Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Hidup Sederhana dan Manfaatnya

Bina-Qurani-Hidup-Sederhana-dan-Manfaatnya
Hidup Sederhana dan Manfaatnya

Di antara cara untuk mendatangan kebahagiaan dalam diri manusia adalah dengan menerapkan hidup sederhana. Hidup sederhana adalah perilaku yang disesuaikan dengan kebutuhan utama seperti makanan bergizi, tempat tinggal, pakaian, pendidikan, dan kesehatan.

Hidup sederhana merupakan salah satu perintah Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang tertuang dalam firman-Nya:

وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ (141)

Artinya:

“Dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” (QS. Al-An’am: 141)

Ayat di atas menjelaskan bawa Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā melarang hambanya agar tidak berlebih-lebihan dalam memenuhi kebutuhannya. Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā memerintahkan manusia agar dalam pemenuhan kebtuhan hidupnya dilakukan secara bersahaja, tengah-tengah, dan tidak boros dalam pengeluaran.

Menerapkan hidup sederhana merupakan suatu hal yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam. Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam selaku seorang pemimpin umat, seorang khalifah, manusia terbaik, orang yang benar dan dibenarkan oleh Allah, namun beliau Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam senantiasa menjalani kehidupannya dengan penuh kesederhanaan.

Bina-Qurani-Hidup-Sederhana-dan-Manfaatnya

Site: Bina Qurani Islamic Boardidng School, Image: Hidup Sederhana dan Manfaatnya, Source: Photo by Rahul P Pexels

Salah satu contoh potret kesedarhanaan hidup Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam adalah dalam hal berpakaian.

Dalam suatu hadits Bukhari Muslim, diceritakan tentang seorang Arab Badui yang mengajukan beberapa pertanyaan penting dan mendasar kepada Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, ketika beliau sedang berkumpul dengan para sahabatnya di masjid.

Namun yang menarik perhatian adalah bagaimana ketika seorang Arab badui masuk ke Masjid. Dari Abu Hurairah Raḍiallāhu ‘Anhu beliau mengatakan yang artinya:

“Ketika Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam sedang bersama para sahabatnya, datanglah seorang lelaki Badui lalu bertanya, ‘Siapakah di antara kalian yang merupakan cucu Abdul Muthalib?’” (HR. Bukhari Muslim)

Hadits di atas menunjukan bahwa ketika seorang lelai Badui hendak mencari Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, seorang Rasul, namun dia melihat tidak ada seseorang yang penampilannya mencolok atau beda sendiri. Sehingga dia perlu untuk bertanya. Ini menandakan bahwa Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam berbusana dan berpenampilan sebagaimana para sahabat, tidak beda sendiri, tidak mencolok perhatian, walaupun beliau orang yang paling mulia di antara mereka.

Bina-Qurani-Hidup-Sederhana-dan-Manfaatnya

Site: Bina Qurani Islamic Boardidng School, Image: Hidup Sederhana dan Manfaatnya, Source: Photo by Pixabay Pexels

Manfaat Menerapkan Hidup Sederhana

Menerapkan hidup sederhana selain sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, juga dapat memberikan banyak manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat dari menerapkan hidup sederhana:

1. Meningkatkan Rasa Syukur

Dengan menerapkan hidup sederhana, maka secara otomatis akan meningkatkan rasa syukur seseorang. Hidup sederhana akan mengajarkan seseorang untuk merasa lebih cukup dan puas atas apa yang dimiliki, sehingga rasa syukur terhadap hidup akan meningkat. Selain itu, hidup sederhana juga mengajarkan seseorang untuk hidup lebih hemat yang tentu akan menguntungkan dan menenangkan.

2. Menanamkan Sikap Darmawan

Gaya hidup sederhana akan membentuk mental merasa cukup akan yang didapatkan pada diri manusia. Hal ini dapat membuat seseorang terbiasa untuk mengonsumsi apa yang mereka butuhkan saja. Sehingga sisa dari yang dimilikinya dapat dialokasikan untuk kebutuhan yang lain, atau disedekahkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Bina-Qurani-Hidup-Sederhana-dan-Manfaatnya

Site: Bina Qurani Islamic Boardidng School, Image: Hidup Sederhana dan Manfaatnya, Source: Photo by Daniel E Pexels

3. Melatih Tanggung Jawab

Pola hidup sederhana, secara tidak langsung akan membiaskaan individu untuk memiliki barang-barang yang dibutuhkan saja. Sehingga, seseorang akan lebih berhati-hati dan lebih menjaga barang yang dimilikinya.

4. Mengurangi Tingkat Stress

Menerapkan pola hidup sederhana akan membuat sesorang senantiasa merasa cukup. Hal ini mendorong seseorang untuk dapat mengelola stress apabila pada suatu hari mendapati keinginan yang belum bisa terpenuhi saat itu juga.

Itulah empat manfaat yang akan kita dapatkan apabila menerapkan pola hidup sederhana. Selain empat manfaat di atas, tentu masih banyak lagi manfaat-manfaat lain yang akan didapatkan dari pola hidup sederhana.

Thumbnail Source: Photo by Kelly Pexels

Artikel Terkait:
Hakikat Tawakal

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Akidah #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran
Login