Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Faktor Pembentuk Dan Penghambat Integrasi Nasional

Bina-Qurani-Faktor-Pembentuk-Dan-Penghambat-Integrasi-Nasional
Faktor Pembentuk Dan Penghambat Integrasi Nasional

Pernahkah kalian mendengar istilah integrasi nasional?

Kami sangat yakin, istilah integrasi nasional mungkin sering kita dengar. Meskipun, banyak di antara kita yang belum mengetahui betul apa itu maksud dari integrasi nasional.

Integrasi nasional merupakan suatu upaya yang harus dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih negara Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan memiliki masyarakat dengan keadaan yang berbeda-beda.

Sedikit pembahasan mengenai integrasi nasional berikut ini semoga dapat menambah wawasan kita terkait pentingnya integrasi nasional. Beberpa poin yang akan dibahas pada kesempatan kali ini antara lain yaitu:

  • Pengertian integrasi nasional
  • Syarat-syarat terbentuknya integrasi nasional
  • Faktor pembentuk dan penghambat integrasi nasional

Tak perlu berlama-lama, yuk kita simak!

Bina-Qurani-Faktor-Pembentuk-Dan-Penghambat-Integrasi-Nasional

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Faktor Pembentuk Dan Penghambat Integrasi Nasional, Source: Photo From Wikipedia

Pengertian Integrasi Nasional

Secara bahasa kata integrasi berasal dari bahasa inggris, yaitu integration yang artinya kesempurnaan atau keseluruhan. Integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan masyarakat.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), integrasi artinya adalah pembaruan hingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

Jadi dapat disimpulkan bahwa integrasi sosial adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada pada suatu negara. Sehingga tercipta keserasian, keselarasan, keharmonisan dan ketentraman secara nasional.

Integrasi nasional juga sangat identik dengan integrasi bangsa yang artinya adalah suatu proses penyatuan atau pembauran berbagai aspek sosial budaya ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan identitas nasional atau bangsa yang menjamit terwujudnya keselarasan, keserasian, dan keseimbangan dalam mencapai tujuan bersama suatu bangsa.

Indonesia merupakan bangsa yang sangat besar, baik diukur dari luas wilayahnya maupun dari keberagaman budaya yang dimilikinya. Hal inilah yang mendorong perlu adanya integrasi nasional. Dengan demikian, kekayaan alam Indonesia dapat dimanfaatkan secara bijak untuk kesejahteraan masyarakat.

Suksesnya pelaksanaan integrasi nasional juga sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor pembentuk dan penghambat integrasi nasional itu sendiri.

Bina-Qurani-Faktor-Pembentuk-Dan-Penghambat-Integrasi-Nasional

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Faktor Pembentuk Dan Penghambat Integrasi Nasional, Source: Photo From Wajibbaca[dot]com

Syarat-Syarat Terbentuknya Integrasi Nasional

Diantara keberhasilan dan kesuksesan integrasi nasional mempunyai kaitan erat dengan faktor pembentuk dan penghambat integrasi nasional beserta syarat-syaratnya.

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi agar integrasi nasional dapat berhasil dan berjalan sesuai dengan rencana:

1. Kesadaran Masyarakat untuk Membentuk Integrasi Nasional

Syarat utama terbentuknya integrasi nasional adalah adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya hal ini. Dimana setiap masyarakat harus saling menghargai, menghormati, dan tidak membeda-bedakan antar golongan tertentu.

Selain itu, rasa ingin berhubungan dan berinteraksi antar masyarakat juga diperlukan dan merupakan syarat sebagai terwujudnya integrasi nasional.

2. Terciptanya Kesepakatan Bersama

Terjadinya kesepakatan bersama antar masyarakat mengenai norma-norma dan nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman merupakan salah satu syarat terbentuknya integrasi nasional.

3. Terbentuknya Nilai dan Norma dalam Masyarakat

Adanya nilai dan norma dalam masyarakat merupakan salah satu syarat agat integrasi nasional bisa terwujud. Karena, nilan dan norma akan menjadi pedoman untuk memberikan petunjuk bagi masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Bina-Qurani-Faktor-Pembentuk-Dan-Penghambat-Integrasi-Nasional

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Faktor Pembentuk Dan Penghambat Integrasi Nasional, Source: Photo From Pesona Indonesia

Beberapa Faktor Pembentuk dan Penghambat Integrasi Nasional

Selain syarat-syarat di atas, juga terdapat beberapa faktor pembentuk dan penghambat integrasi nasional dapat terlaksana dengan sukses.

Berikut ini beberapa faktor pendukung dna penghambat integrasi nasional:

Faktor Pembentuk Integrasi Nasional
  1. Adanya perasaan senasib dan seperjuangan.
  2. Perasaan ingin bersatu.
  3. Rasa nasionalisme yang tinggi.
  4. Memiliki rasa cinta kepada tanah air Indonesia.
  5. Memiliki rasa rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
  6. Kuatnya perasaan saling memiliki.
  7. Tingginya semangat gotong royong, dan toleransi antar masyarakat
  8. Adanya ancaman Asing atau pihak luar.
  9. Mempunyai kepribadian dan pandangan hidup yang sama, yaitu pancasila.
  10. Rasa cinta tanah air dan mencintai produk dalam negeri.
Bina-Qurani-Faktor-Pembentuk-Dan-Penghambat-Integrasi-Nasional

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Faktor Pembentuk Dan Penghambat Integrasi Nasional, Source: Photo From Maritim

Faktor Penghambat Integrasi Nasional

Berikut ini beberapa faktor yang menghambat terwujudnya integrasi nasional:

  1. Keberagaman masyarakat Indonesia.
  2. Luasnya wilayah Indonesia.
  3. Kuatnya paham fanatisme suku bangsa.
  4. Kurang meratanya pembangunan di Indonesia.
  5. Tergerusnya budaya asli daerah setempat.

Demikianlah beberapa faktor pembentuk dan penghambat integrasi sosial, beserta pengertian dan syarat-syaratnya. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Alfauzikri Pexels

Artikel Terkait:
Contoh Multikulturalisme

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Ciri-ciri Pantun #Indonesia #Integrasi Nasional #Kata Kerja Mental #khazanah #Lambang Sila Pertama #Multikulturalisme #Norma Hukum #Pancasila #Teks Ceramah
Login