Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Hal-Hal Yang Memudahkan Hafalan

Bina-Qurani-Hal-Hal-yang-Memudahkan-Hafalan
Hal-Hal Yang Memudahkan Hafalan dan Yang Menyebabkan Lupa

Faktor terkuat dalam mempermudah hafalan adalah kesungguhan, ketekunan, mengurangi makan, dan shalat malam. Membaca Alquran juga termasuk faktor yang mempermudah hafalan bagi seseorang.

Dikatakan: “Tiada sesuatu yang lebih bisa meningkatkan hafalan seseorang daripada membaca Alquran dengan nazhar (melihat mushaf). Membaca Alquran yang dilakukan dengan nazhar itu lebih utama sebagaimana sabda Nabi Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam yang artinya:

“Amalan umatku yang paling utama adalah membaca Alquran dengan nazhar.” (HR. At-Tirmidzi dan Al-Hakim)

Syaddad bin Hakim pernah bermimpi ketemu temannya yang telah mati, lalu bertanya, “Perbuatan apakah yang engkau rasakan paling bermanfaat?” Jawabnya, “Membaca Alquran dengan nazhar.”

Bina-Qurani-Hal-Hal-yang-Memudahkan-Hafalan

Image: Hal-Hal yang Memudahkan Hafalan, Source: Photo From Indonesia Bertauhid Unsplash

Termasuk penguat hafalan adalah dengan membaca doa ketika mengambil buku dan di setiap selesai menulis.

Selain berdoa, thalibul ilmu juga harus banyak bershalawar kepada Nabi Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, karena beliau adalah rahmat bagi seluruh alam.

Dalam sebuah syair disebutkan:

Aku keluhkan kepada Waki’ (seorang ahli fikih) tentang lemahnya hafalanku.
Ia pun menasihati aku agar kutinggalkan maksiat.
Karena Ilmu itu anugerah dari Ilah-ku.
Dan anugerah Allah Sub
ānahu Wa Ta’ālā tidak akan diberikan kepada pelaku kemaksiatan.

Bersiwak, minum madu, makan kundarah dicampur gula dan makan anggur kering merah 12 butir setiap hari. Semua itu dapat mempermudah hafalan, disamping juga dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Segala sesuatu yang bisa mengurangi lendir dahak, dan mengurangi pelemakan kulit badan itu bisa memperkuat hafalan. Segala sesuatu yang memperbanyak lendir dahak, akan membuat orang jadi pelupa.

Bina-Qurani-Hal-Hal-yang-Memudahkan-Hafalan

Hal-Hal yang Memudahkan Hafalan, Source: Photo From Madrosah Sunnah Unsplash

Adapun yang menjadi penyebab lupa adalah maksiat, banyak dosa, gelisah dan kesedihan karena urusan dunia, banyaknya kesibukan dan ikatan.

Seperti telah kami kemukakan sebelumnya, bahwa orang yang berakal itu seyogianya tidak memikirkan urusan dunia, karena ia akan membahayakan dan sama sekali tidak membawa manfaat. Gila harta tak lepas dari akibat kegelapan hati, sedangkan gila akhirat tak lepas dari akibat hati bercahaya yang dampaknya akan terasa di kala shalat.

Kegilaan terhadap dunia akan menghalangi berbuat kebajikan, tetapi kegilaan terhadap akhirat akan membawa kepada amal kebajikan, membuat dirinya akan melaksanakan shalat dengan khusuk.

Ilmu itu dapat menghilangkan kegelisahan, dan kesedihan dalam hati. Sebagaimana tersebut dalam syair Syekh Al-Imam Nashr bin Al-hasan Al-Marghinani Raḥimahullāh:

Mintalah tolong wahai Nashr putra Al-Hasan.
Dengan segala ilmu yang tersimpan.
Hanya itu yang bisa membuang duka, selain itu tidak dapat dipercaya.

Bina-Qurani-Hal-Hal-yang-Memudahkan-Hafalan

Image: Hal-Hal yang Memudahkan Hafalan, Source: Photo From Freepik

Syekh Al-Imam Najmuddin Umar bin Muhammad bin Ahmad An-Nasafi Raḥimahullāh berkata tentang ummu walad (mantan budak perempuan) nya dalam beberapa bait syair:

Salamku buat si dia, yang membuatku terpesona karena kecantikannya.
Halus kedua pipinya dan giuran kedipan matanya.
Si cantik molek, yang menahan diriku dan menawan batinku.
Hati ini kebingungan, bila bermaksud mengukur kecantikan itu.
Maka kukatakan: tinggalkan daku, maafkan aku.
Karena aku sibuk menuntut dan menyingkap ilmu.
Cukuplah temanku para penuntut ilmu, kemuliaan dan takwa.
Tak pelu lagi, rayuan si cantik dan harum aromanya.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan mudah lupa adalah makan ketumbah basah, makan buah apel masam, melihat salib, membaca tulisan pada kuburan, berjalan di sela-sela unta terikat, membuang kutu yang masih hidup ke tanah, dan berbekam pada tengkuk kepala. Maka jauhilah itu semua.

Dikutip dari: Imam Az-Zarnuji, Ta’lim Al-Muta’allim fi Thariq At-Ta’allum. Edisi terjemah: Alih Bahasa Abdurrahman Azzam, Ta’limul Muta’alim Pentingnya Adab Sebelum Ilmu, (Solo: Aqwam, 2019), 149-154.

Thumbnail Source: Photo From Alena Darmel

Artikel Terkait:
Sikap Wara’ Pada Masa Belajar

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Berbakti kepada orang tua #Keutamaan Membaca Alquran #Mazhab Syafii #Pendiri Paskibraka #Belajar Alquran #Belajar Islam #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Pendidikan anak #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login