Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Efektivitas Pembelajaran Daring

Bina-Qurani-Efektivitas-Pembelajaran-Daring
Efektivitas Pembelajaran Daring

Pandemi Covid-19 banyak memberikan dampak negatif dan telah mengganggu aktivitas manusia diberbagai sektor kehidupan. Salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan pembatasan interaksi masyarakat yang dikenal dengan istilah social distancing.

Namun, kebijakan social distancing tersebut dapat menghambat laju pertumbuhan dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Pemerintah memutuskan memindahkan proses belajar mengajar di sekolah menjadi di rumah.

Penerapan metode yang digunakan adalah dengan sistem daring (dalam jaringan) atau melalui sistem online. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait efektivitas pembelajaran daring.

Efektivitas adalah suatu keadaan dimana terjadi kesesuaian antara tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya dengan hasil yang dicapai. Dengan demikian efektivitas lebih menekankan bagaimana hasil yang diinginkan itu tercapai sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

Bina-Qurani-Efektivitas-Pembelajaran-Daring

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Efektivitas Pembelajaran Daring, Source: Photo by Tima M Pexels

Pembelajaran daring dikenal dengan istilah pembelajaran online (online learning). Istilah lain yang sangat umum diketahui yaitu pembelajaran jarak jauh (learning distance). Pembelajaran daring adalah pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajarannya. Jadi guru dan siswa tidak bertatap muka secara langsung tetapi melalui virtual meeting.

Upaya Menciptakan Efektivitas Pembelajaran Daring

Efektivitas pembelajaran daring adalah ukuran keberhasilan dari suatu proses interaksi antara guru dan siswa dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui jaringan internet. Perlu adanya hubungan timbal balik yang baik guna mencapai pembelajaran yang efektif dan efesien.

Berkenaan dengan hal itu, efektivitas pembelajaran daring tidak lepas dari koneksi jaringan internet dan sangat bergantung pada kedisiplinan semua pihak. Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi kendala yang perlu diperhatikan.

Pemerintah hendaknya memberikan kebijakan dengan membuka layanan gratis aplikasi daring. Hal ini bisa dilakukan melalui kerjasama dengan penyedia internet dan aplikasi untuk membantu proses pembelajaran daring ini. Pihak sekolah juga perlu untuk melakukan sosialisasi berupa bimbingan teknik online terkait pembelajaran daring.

Bina-Qurani-Efektivitas-Pembelajaran-Daring

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Efektivitas Pembelajaran Daring, Source: Photo by Katerina Pexels

Berikut beberapa upaya untuk menghasilkan efektivitas pembelajaran daring yang baik:

1. Manajemen Sistem Pembelajaran Daring

Pihak sekolah harus membuat skema dengan menyusun manajemen yang baik dalam mengatur sistem pembelajaran daring. Hal ini dilakukan dengan membuat jadwal yang sistematis, terstruktur dan simpel untuk memudahkan komunikasi orangtua dengan pihak sekolah agar pembelajaran siswa dapat terpantau secara efektif.

2. Memberikan Fasilitas Pendukung Pembelajaran Daring

Pemerintah daerah hendaknya memberikan fasilitas berupa handphone atau laptop kepada peserta didik yang kurang mampu. Kemudian pemerintah juga perlu memberikan kouta internet gratis kepada siswa untuk memperlancar proses pembelajaran daring.

3. Mengemas Materi Pembelajaran

Guru harus terbiasa mengajar dengan memanfaatkan media yang ada, serta mengemas materi pembelajaran secara efektif dan efisien. Guru juga harus mampu membuat model dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa di sekolahnya.

Bina-Qurani-Efektivitas-Pembelajaran-Daring

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Efektivitas Pembelajaran Daring, Source: Photo by Ida Bagus Pexels

4. Dukungan Orang Tua

Orang tua siswa harus mendukung anaknya dalam proses pembelajaran daring serta aktif mengawasi anaknya dalam proses belajarnya.

Dengan adanya beberapa upaya yang dilakukan tersebut, maka diharapkan kegiatan pembelajaran daring dapat berjalan efektif sesuai yang diharapkan. Efektivitas pembelajaran daring akan mengahasilkan pencapaian yang baik jika terjalin kedisiplinan kerjasama antara pemerintah, pihak sekolah, siswa dan orang tua.

Namun perlu dingat bahwa sehebat apapun kemajuan teknologi pembelajaran melalui daring, tentu ada kelebihan dan banyak kekurangannya. Sehingga pembelajaran konvensional berupa tatap muka secara langsung tetap sangat dibutuhkan.

Semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu, sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana dengan lebih baik lagi. Dan kehangatan interaksi pembelajaran tatap muka langsung antara guru dan siswa bisa terjalin kembali.

Thumbnail Source: Photo by Katerina Pexels

Artikel Terkait:
Membimbing Anak dalam Pembelajaran Daring

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login