Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Doa Agar Diberikan Kesabaran dalam Berjuang di Jalan Allah

Setiap muslim dan muslimah pada dasarnya adalah pejuang di jalan Allah. Ketika mempelajari ilmu agama maka ia sedang berjuang di jalan Allah. Ketika ia mengajarkan ilmu agama ia juga sedang berjuang di jalan Allah. Ketika seorang suami mencari nafkah untuk istri dan anak-anaknya makai a sedang berjuang di jalan Allah. Ketika seorang istri mendidik anak-anaknya dengan panduan Alquran dan Sunah maka hakikatnya ia sedang berjuang di jalan Allah. Demikian pula seorang muslim atau muslimah kaya raya yang menginfakkan sebagian hartanya untuk kepentingan anak-anak yatim, fakir miskin, orang-orang terzalimi maka hakikatnya ia sedang berjuang di jalan Allah. Apalagi seorang pemuda muslim yang menjaga perbatasan wilayah kaum muslimin atau ikut berperang melawan orang-orang kafir dalam rangka meninggikan ajaran Allah maka tidak diragukan lagi bahwa ia sedang berjuang di jalan Allah.

Mengapa perkara-perkara seperti di atas disebut sebagai aktivitas perjuangan di jalan Allah? Karena dalam realisasinya ditemukan godaan dan cobaan yang bisa memalingkan seorang muslim atau muslimah dari berjuang di jalan Allah. Mulai dari jiwa yang sering menyuruh kepada keburukan dan kejahatan sampai kepada Iblis dan bala tentaranya yang tidak pernah lelah ingin menggelincirkan umat manusia dari jalan yang lurus.

Oleh karena itu, aktivitas-aktivitas perjuangan tersebut harus didukung dengan bacaan doa yang dapat menguatkan dan melanggengkan seorang muslim dan muslimah di jalan Allah. Salah satu doa yang direkomendasikan agar kita dapat sabar semaksimal mungkin dalam perjuangan adalah sebagaimana dalam ayat berikut:

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْن

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah [02]: 250)

Doa tersebut menitikberatkan pada tiga permohonan yaitu, pertama, agar diberikan kesabaran yang maksimal. Kedua, diberikan keistikamahan di jalan Allah. Ketiga, diberikan kemenagan atas orang-orang kafir.


Download Poster Doa

TAGS
#Doa-doa #Free Download #Poster Dakwah
Login