Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

 Doa Sapu Jagad

Bina-Qurani Doa-Sapu-Jagad
Doa Sapu Jagad

Di antara doa yang harus dipanjatkan seorang hamba kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā adalah doa sapu jagad. Doa sapu jagad yaitu doa untuk meminta kebaikan dunia akhirat. Dinamakan doa sapu jagad karena di dalamnya berisi permintaan seluruh kebaikan di dunia dan akhirat.

Doa sapu jagad ini diajarkan langsung oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā sebagaimana firman-Nya, yaitu:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:

“Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan berilah kami kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Al-Baqarah [02]: 201)

Kebaikan yang dimaksud dalam doa ini mencakup kebaikan dunia dan kebaikan akhirat. Kebaikan dunia seperti sehat, rumah yang luas, pasangan yang baik, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, kendaraan yang bagus, dan kedudukan yang baik. Kebaikan akhirat adalah masuk surga serta keselamatan prosesnya di padang mahsyar dan pada saat hisab serta yang lainnya.

Bina-Qurani Doa-Sapu-Jagad

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Doa Sapu Jagad, Source: Photo by Pir Sumeyra Pexels

Adapun makna doa meminta perlindungan dari azab neraka adalah selamat dari sebab-sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka di dunia seperti menjauhi perbuatan dosa, maksiat, dan syubhat.

Doa sapu jagad biasanya diucapkan setelah menunaikan manasik haji, terutama dibaca di hari-hari tasyrik di bulan Dzulhijjah sebagai anjuran sebagian salaf. Ayat yang menyebutkan hal ini adalah:

فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ (200) وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (201)

Artinya:

“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau bahkan berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa, ‘Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia’, dan tiadalah baginya bahagian yang menyenangkan di akhirat. Dan di antara mereka ada yang berdoa, ‘Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah [02]: 200-201)

Bina-Qurani Doa-Sapu-Jagad

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Doa Sapu Jagad, Source: Photo by Tima M Pexels

Ibnu Katsir Raḥimahullāh di dalam tafsirnya menyatakan bahwa, “Doa sapu jagad ini berisi permintaan kebaikan di dunia seluruhnya dan dihindarkan dari seluruh kejelekan. Yang dimaksud kebaikan dunia adalah nikmat sehat, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rizki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal shalih, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir. Apa yang disebutkan oleh para ulama pakar tafsir semuanya tidaklah saling bertentangan. Karena seluruh kebaikan dunia tercakup dalam doa tersebut.”

“Adapun kebaikan di akhirat yang diminta dalam doa ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir atau takut, diberi kemudahan dalam hisab atau perhitungan amalan di akhirat, serta berbagai kebaikan akhirat lainnya.”

“Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka, yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa, dan diberi petunjuk untuk meninggalkan hal-hal yang subhat yaitu yang masih samar atau abu-abu dan hal-hal yang haram.”

Semoga dengan memahami makna dari doa ini, kita dapat mengamalkannya dengan sungguh-sungguh dalam setiap doa yang kita panjatkan.

Artikel Terkait:
Doa Ketika Berselisih

TAGS
#Berbakti kepada orang tua #doa berlindung dari virus corona #Doa Pagi Hari #Doa-doa #hukum qurban adalah #ikhlas beramal shalih #ikhlas beramal #Sunah Rasul #Sunnah Rasul
Login