Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Generasi Z dan Generasi Alfa

Bina-Qurani-Generasi-Z-dan-Generasi-Alfa
Generasi Z dan Generasi Alfa

Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1995 hingga 2010. Generasi Z merupakan generasi yang telah mengenal internet dan web seiring dengan usia mereka sejak mereka masih kecil. Jadi Generasi Z adalah orang yang lahir ketika teknologi mulai menguasai dunia.

Informasi dan teknologi adalah hal yang sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka. Mereka lahir dimana akses terhadap informasi, khususnya internet sudah mulai menjadi budaya global.

Dikenal lebih mandiri dari generasi sebelumnya Generasi Z tidak menunggu orang tua untuk mengajari hal-hal baru. Mereka akan bertanya maupun belajar dengan sendirinya karena rasa penasaran dan keingintahuan yang besar. Sehingga apabila diterjunkan ke tempat kerja, mereka akan cepat berkembang.

Sedangkan Generasi Alfa adalah mereka yang lahir setelah Generasi Z. Generasi Z sekarang sudah mulai dewasa, sebentar lagi mereka akan mulai mengambil kendali dunia dari generasi sebelumnya. Pada saat yang sama generasi baru muncul, mereka disebut Generasi Alfa.

Generasi Alfa adalah generasi pertama yang lahir di dunia digital. Generasi ini sudah sangat akrab dengan teknologi digital. Meskipun demikian, ternyata Genersi Alfa ini tidak terlalu kecanduan dengan teknologi, tidak seperti orang tua mereka yang sangat ketergantungan dengan teknologi.

Bina-Qurani-Generasi-Z-dan-Generasi-Alfa

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Generasi Z dan Generasi Alfa, Source: Photo by Yan Krukov Pexels

Perbedaan Generasi Z dan Generasi Alfa

Meskipun jarak antara Generasi Z dan Generasi Alfa cukup berdekatan, namun ada beberapa perbedaan antara keduanya. Berikut beberapa perbedaan antara Generasi Z dan Generasi Alfa:

1. Dalam Hal Teknologi

Teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, hingga metode pengolahan. Hal ini berguna untuk membantu berbagai pekerjaan manusia.

Hubungan antara Generasi Z dan Generasi Alfa memang sangat dekat, dan Generasi Alfa merupakan anak dari generasi Z. Meskipun genersi Z lahir ketika teknologi sudah mulai menguasi dunia. Akan tetapi, para Generasi Alfa akan menjadi generasi yang lebih memiliki integrasi teknologi tanpa batas ke dalam setiap aspek kehidupannya.

Hal ini terjadi karena ketika Generasi Alfa lahir, teknologi sudah sangat berkembang pesat. Sehingga nantinya kemampuan mereka akan mampu melebihi generesi sebelumnya, terutama terkait dalam hal teknologi.

2. Dalam Bidang Pendidikan

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam mewujudkan manusia yang berkualitas. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi yang ada, sebagai bekal kehidupan kedepannya.

Meski sebagian besar dari Generasi Alfa sekarang ini masih dalam masa pertumbuhan. Namun kelak mereka akan menjadi generasi yang sangat terdidik berkat teknologi yang begitu pesat dan informasi instan yang tersedia.

Dan ini menjadi salah satu perbedaan Generasi Z dan Generasi Alfa, karena meskipun tingkat pendidikan pada Generasi Z sudah cukup baik, tapi pada generasi mereka banyak yang masih meraba-raba dan mulai mengembangkan. Berbeda dengan Generasi Alfa yang tinggal menuai dari hasil upaya perbaikan pendidikan dari generasi sebelumya.

Bina-Qurani-Generasi-Z-dan-Generasi-Alfa

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Generasi Z dan Generasi Alfa, Source: Photo by Vanessa Loring Pexels

3. Dalam Dunia Kerja

Terkait dengan dunia kerja Generasi Z dan Generasi Alfa, mereka juga memiliki karakteristik masing-masing. Generasi Z sangat cepat beadaptasi dengan perkembangan baru dibandingkan generasi lainnya. Generasi ini cukup ambisius, memiliki jiwa wirausaha alami, dan lebih memilih memulai bisnis mereka sendiri dan membuka lapangan kerja.

Generasi Z juga dikenal dengan kemampuan multitaskingnya. Sayangnya generasi ini sangat bergantung pada teknologi untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan Generasi Alfa terkait dengan dunia kerja, diprediksi memiliki ciri etos kerja yang berbeda. Diantaranya yaitu enggan bekerja dengan perusahaan yang tidak sejalan dengan nilai-nilainya. Namun disisi lain mereka akan sedikit istirahat dan lebih banyak tekanan untuk bekerja. Sehingga dalam hal ini mereka membutuhkan mental support system.

Demikian sedikit ulasan mengenai Generasi Z dan Generasi Alfa. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan terutama terkait dengan Generasi Z dan Generasi Alfa.

Thumbnail Source: Photo by Anthony Pexels

Artikel Terkait:
Karakteristik Generasi Alfa

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login