Media sosial di era transformasi digital mempunyai peran yang sangat penting dalam proses perkembangan bisnis. Hal ini berawal dari banyaknya manusia yang mulai menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan komunikasi. Sehingga, pengguna media sosial selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.
Maraknya penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi dan hiburan menjadi peluang tersendiri bagi pelaku bisnis. Salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis adalah facebook.
Apa itu facebook?
Facebook adalah situs layanan jejaring sosial atau media sosial yang resmi diluncurkan pada tahun 2004. Media sosial facebook memungkinkan para penggunanya untuk membagikan teks, foto, video, maupun tautan melalui feed maupun storynya.
Facebook merupakan media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa di Harvard University. Pada awalnya, Mark membuat Facemash pada tanggal 28 Oktober 2003. Facemash merupakan media jejaring sosial pendahulu facebook sebelum diluncurkan.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Facebook untuk Bisnis, Source: Photo by Lisa F Pexels
Facebook merupakan platform media sosial yang sangat terkenal di seluruh dunia. Saat ini, pengguna aktif dari platform facebook telah mencapai miliaran prngguna, dengan berbagai fitur yang terus menerus dikembangkan.
Sebagai media sosial yang paling banyak digunakan oleh penggunanya, facebook memiliki banyak sekali kelebihan karena dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas bisnis maupun individu. Berikut ini beberapa manfaat facebook untuk bisnis:
Salah satu manfaat facebook untuk bisnis adalah untuk meningkatkan popularitas brand.
Facebook merupakan media sosial yang sangat interaktif. Hal ini memungkinkan seorang pelaku bisnis dapat melakukan interaksi dengan calon konsumen secara bebas. Sehingga dengan menggunakan facebook, seorang pelaku bisnis dapat mempunyai kesempatan yang sama untuk memperkenalkan brand bisnis mereka kepada pengguna yang lain.
Semakin banyak dan sering melakukan interaksi dengan pengguna lain, maka kesempatan brand anda untuk popular dan terkenal semakin tinggi. Ditambah lagi dengan fitur seperti menu like, komen, dan share, interaksi yang dibangun dengan target market tentu akan meningkatkan popularitas brand.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Facebook untuk Bisnis, Source: Photo by Luca S Pexels
Platform media sosial facebook terkenal dengan jumlah penggunanya yang sangat banyak. Cakupan pengguna facebook meliputi seluruh negara di berbagai belahan dunia. Dengan jumlah pengguna yang sangat fantastis, penggunaan facebook untuk bisnis dapat membantu menargetkan calon konsumen dengan jangkauan yang lebih luas.
Selain itu, dengan facebook ads seorang pelaku bisnis juga dapat melakukan setting geografi untuk melakukan penargetan kepada calon konsumen yang sesuai dengan kriteria target market produk yang dimiliki.
Manfaat lain dari penggunaan facebook untuk bisnis adalah memudahkan kegiatan promosi produk. Facebook merupakan media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan promosi bisnis secar efisien.
Para pelaku bisnis dapat menggunakan fitur facebook ads untuk memasarkan produk bisnis secara efisien. Dengan menggunakan facebook ads pelaku bisnis dapat melakukan promosi dengan mengatur berdasarkan demografi, usia, kebiasaan, kesukaan, ketertarikan, bahkan jenis kelamin dari pengguna facebooj yang ingin kita sasar sebagai target market.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Facebook untuk Bisnis, Source: Photo by Tobias Pexels
Facebook menyediakan banyak fitur yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Baik itu fitur basic yang bersifat free seperti marketplace facebook, ataupun fitur-fitur yang berbayar seperti facebook ads sebagaimana yang telah disebutkan di atas.
Selain memiliki fitur-fitur unggulan yang dapat mendukung kegiatan bisnis, facebook juga merupakan platform media sosial yang sangat mudah untuk digunkanan. Mulai dari orang yang awam dengan teknologi, baik itu anak-anak hingga orang dewasa dari semua kalangan, semuanya dapat dengan mudah menggunakan media sosial facebook.
Kemudahan ini tentu memberikan peluang yang sama bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan facebook sebagai sarana dalam mengembangkan bisnisnya
Itulah lima manfaat dari facebook yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis sebuah perusahaan.
Thumbnail Source: Photo by Freestock Pexels
Artikel Terkait:
Branding dan Pemasaran untuk Startup