Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Doa Agar Diampuni Dosa Karena Sikap Berlebih-lebihan

Salah satu prinsip agama Islam adalah bersikap pertengahan dalam segala sesuatu. Baik dalam aspek akidah, ibadah maupun dalam aspek muamalah. Demikian pula dalam sisi ucapan lisan dan ucapan hati maupun perbuatan hati dan perbuatan anggota badan.

Meskipun demikian, terkadang di antara kita melakukan dosa disebabkan tindakan dan ucapkan kita yang berlebih-lebihan. Tindakan berlebih-lebihan dalam ibadah misalnya hari ini kita membaca Alquran satu juz kemudian esok harinya kita tidak membaca Alquran sama sekali. Ucapan berlebih-lebihan dalam akidah misalnya seseorang mengucapkan sumpah ‘’Demi Allah dan Demi Rasulullah” yang seharusnya “Demi Allah” saja, dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya.

Oleh karena itu, agar kita tidak terjatuh dalam ucapan dan tindakan berlebih-lebihan maka di samping kita terus menggali ilmu agama kita juga bisa merutinkan doa yang sebagaimana Allah ajarkan dalam ayat berikut:

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (147)

“Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS. Ali Imran [03]: 147)

Doa tersebut cukup penting untuk kita amalkan, karena di samping mengandung doa agar dosa kita diampuni juga agar sikap berlebih-lebihan kita juga diampuni. Bahkan, doa tersebut juga mengandung permohonan agar kita istikamah di jalan Allah dan dimenangkan atas orang-orang kafir.


Download Poster Doa

TAGS
#Doa-doa #Free Download #Poster Dakwah
Login