Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Jenis-Jenis Gunung Berapi

Bina-Qurani-Jenis-Jenis-Gunung-Berapi
Jenis-Jenis Gunung Berapi

Secara bahasa, gunung berapi berasal dari bahasa romawi, yaitu volcano atau vulcan. Gunung berapi atau yang dikenal juga dengan gunung api adalah suatu istilah yang didefinisikan sebagai suatu fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 KM di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi.

Satu gunung berapi merupakan bentukan alam dari pecahan yang terjadi di kerah dari benda langit bermassa planet seperti bumi. Patahan tersebut mengakibatkan keluarnya lava panas, abu vulkanik, dan gas dari dapur magma yang terdapat di bawah permukaan bumi.

Terbentuknya gunung berapi di bumi dikarenakan terpecahnya kerak bumi menjadi 17 lempengan tektonik utama yang kaku dan mengambang di atas lapisan mantel yang lebih panas dan lunak. Oleh karena itu gunung berapi yang ada di bumi sering ditemukan berada di batas divergen dan konvergen dari lempengan tektonik.

Selain itu, gunung berapi juga diartikan sebagai lubang kepundan atau rekahan dalam kerak bumi tempat keluarnya cairan magma atau gas atau cairan lainnya ke permukaan bumi. Material yang dierupsikan ke permukaan bumi umumnya berbentuk kerucut terpancung.

Gunung berapi terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu hingga sekarang. Pengetahuan tentang gunung berapi ini berawal dari perilaku manusia dan manusia purba yang memiliki hubungan dekat dengan gunung berapi. Hal tersebut diketahui dari adanya penemuan fosil manusia yang berada di dalam endapan vulkanik.

Bina-Qurani-Jenis-Jenis-Gunung-Berapi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Jenis-Jenis Gunung Berapi, Source: Photo by Tyler Pexels

Jenis-jenis Gunung Berapi Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, terdapat beberapa jenis gunung berapi yang ada di muka bumi. Adapun menurut BPMPK Kemendikbud, terdapat tiga macam jenis gunung berapi jika ditinjau dari bentuknya.

Berikut ini tiga jenis gunung berapi menurut Kemendikbud, berdasarkan bentuknya:

1. Gunung Berapi Strato

Gunung berapi strato adalah jenis gunung berapi yang memiliki bentuk kerucut berlapis. Bentuk kerucut pada gunung berapi ini terbentuk karena terdapat tumpukan berlapis bahan-bahan piroklastika yang dikeluarkan saat terjadi erupsi magma.

Selain itu, erupsi yang berganti-ganti antara efusif dan eksplosif juga menyebabkan terbentuknya batuan beku yang berlapis-lapis pada dinding kawahnya. Badan dari gunung berapi ini terdiri dari lapisan-lapisan lava yang bercampur dengan hasil-hasil vulkanik lainnya seperti debu, pasir, kerikil, dan bom.

2. Gunung Berapi Maar

Gunung berapi maar merupakan gunung api yang memiliki kawah menyerupai mangkuk di bagian puncaknya. Lebar kawah pada gunung ini relative lebih besar jika dibandingkan dengan tinggi dinding kawahnya.

Gunung berapi maar juga termasuk gunung berapi yang memiliki lereng landai. Selain itu, gunung berapi maar juga memiliki dapur magma yang dangkal dengan tekanan yang tinggi.

Kata maar dalam penamaan gunung berapi jenis ini berarti danau tektonik yang terjal. Danau ini terbentuk karena sifat erupsi yang eksplosif atau letusan yang kuat. Letusan ini hanya terjadi satu kali dan setelahnya tidak ada aktivitas vulkanik sama sekali.

Akibat dari terjadinya letusan api yang kuat tersebut, sebuah lubang yang berbentuk corong atau mangkuk besar terbentuk di bagian puncaknya yang mengakibatkan lubang tersebut memiliki dinding (tebing) yang berombak.

3. Gunung Berapi Perisai

Gunung berapi perisai atau yang seing dikenal dengan gunung berapi tameng merupakan jenis gunung berapi yang terbentuk karena adanya magma yang keluar dengan cepat dan alirannya menyebar ke sekitaran area gunung berapi.

Gunung berapi jenis perisai ini tidak terbentuk dari adanya letusan, tetapi cenderung karena adanya aliran lava basal yang tipis dan basaj serta tekanan yang lemah. Akan tetapi, gunung api ini tersusun dari batuan aliran laca yang pada saat diendapkan masih cair, sehingga bentuknya akan berlereng landai. Gunung berapi jenis perisai ini juga memiliki dapur magma yang dangkal.

Itulah beberapa jenis gunung berapi berdasarkan bentuknya yang disebutkan oleh BPMPK Kemendikbud melalui situs resminya. Semoga pembahasan mengenai jenis-jenis gunung berapi ini bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Archie Pexels

Artikel Terkait:
Bahaya Letusan Gunung Berapi

TAGS
#Berbakti kepada orang tua #doa berlindung dari virus corona #Doa Pagi Hari #Doa-doa #Erupsi #Gunung #hukum qurban adalah #ikhlas beramal shalih #ikhlas beramal #Sunah Rasul #Sunnah Rasul
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login