Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Jenis-jenis Desain Grafis

Bina-Qurani-Jenis-jenis-Desain-Grafis
Jenis-jenis Desain Grafis

Di era digital seperti sekarang ini, desain grafis menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari. Terutama untuk memenuhi berbagai kebutuhan konten di media sosial seperti instagram, facebook, twitter, whatsapp, maupun untuk kebutuhan website.

Desain grafis merupakan suatu karya seni komunikasi visual yang mengandalkan kemampuan pengolahan gambar, layout, photografi, ilustrasi, dan text atau tipografi. Prinsip utama desain grafis adalah kesatuan, keseimbangan, irama, proporsi, penekanan, kesederhanaan, kejelasan, dan ruang.

Menurut Jessica Helfand, desain grafis merupakan kombinasi kompleks dari kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi, yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut. Sehingga, proses tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, mempunyai manfaat serta kegunaan, dan mengejutkan atau subversive, sehingga informasi atau pesan yang disampaikan mudah diingat.

Bina-Qurani-Jenis-jenis-Desain-Grafis

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Jenis-jenis Desain Grafis, Source: Photo by Tranmautritam Pexels

Seorang desain grafis bertugas merancang bagaimana komposisi layout dengan menata berbagai elemen grafis seperti background, gambar, font, label, border, color correction, dan berbagai elemen lainnya. Komposisi elemen-elemen tersebut kemudian disusun secara terorganisir hingga membentuk hasil karya visual yang sedemikian rupa sesuai fungsi dan tujuannya.

Berbicara tentang desain grafis, pada tulisan kali ini akan kami sampaikan beberapa poin terkait tugas dan tanggung jawab seorang desain grafis, dan jenis-jenis desain grafis.

Tanggung Jawab Pekerjaan Seorang Desain Grafis

Ada banyak pekerjaan yang dilakukan oleh seorang desain grafis dalam memenuhi tanggung jawab profesinya. Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab pekerjaan seorang desain grafis secara umum, antara lain:

  • Membuat konsep desain sesuai dengan kebutuhan
  • Melakukan brainstorming bersama klien
  • Membuat desain yang komunikatif dan mudah dipahami
  • Menyampaikan pesan atau informasi melalui desain yang unik dan kreatif
  • Mengikuti perkembangan style dan inovasi desain
  • Menyelesaikan proyek yang telah ditentukan dan disepakati
  • Melakukan perubahan jika ada revisi
  • Memperhatikan kesalahan-kesalahan kecil dalam membuat desain
  • Selalu up to date dengan program desain terbaru
  • Up to date dengan jenis konten yang sedang menjadi trend.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab yang umumnya dikerjakan oleh seorang desain grafis.

Bina-Qurani-Jenis-jenis-Desain-Grafis

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Jenis-jenis Desain Grafis, Source: Photo by Designecologist Pexels

Jenis-jenis Desain Grafis dan Penjelasannya

Setelah mengetahui tentang tugas dan tanggung jawab dari seorang desain grafis, kita juga harus mengetahui jenis-jenis desain grafis yang terus mengalami perkembangan di era digital ini. Berikut ini adalah jenis-jenis desain grafis beserta uraian penjelasannya:

1. Jenis Desain Grafis Visual Identity

Seorang visual identity desainer grafis memiliki peran yang besar dalam pembuatan identitas merek dagang. Hal ini meliputi merek dari berbagai organisasi dan usaha, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Visual identity desainer grafis memiliki spesialisasi untuk menciptakan asset bisnis seperti logo, typografi, palet warna, dan gambar-gambar yang mewakili bisnis.

2. Jenis Desain Grafis Pemasaran dan Periklanan

Profesi desain grafis pada jenis pemasaran dan periklanan ini memiliki spesialisasi di media tertentu seperti media cetak, digital, dan lainnya. Jenis desain grafis ini berfokus untuk membuat konten-konten desain untuk kepentingan promosi digital atau digital marketing.

Bina-Qurani-Jenis-jenis-Desain-Grafis

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Jenis-jenis Desain Grafis, Source: Photo by Pixabay Pexels

3. Jenis Desain Grafis User Interface

Desain grafis jenis ini bertugas untuk mendesain antar muka pengguna atau user interface untuk berinteraksi dengan perangkat atau sebuah aplikasi. Desain UI tersebut dibutuhkan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pada pengguna dalam menggunakan perangkat.

4. Jenis Desain Grafis Publikasi

Seorang desainer grafis jenis ini mempunyai tugas khusus untuk membuat desain menggunakan typografi yang dipilih secara cermat menjadi karya seni unik dalam bidang percetakan atau publikasi.

Contoh karya desain dari jenis ini antara lain desain buku, koran, majalah, katalog, dll.

5. Jenis Desain Grafis Motion

Grafis motion adalah jenis desain grafis yang bergerak seperti animasi, audio, video dan efek lain yang digunakan di menia online, tv, dan film. Desain grafis jenis ini adalah yang terbaru dan mulai popular perkembangannya di beberapa tahun terakhir.

Itulah jenis-jenis desain grafis yang cukup populer di Indonesia. Semoga tulisan tentang desain grafis ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita terkait dunia desain.

Thumbnail Source: Photo by Tranmautritam Pexels

Artikel Terkait:
Belajar Desain Grafis Pemula

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
Login