Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Doa Ketika Terjadi Bencana

Bina-Qurani-Islamic-School-Doa-Ketika-Terjadi-Bencana
Doa Ketika Terjadi Bencana

Sebaik-baik petunjuk dalam beragama adalah petunjuk para Nabi dan Rasul, terutama Nabi Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam. Hal ini disebabkan mereka adalah sebaik-baik manusia karena membawa ajaran agama dari Allah secara langsung. Di antara Nabi yang patut dicontoh petunjuknya adalah Nabi Yunus; terutama ketika ditimpa musibah yaitu ditelan perut ikan paus sehingga ia mengalami tiga kegelapan; kegelapan perut ikan, kegelapan lautan, dan kegelapan malam hari.

Sebagaimana dikatakan oleh para ulama, bahwa Nabi Yunus ketika dakwahnya ditolak oleh kaumnya ia marah dan langsung lari dari kaumnya melalui jalur lautan. Ketika ia berada di kapal di tengah laut, masinis menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa kapalnya kelebihan penumpang sehingga harus ada satu orang yang siap dilemparkan ke laut agar kapal tidak tenggelam. Diundilah semua penumpang yang ada sampai tiga kali undian dan seluruhnya yang keluar namanya adalah Nabi Yunus. Nabi Yunus pun secara sukarela terjun ke laut hingga kemudian ditelan ikan paus. Ketika berada di dalam perut ikan paus itulah Nabi Yunus berdoa,

…لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (87)

“Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Anbiya [21]: 87)

Bina-Qurani-Islamic-School-Doa-Ketika-Terjadi-Bencana

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Doa Ketika Terjadi Bencana, Source: Photo by Mohamed Hassan From Pixabay

Setelah membaca doa tersebut, Nabi Yunus pun akhirnya diselamatkan dari perut ikan tersebut oleh Allah sebagaimana yang terdapat dalam ayat selanjutnya, Allah berfirman:

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (88)

“Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Anbiya [21]: 88)

Apa yang sedang dialami oleh Nabi Yunus adalah kondisi yang sangat genting yang patut setiap muslim amalkan ketika ia mengalami musibah apapun seperti gempa bumi, longsor, banjir, gunug meletus, melintasi jalur yang ekstrem naik turunnya, sedang mersakan sakit keras, dan lain sejenisnya maka ucapkan doa tersebut yaitu,

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Karena doa tersebut mengandung tingkat ketauhidan seseorang kepada Allah yang sempurna dan pengakuan bahwa dirinya telah melakukan kesalahan dan kezaliman. Dengan doa tersebut dan bekal keimanan, Allah pasti menyelamatkan kita dari segala musibah.

Thumbnail Source: Photo From Tima Miroshnichenko Pexels

Artikel Terkait:
Doa Agar Diampuni Dosa Karena Berlebih-lebihan

TAGS
#Berbakti kepada orang tua #doa berlindung dari virus corona #Doa Pagi Hari #Doa-doa #hukum qurban adalah #ikhlas beramal shalih #ikhlas beramal #Sunah Rasul #Sunnah Rasul
Login