Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Endemik Adalah

Bina-Qurani-Endemik-Adalah
Endemik Adalah

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau World Helath Organization (WHO) pandemi Covid-19 saat ini kemungkinan besar akan menjadi endemik. Meskipun pandemi virus corona yang saat ini kita semua hadapi sangat parah, namun fenomena ini belum tentu yang paling besar.

Maka, WHO mengingatkan agar dunia mulai belajar untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

Profesor David Heymann, ketua kelompok penasihat strategi dan teknis WHO untuk bahaya infeksi, menyebutkan bahwa, “Virus corona ditakdirkan akan menjadi endemik. Bahkan saat vaksi mulai diluncurkan. Dunia saat ini terlalu berharap dengan herd imunity. Padahal herd imunity sendiri banyak disalah pahami oleh masyarakat dunia.”

Lalu apa artinya endemik itu?

Bina-Qurani-Endemik-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Endemik Adalah, Source: Photo by Anna Pexels

Pengertian Endemik dan Beberapa Jenis Penyakit Endemik

Secara umum definisi dari endemik adalah wabah penyakit yang secara konsisten senantiasa ada, tapi terbatas pada wilayah tertentu. Hal inilah yang membuat penyebaran penyakit dan tingkat penyebarannya dapat diprediksi.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), endemik adalah suatu penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu yang terbatas pada wilayah geografis tertentu. Sementara itu, menurut Very Well Health, endemik adalah penyakit yang selalu ada di populasi atau wilayah tertentu.

Selain Covid-19 yang telah ditetapkan sebagai endemik, terdapat beberapa jenis penyakit yang sudah terlebih dahulu dikategorikan sebagai endemik antara lain yaitu:

1. Penyakit Malaria

Salah satu penyakit endemik adalah malaria di Afrika dan beberapa wilayah di Amerika Selatan. Dimana hampir setengah populasi dunia berisiko terinfeksi penyakit malaria. Penyakit malaria adalah penyakit infeksi menular yang menyebar melalui gigitan nyamuk. Penderita penyakit malaria biasanya akan mengeluhkan gejala demam dan menggigil.

Meskipun penyakit malaria mudah menular melalui gigitan nyamuk, namun penyakit malaria bisa sembuh secara total apabila ditangani dengan tepat. Namun jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa berakibat fatal dari menyebabkan anemia berat, gagal ginjal, hingga meninggal.

Bina-Qurani-Endemik-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Endemik Adalah, Source: Photo by CDC Pexels

2. Penyakit Campak

Selain penyakit malaria, salah satu penyakit endemik yang pernah ada adalah penyakit campak. Penyakit campak adalah penyakit akibat infeksi virus yang ditandai dengan ruam kemerahan di seluruh tubuh. Campak merupakan penyakit menular dan dapat menyebabkan komplikasi serius, terutama pada bayi dan anak-anak.

Campak disebabkan oleh infeksi virus dari family Paramyxovirida. Virus ini menular melalui percikan air liur saat penderitanya bersin, batuk, atau berbicara. Penularan virus ini juga dapat terjadi ketika seseorang menyentuh hidung atau mulut setelah memegang permukaan benda yang terkontaminasi.

Dulu penyakit ini endemik dan ditularkan ke populasi secara teratur. Namun, penyakit campak kini sudah tidak lagi ditularkan secara masif setelah penggunaan vaksin yang cukup efektif.

Bina-Qurani-Endemik-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Endemik Adalah, Source: Photo by Edward Pexels

3. Penyakit HIV

Penyakit HIV juga disebut sebagai penyakit endemik di beberapa wilayah. HIV atau Human Immunodeficiency virus adalah virus yang merusak system kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

HIV yang tidak segera ditangani, akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Demikianlah apa yang dimaksud dengan penyakit endemik, dan beberapa jenis penyakit yang termasuk dalam kategori ini.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
FOMO Syndrome

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login