Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Fungsi Pendidikan Karakter

Bina-Qurani-Fungsi-Pendidikan-Karakter
Apa Itu Pendidikan Karakter?

Pendidikan adalah pilar yang akan menentukan apakah pendidikan dapat bermanfaat atau justru menjadi bencana. Sedangkan pendidikan karakter merupakan hal yang paling krusial dalam dunia pendidikan.

Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang dilakukan oleh manusia secara sadar, terencana dan berkelanjutan dalam hal mendidik serta memberdayakan peserta didik dengan tujuan membangun karakter pribadi peserta didik yang merupakan generasi penerus bangsa.

Pendidikan karakter merupakan sebuah sistem pendidikan yang diaplikasikan dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada para peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen-komponen seperti pengetahuan, kesadaran, serta tindakan untuk menerapkan nilai-nilai tersebut.

Pendidikan karakter mempunyai hubungan yang sangat erat dengan pendidikan moral, di mana tujuan dari pendidikan ini adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus menerus sebagai usaha untuk menuju ke arah hidup yang lebih baik.

Pendidikan karakter bukanlah merupakan hal baru dalam tradisi pendidikan di Indonesia. Namun, Pendidik Indonesia modern seperti Soekarno telah mencoba untuk menerapkan semangat pendidikan karakter sebagai pembentuk kepribadian dan identitas bangsa.

Bina-Qurani-Fungsi-Pendidikan-Karakter

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Fungsi Pendidikan Karakter, Source: Photo by Unsplash

Pengeritan Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Terkait pengertian pendidikan karakter, berikut ini adalah beberapa pengertian pendidikan karakter menurut para ahli yang dapat menjadi rujukan kita semua:

1. Thomas Lickona

Thomas Lickona menyebutkan bahwa pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai karakter inti.

2. John W. Santrock

Pendidikan karakter menurut John W. Santrock adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai-nilai moral dan memberikan pelajaran kepada peserta didik mengenai pengetahuan moral dan upaya untuk mencegah perbuatan atau perilaku yang dilarang.

Bina-Qurani-Fungsi-Pendidikan-Karakter

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Fungsi Pendidikan Karakter, Source: Photo by Oleksandr Pexels

3. Samani dan Hariyanto

Menurut Samani dan Hariyanto, pengertian pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, rasa dan karsa.

4. Wibowo

Pendidikan karakter menurut Wibowo adalah suatu pendidikan yang digunakan untuk menanamkan dan mengembangkan karakter kepada peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik memiliki karakter yang luhur dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan masyarakat.

5. Zubaedi

Menurut Zubaedi, pendidikan karakter adalah segala perencanaan usaha yang dilakukan oleh guru yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik untuk memahami, membentuk dan memupuk nilai-nilai etika secara keseluruhan.

Bina-Qurani-Fungsi-Pendidikan-Karakter

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Fungsi Pendidikan Karakter, Source: Photo by Akela Pexels

Fungsi Penddikan Karakter

Berikut ini adalah beberapa fungsi pendidikan karakter menurut Zubaedi:

1. Fungsi Pembentukan dan Pengembangan

Pendidikan karakter mempunyai fungsi sebagai pembentukan dan pengembangan potensi, yang artinya adalah peserta didik mampu mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya untuk berpikir baik, berhati nurani baik, dan berperilaku baik serta berbudi pekerti yang luhur.

2. Fungsi untuk Penguatan dan Perbaikan

Pendidikan karakter juga mempunyai fungsi sebagai penguatan dan perbaikan yang artinya sistem pendidikan ini berfungsi untuk memperbaiki serta menguatkan peran baik individu, keluarga, satuan pendidikan, masyarakat, dan pemerintah.

3. Fungsi Penyaring

Funggsi dari pendidikan karakter juga sebagai penyaring, artinya pendidikan karakter dapat digunakan agar masyarakat dapat memilih dan memilah budaya bangsa sendiri dan dapat menyaring budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa Indonesia yang berbudi pekerti luhur.

Demikianlah sedikit uraian terkait pengertian pendidikan karakter menurut para ahli beserta fungsi-fungsi dari pendidikan karakter tersebut. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
Pengertian Generasi Qurani, Karakteristik, dan Cara Mendidikanya

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login