‘Umar ibn al-Khaṭāb r.a. merupakan sahabat nabi yang memiliki hati yang bersih, pandangan yang tajam, dan pemikiran yang cemerlang sehingga banyak ide dan ijtihadnya tepat sesuai dengan wahyu. Baik ketika masih bersama dengan Rasulullah S.A.W. maupun ketika menjabat sebagai seorang khalifah. Hal ini berdasarkan hadis berikut dan diriwayatkan oleh al-Bukhārī dan Muslim:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ قَزَعَةَ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَقَدْ كَانَ فِيمَا قَبْلَكُمْ مِنَ الأُمَمِ مُحَدَّثُونَ فَإِنْ يَكُ فِي أُمَّتِي أَحَدٌ فَإِنَّهُ عُمَرُ.[1]
Telah bercerita kepada kami Yaḥya ibn Qoza’ah, telah menceritakan kepada kami Ibrāhīm ibn Sa’ad, dari bapaknya, dari ’Abū Salamah, dari ’Abū Hurairah r.a. bahwa Rasulullah S.A.W. bersabda, “Sungguh telah ada pada umat-umat terdahulu yang dianugerahkan kepadanya ilham yang bukan termasuk nabi (muhadathun). Seandainya ada pada umatku seseorang yang diberi ilham maka dia adalah ‘Umar.” (HR. al-Bukhārī No. 3689)
Site: Bina Qurani Isamic Boarding School, Image: Hati ‘Umar ibn al Khaṭāb yang Bersih, Source: Photo by Ankush Pexels
حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ الْعَمِّىُّ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَامِرٍ قَالَ جُوَيْرِيَةُ بْنُ أَسْمَاءَ أَخْبَرَنَا عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ عُمَرُ وَافَقْتُ رَبِّى فِى ثَلاَثٍ فِى مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ وَفِى الْحِجَابِ وَفِى أُسَارَى بَدْرٍ.[2]
Telah bercerita kepadaku ‘Uqbah ibn Murom al-‘Ammiy, telah bercerita kepadaku Sa’īd ibn ‘Āmir, telah bercerita kepadaku Juwairiyah ibn ’Asmā’, yang ia riwayatkan dari Nāfi’, dari Ibnu ‘Umar, ‘Umar berkata, “Pendapatku pernah disetujui oleh Rabbku dalam tiga hal, yaitu tentang maqam Ibrahim, tentang peristiwa hijab, dan tentang tawanan Badar,” (HR. Muslim No.6206)
==========
[1] Muhammad ibn Ismā’īl al-Bukhārī, Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, Taḥqīq ‘Aḥmad Zahwah dan ‘Aḥmad ‘Ināyah, (Beirūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 2007), No. 3680, 746. Muslim ibn al-Hajjāj al-Naisābūrī, Ṣaḥīḥ Muslim, Taḥqīq Wa Takhrīj ‘Aḥmad Zahwah dan ‘Aḥmad ‘Ināyah, (Beirūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 2008), No.6187- No.6204, 1003. ’Abū ‘Ῑsa Muhammad ibn ‘Ῑsa al-Tirmidhī, Jāmi’ al-Tirmidhī, (Riyāḍ: Dār al-Ṣalāḥ, 1999), No. 3693, 840.
[2] Muslim ibn al-Hajjāj al-Naisābūrī, Ṣaḥīḥ Muslim, Taḥqīq Wa Takhrīj ‘Aḥmad Zahwah dan ‘Aḥmad ‘Ināyah, (Beirūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 2008), No. 6206, 1003.
Dikutip dari: Dr. Ghifar, Lc., M.E.I., Konsep dan Implementasi Keuangan Negara pada Masa Al-Khulafa Al-Rashidun, (Cirebon: Nusa Literasi Inspirasi, 2020), 104-105.
Thumbnail Source: Photo by Jean Pexels
Artikel Terkait:
Al-Khulafā’ Al-Rāshidūn