ada, baik itu perbedaan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya.

Istilah diskriminasi telah dikenal dalam bahasa Inggris sejak awal abad ke-17. Istilah ini berasal dari bahasa latin yaitu discriminate, yang berakar dari kata dis yang artinya memilah atau memisah, dan crimen yang artinya diputusi berdasarkan suatu pertimbangan baik maupun buruk.

Sebelum terjadinya perang saudara Amerika pada abad ke-18, istilah diskriminasi hanya digunakan dalam arti bahasa untuk membedakan. Setelah berakhirnya perang, istilah ini kemudian berkembang sebagai kosakata bahasa Inggris untuk menjelaskan sikap prasangka negatif. Diskriminasi berkaitan dengan prasangka karena seorang yang mempunyai prasangka biasanya bertindak diskriminatif. Tindakan diskriminatif sendiri kemudian dapat berkembang menjadi sumber penindasan.

Praktik diskriminasi sering terjadi di lingkungan masyarakat, karena adanya kecenderungan untuk membeda-bedakan mulai dari tingkatan yang paling rendah, seperti prasangka buruk pada orang lain hanya karena berasal dari kelompok sosial tertentu, seperti ras, agama, etnis, atau penggolongan yang lainnya.

Terjadinya praktik diskriminasi cenderung dilakukan oleh kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas. Suatu kelompok mayoritas ini merasa memiliki kuasa dan melakukan tindakan semena-mena terhadap kelompok minoritas yang berbeda. Hal ini kemudian mendorong seorang minoritas diperlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, golongan, kelamin, ras, politik, agama dan kepercayaan, kondisi fisik, maupun karakteristik lainnya yang menjadi dasar tindakan diskriminasi.

Berdasarkan beberapa uraian di atas, lalu bagaimana pandangan para ahli mengenai definisi diskriminasi ini? Berikut kami uraikan beberpaa pandangan para ahli tentang definisi dari diskriminasi.

Bina-Qurani-Diskriminasi-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Diskriminasi Adalah, Source: Photo by Mikhail Nilov Pexels

Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli

Berkaitan dengan definisi dari diskriminasi, berikut ini beberapa penjelasan mengenai definisi diskriminasi menurut para ahli:

1. Theodorson & Theodorson

Menurut Theodorson & Theodorson, definisi dari diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan atau kelompok berdasarkan sesuatu yang bersifat kategorikal atau atribut khas seperti ras, suku, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

2. Fulthoni

Menurut Fulthoni, definisi diskriminasi adalah perlakuan tidak adil dan tidak seimbang yang dilakukan untuk membedakan perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

3. Danandjaja

Danandjaja menyatakan bahwa diskriminasi mengandung arti sebagai perlakuan tidak seimbang terhadap sekelompok orang, yang pada hakikatnya adalah sama dengan kelompok pelaku diskriminasi. Objek diskriminasi tersebut sebenarnya memiliki beberapa kapasitas dan jasa yang sama adalah bersifat universal.

Apakah diskriminasi dianggap legal, tergantung dari nilai-nilai yang dianut masyarakat yang bersangkutan, atau kepangkatan dalam masyarakat dan pelapisan masyarakat yang berlandaskan pada prinsip diskriminasi.

4. Sears, Freedman, dan Peplau

Menurut Sears, Freedman, dan Peplau, definisi diskriminasi adalah suatu perilaku yang menunjukkan penolakan terhadap individu atau kelompok semata-mata karena keanggotaan seseorang di dalam kelompok.

Bina-Qurani-Diskriminasi-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Diskriminasi Adalah, Source: Photo by Mikhail Nilov Pexels

Jenis-jenis Deskriminasi

Deskriminasi seringkali diawali dengan prasangka. Dengan prasangka, muncullah perbedaan antara seseorang dengan orang yang lain. Dalam kehidupan sehari-hari sekelompok orang sering mengatakan “kita” dan “mereka”. Pembedaan ini terjadi karena kita adalah makhluk sosial yang secara alami ingin berkumpul dan berkelompok dengan orang-orang yang memiliki persamaan dan kemiripan dengan kita.

Dari prasangka inilah kemudian memicu tindakan-tindakan diskriminasi. Adapun berbagai jenis-jenis diskriminasi yang sering terjadi baik di dalam maupun di luar negeri antara lain yaitu:

1. Rasisme

Rasisme adalah diskrimiasi atau perbedaan perilaku dan ketidaksetaraan yang terjadi berdasarkan warna kulit, ras, suku, dan asal-usul seseorang yang membatasi atau melanggar hak dan kebebasan seseorang.

Rasisme juga sering diartikan sebagai keyakinan bahwa manusia dapat dibagi menjadi kelompok terpisah berdasarkan ciri biologis yang disebut ras. Gagasan ini juga meyakini ada hubungan sebab akibat antara ciri fisik suatu ras dengan kepribadian, kecerdasan, moralitas, dan ciri-ciri budaya serta perilaku lainnya, yang membuat beberapa ras secara bawaan lebih unggul dari yang lain.

2. Seksisme

Seksisme adalah prasangka atau tindak diskriminasi terhadap seseorang atau kelompok berdasarkan jenis kelamin atau gender. Hal ini sering terjadi pada perempuan dan anak perempuan. Tindakan seksisme mencakup semua yang melingkupi satu jenis kelamin atau gender yang disampaikan melalui berbagai cara, baik itu perilaku, ucapan, tulisan, gambar, gerak tubuh, hukum dan kebijakan, serta praktik dan tradisi.

3. Ageisme

Ageisme adalah bentuk diskriminasi terhadap individu atau kelompok karena umur mereka. Diskriminasi usia merupakan satu set keyakinan, sikap, norma, dan nilai-nilai yang digunakan untuk membenarkan prasangka dan tindakan diskriminasi.

Thumbnail Source: Photo by Daniel Pexels

Artikel Terkait:
Internship Program Adalah

TAGS
#ASEAN #Hubungan Internasional #Indonesia #Olimpiade Tokyo #Organisasi Internasional #Pendiri Paskibraka #Peran Indonesia dalam ASEAN #PPKM Level 4 #Sejarah #Sidang Pertama BPUPKI
Login