Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Hand Sanitizer

Bina-Qurani-Hand-Sanitizer

Hand Sanitizer – Sampai saat ini pandemi virus corona masih belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Hari demi hari kasus penularan virus corona ini semakin meningkat dan tak terkendali. Maka dari itu setiap orang harus tetap menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah disosialisasikan oleh Kementrian Kesehatan.

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan, menyarankan 5M kepada masyarakat sebagai upaya untuk membantu pencegahan penularan virus corona. 5M yang dimaksud oleh Kemenkes adalah seperti berikut: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Sebagai upaya untuk menjaga kebersihan tangan, masyarakat disarankan agar senantiasa rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Atau membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik apabila kesulitan menemukan air dan sabun.

Bina-Qurani-Hand-Sanitizer

Source: Photo From Freepik

Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan sebagai bentuk kepatuhan kita menerapkan protokol kesehatan. Namun dalam beberapa kondisi seperti, ketika kita sedang beraktivitas di luar rumah atau bepergian seringkali kita kesulitan menemukan toilet atau tempat untuk mencuci tangan.

Sehingga, untuk saat ini masyarakat lebih memilih membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik yang lebih praktis dan mudah dibawa. Cairan antiseptik ini dikenal oleh masyarakat dengan nama Hand Sanitizer.

Hand sanitizer merupakan cairan antiseptik yang digunakan untuk membersihkan tangan sebagai alternatif ketika kesulitan menemukan air dan sabun. Hand sanitizer terbuat dari alkohol dengan kandungan minimal 60% dan dipercaya lebih efektif dalam membunuh kuman dan bakteri berbahaya di tangan, termasuk sebagai pencegah penularan virus corona.

Bina-Qurani-Hand-Sanitizer

Source: Photo From Freepik

Manfaat dan Kelebihan Hand Sanitizer

Mungkin saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif untuk membersihkan tangan. Namun berapa banyak dari mereka yang mengetahui manfaat dari hand sanitizer? Atau mereka menggunakan hand sanitizer hanya mengikuti tren saja?

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dan kelebihan hand sanitizer yang perlu kita ketahui:

1. Hand sanitizer menjaga kebersihan dan mencegah bakteri.

Hand sanitizer merupakan cairan antiseptik yang diproduksi dengan formula khusus, yang dirancang untuk membunuh kuman dan bakteri berbahaya namun tetap aman jika diagunakan dengan benar pada kulit tangan.

2. Hand sanitizer dapat digunakan untuk benda lain

Selain dapat digunakan untuk membersihkan tangan, hand sanitizer juga dapat digunakan untuk membersihkan kuman dan bakteri pada benda mati di sektiar kita. Misalnya untuk mebersihkan laptop, hp, pegangan pintu, atau kemasan paket yang baru diantar oleh kurir jasa pengiriman.

3. Hand sanitizer praktis dan mudah dibawa

Hand sanitizer biasanya dikemas dalam bentuk spray atau gel dalam botol ukuran mini sehingga memberikan kemudahan saat akan dibawa kemanapun kita pergi.

Bina-Qurani-Hand-Sanitizer

Source: Photo From Freepik

Efek Samping Menggunakan Hand Sanitizer secara Berlebihan

Meskipun hand sanitizer dapat menjadi solusi sebai cairan antiseptik pembersih tangan yang praktis, namun penggunaan hand sanitizer yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping yang buruk.

Di antara efek samping yang timbul ketika menggunakan hand sanitizer secara berlebihan adalah sebagai berikut:

1. Menyebabkan kulit kering

Salah satu efek samping yang umumnya dialami oleh setiap orang yang menggunakan hand sanitizer secara berlebihan adalah menyebabkan kulit kering. Kandungan alkohol dalam cairan hand sanitizer ternyata dapat mengikis kelembapan kulit, yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

2. Menyebabkan Diare

Secara alami, di dalam tubuh manusia terdapat ekosistem mikroorganisme yang mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, mencegah infeksi dan melawan bakteri jahat. Sedangkan hand sanitizer ini mampu membunuh semua jenis bakteri yang terdapat pada kulit, baik bakteri jahat maupun bakteri yang baik.

Ketika bakteri baik di tangan terbunuh oleh hand sanitizer, maka mikroorganisme di usus juga ikut terpengaruh. Akibatnya sistem imun melemah dan tubuh menjadi lebih sensitif terhadap bakteri yang akhirnya dapat menimbulkan masalah pencernaan, seperti menyebabkan diare.

3. Mengganggu Perkembangan Sistem Imun Anak

Pembentukan sistem imun anak sangat penting pada tahun-tahun pertama kehidupan sang anak. Pola hidup hidup sehat harus diajarkan sedari dini untuk mengawal perkembangan sistem imunnya.

Senantiasa ajarkan anak untuk membersihkan tangannya menggunakan air dan sabun, dan kurangi penggunaan hand sanitizer pada anak-anak. Penggunaan hand sanitizer secara berlebihan dapat membunuh bakteri baik pada kulit anak, sehingga menyebabkan perkembangan imunitas anak terganggu.

Demikianlah beberapa manfaat dan efek samping dari penggunaan hand sanitizer sebagai cairan alternatif untuk membersihkan tangan. Penggunaan hand sanitizer diharapkan tidak terlalu sering (berlebihan) mengingat efek samping yang akan timbul kedepannya.

Jika memungkinkan cucilah tangan menggunakan air dan sabun, dan gunakan hand sanitizer hanya untuk waktu-waktu tertentu.

Artikel Terkait
Cara Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Thumbnail Source: Photo From Freepik

TAGS
#bahan-bahan hand sanitizer #cara membuat hand sanitizer di rumah #Cara membuat hand sanitizer #fungsi hand sanitizer #hand sanitizer #kandungan hand sanitizer #manfaat hand sanitizer
Login