Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Game Edukasi untuk Anak

Bina-Qurani-Game-Edukasi-untuk-Anak
Game Edukasi untuk Anak

Masa anak-anak merupakan masa untuk bermain. Sebab, mereka mudah bosan terhadap aktivitas yang monoton, dan cenderung untuk mengerjakan hal-hal yang disukainya. Salah satu hal yang sering dikerjakan oleh anak-anak adalah bermain. Bermain merupakan salah satu aktivitas yang dikerjakan oleh anak-anak untuk melakukan eksplorasi dan mengembangkan kreativitas serta imajinasinya.

Bermain di era kita dahulu, berbeda dengan bermain di era anak-anak kita sekarang. Di era transformasi digital ini, terdapat beragam jenis game yang dapat diakses dan dimainkan oleh anak hanya dengan melalui gadget.

Sebagai orang tua, memberikan game atau permainan pada anak tidak boleh sembarangan. Meskipun bermain game memberikan beberapa manfaat bagi anak, namun salah memberikan jenis game pada anak justru dapat menjadi boomerang yang dapat menghancurkan masa depan anak. Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui game-game edukasi untuk anak yang aman dan mempunyai manfaat apabila dimainkan oleh anak.

Bina-Qurani-Game-Edukasi-untuk-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Game Edukasi untuk Anak, Source: Photo by Julia M Pexels

Apa itu game edukasi untuk anak?

Game edukasi untuk anak adalah suatu permainan yang dirancang sedemikian rupa untuk merangsang dan melatih perkembangan otak anak, mengembangkan kreativitas berpikir, dan meningkatkan daya ingat. Game edukasi anak diterapkan untuk menarik minat anak, dan memberikan stimulasi terhadap perkembangan otak mereka.

Game edukasi dapat diberikan kepada anak dengan memenuhi beberapa panduan yang telah diberikan. Sebab setiap anak memiliki kondisi dan karakteristik yang berbeda. Sehingga orang tua harus pintar-pintar dalam memilih game edukasi yang tepat untuk sang buah hati.

Beragam Jenis Game Edukasi untuk Anak

Terdapat beragam jenis dan model game edukasi yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak untuk membantu menstimulus perkembangan otak anak. Berikut ini beberapa rekomendasi game edukasi untuk anak yang dapat dimainkan oleh sang anak.

Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam pemberian game kepada anak perlu adanya pengawasan serta pengawalan yang ketat dan tidak boleh memberikan waktu bermain game secara berlebih-lebihan!

Bina-Qurani-Game-Edukasi-untuk-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Game Edukasi untuk Anak, Source: Photo by YT Image

1. ABC Kids – Tracing dan Phonics

ABC Kids adalah permainan yang sepenuhnya berfokus untuk membantu anak-anak untuk mengenali dan menuliskan huruf. Dengan dipandu oleh animasi singa yang ceria dengan sahabat hewan lainnya yang menari dan bersemangat dapat membantu anak menikmati aktifitas bermainnya sambal belajar.

Game ini mengajak anak untuk mencari huruf, mencocokkan huruf kecil ke huruf besar, atau mencocokkan melalui phonics. Selain itu, game ini juga memiliki fitur mode yang dikhususkan bagi orang tua. Dimana orang tua dapat melacak perkembangan dan mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari game ini jika ada sesuatu yang ingin difokuskan pada anak.

Game edukasi untuk anaka ini dapat didownload secara gratis melalui play store maupun app store.

Bina-Qurani-Game-Edukasi-untuk-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Game Edukasi untuk Anak, Source: Photo by YT Image

2. Math Land

Math Land adalah game edukasi anak yang berkisah tentang bajak laut bernama Ray. Dalam game edukasi ini, anak-anak harus menyelesaikan masalah matematika untuk dapat membuka kunci mata-mata daan dapat berlayar di laut.

Math Land merupakan game edukasi yang dapat mengasah kemampuan berhitung anak, karena di dalam game ini mencakup berbagai jenis permasalahan matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan sejenisnya. Tingkat kerumitan game ini juga dapat diatur berdasarkan usia anak.

Game ini dapat diunduh melalui google play store maupun app store dengan membayar beberapa biaya yang telah ditentukan oleh penyedia layanan game tersebut.

3. Chess for Kids

Chess for Kids adalah permainan catur khusus untuk anak. Game edukasi ini dirancang khusus untuk anak-anak dengan penuh warna dan mudah digunakan. Game ini memungkinkan anak anda untuk bermain catur dengan anak-anak lain di seluruh dunia.

Chess for kids merupakan permainan catur untuk anak yang dapat membantu meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pada anak, mengenalkan pola, meningkantan konsentrasi, dan masih banyak lagi.

Bina-Qurani-Game-Edukasi-untuk-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Game Edukasi untuk Anak, Source: Photo by Win UDF Image

4. Starfall

Starfall adalah game edukasi untuk anak yang berguna untuk mengajarkan anak-anak belajar membaca. Game edukasi ini memiliki banyak fitur permainan yang mengajak anak untuk belajar membaca, mengenal huruf, dan berbagai hal lain mengenai literasi.

Game edukasi anak ini dapat didownload melalui play store maupun app store dengan dua versi yaitu, versi gratis dan versi berbayar.

5. Play and Learn Science

Play and Leardn Science merupakan salah satu game edukasi anak yang memiliki banyak manfaat bagi anak. Game ini mengajarkan kepada sang anak mengenai hal-hal ilmiyah yang ada di sekelilingnya.

Game edukasi ini membutuhkan pendampinagan orang tua saat anak memainkan game tersebut. Dengan pendampingan yang dilakukan, anak dapat langsung bertanya ketika ia menemukan hal-hal yang belum ia pahami di dalam game tersebut.

Itulah lima game edukasi untuk anak yang dapat dimainkan oleh anak-anak ayah dan bunda. Namun, sekali lagi kami menekankan bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak memainkan game edukasi ini sangat dibutuhkan.

Dampingi dan awasi anak-anak secara ketat, jangan biarkan anak memakan waktu yang sangat lama dalam memainkan permainan ini!

Thumbnail Source: Photo by Marta Pexels

Artikel Terkait:
Games Virtual Reality

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login