Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Doa Agar Dijauhkan dari Azab Karena Lupa dan Salah

Setiap manusia berpotensi melakukan kesalahan dan kelupaan, baik ia sebagai muslim yang berilmu maupun yang awam. Di samping kita berusaha menghapus kesalahan dan kekeliruan dengan kebaikan seperti memperbanyak istighfar dan taubat kepada Allah, membaca Alquran, bersedekah, dan berzikir maka bisa juga dengan merutinkan doa yang mengandung penghapusan dosa disebabkan salah dan lupa, bahkan agar tidak diazab Allah karena salah dan lupa. Doa tersebut salah satunya adalah sebagaimana dalam ayat berikut:

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al-Baqarah [02]: 286)

Dalam doa tersebut tidak hanya terkandung agar tidak diazab karena salah dan lupa tetapi juga mengandung doa agar tidak dibebankan dengan beban yang melebihi kemampuan dan kapasitas kita. Di samping itu, kita juga memohon dalam doa tersebut pemaafan, ampunan, dan rahmat-Nya serta kemenangan atas orang-orang kafir.


Download Poster Doa

TAGS
#Doa-doa #Free Download #Poster Dakwah
Login