Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Iman Kepada yang Ghaib

Bina-Qurani-Iman-Kepada-yang-Ghaib
Iman Kepada yang Ghaib

Al-Ghaib adalah mashdar atau kata dasar yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang tidak dapat diindera, baik sudah diketahui atau belum. Iman pada yang ghaib berarti iman pada suatu yang tidak dapat diindera, tidak diketahui akal sehat, dan hanya diketahui melalui pemberitaan dari Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam.

Beriman pada yang ghaib termasuk sifat-sifat orang mukmin. Sebagaimana firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā:

الم (1) ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ (2) الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (3)

Artinya:

“Alif Lam Mim. Kitab Alquran ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka.” (QS. Al-Baqarah: 1-3)

Bina-Qurani-Iman-Kepada-yang-Ghaib

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Iman Kepada yang Ghaib, Source: Photo by Dipin Das Pexels

Mengenai makna iman mereka, ada dua pendapat yaitu:

  • Mereka yang mengimani semua berita dari Allah dan para Rasul-Nya yang tidak dapat dicapai oleh indera.
  • Mereka beriman kepada Allah dalam keadaan ghaib, begitu juga dalam keadaan hadir atau bisa diindera, tidak seperti orang-orang munafik.

Kedua makna di atas tidak bertentangan dan dua-duanya harus ada dalam diri seorang muslim.

Dikutip dari: Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, Aqidatut Tauhid Kitabut Tauhid lis-Shaff Al-Awwal – Ats-Tsalis – Al-Aly. Edisi terjemah: Alih Bahasa Syahirul Alim Al-Adib, Lc., Kitab Tauhid, (Jakarta: Ummul Qura, 2018), 174-175.

Thumbnail Source: Photo by Abdullah Oguk from Unsplash

Artikel Terkait:
Dampak Maksiat Terhadap Keimanan

TAGS
#Berbakti kepada orang tua #doa berlindung dari virus corona #Doa Pagi Hari #Doa-doa #hukum qurban adalah #ikhlas beramal shalih #ikhlas beramal #Sunah Rasul #Sunnah Rasul
Login