Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Kapan Virus Corona Berakhir

Bina-Qurani-Kapan-Virus-Corona-Berakhir

Aktivitas kehidupan di beberapa negara nampak terlihat mulai normal kembali setelah setahun belakangan ini diserang oleh pandemi virus corona yang diawali sejak pertengahan bulan Desember tahun 2019. Kehidupan dunia perlahan mulai pulih, apakah ini pertanda pandemi akan segera berakhir?

Lalu, kapan virus corona berakhir?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sampai saat ini belum memberikan kepastian kapan virus corona akan berakhir. Diprediksi pandemi akan terus berlanjut hingga pertengahan tahun 2022 mendatang, mengingat rendahnya angka vaksinasi di seluruh dunia.

Tedros Adhanom Ghebrey, selaku Direktur Jenderal WHO mengatakan bahwa, “Kapan virus corona berakhir itu tergantung pada seberapa serius kita ingin mengakhiri pandemi ini, karena solusi berakhirnya virus corona sebenarnya ada di tangan kita.” Ungkap Tedros yang dikutip dari Newsweek.

Bina-Qurani-Kapan-Virus-Corona-Berakhir

Source: Photo From Freepik

“Salah satu faktor yang menjadi pencegah kapan virus corona berakhir adalah kegagalan negara-negara kaya dalam membantu proses vaksinasi negara-negara yang berpenghasilan rendah dan menengah.” Tambahnya mengungkapkan kekecewaannya.

Menurut Tedros, salah satu cara agar virus corona cepat berakhir adalah dengan vaksinasi masal di seluruh negeri. Minimal setiap negara harus mencapai target vaksinasi 70% dari populasi penduduknya.

Sedangkan menurut Presiden Jokowi, beliau mengatakan bahwa, “Badan Kesehatan Dunia atau WHO saja belum mengetahui kapan virus corona berakhir.”

Bina-Qurani-Kapan-Virus-Corona-Berakhir

Photo: Presiden Joko Widodo, Source: Photo From Youtube Channel Sekretariat Presiden

“Maka yang terpenting saat ini adalah bagaimana terus menyeimbangkan gas dan rem untuk pemulihan di sektor kesehatan serta ekonomi. Saya ngomong apa adanya bukan untuk menakut-nakuti, tapi kapan virus corona berakhir? Lha wong WHO juga belum bisa memprediksi,” ungkap Presiden Jokowi saat penyerahan Banpres Produktif di halaman Istana Merdeka pada hari Jumat, 30 Juli 2021.

Presiden Jokowi sampai saat ini belum dapat memberi kepastian kapan virus corona berakhir. Menurutnya yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita bergotong-royong untuk saling menjaga satu sama lain.

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan dan berbagai pihak yang terlibat sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengendalikan penyebaran virus ini. Selain terus mensosialisasikan protokol kesehatan, Kemenkes juga telah menyelenggarakan vaksinasi masal di berbagai wilayah.

Bina-Qurani-Kapan-Virus-Corona-Berakhir

Source: Photo From Freepik

Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan per tanggal 1 Agustus 2021 dari total sasaran 208.265.720 jiwa, baru terealisasi vaksinasi tahap 1 sebanyak 47.562.344 atau sekitar 22,84% sedangkan vaksinasi tahap 2 sebanyak 20.707.102.

Sedangkan data perkembangan penyebaran virus corona per tanggal 1 Agustus 2021 mencapai angka 3.440.396 yang positif terinfeksi virus corona dengan penambahan kurang lebih sebanyak 30.700-an kasus setiap harinya.

Semakin meluas dan menyebarnya virus corona di Indonesia, menjadi penyebab Pemerintah NKRI belum berani memastikan kapan virus corona berakhir. Perlu adanya analisa lebih lanjut dan penanganan-penanganan yang lebih maksimal.

Dalam penanganan penyebaran virus corona di Indonesia perlu adanya kerja sama yang apik antara Pemerintah dengan masyarakat. Meski pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin, namun apabila masyarakat tidak mengindahkan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah maka pandemi ini akan terus berjalan tanpa tahu kapan virus corona berakhir.

Bina-Qurani-Kapan-Virus-Corona-Berakhir

Source: Photo From Freepik

Masyarakat wajib mengikut peraturan dan mematuhi protokol-protokol kesehatan yang sudah lama disosialisasikan oleh Kementrian Kesehatan.

Berikut ini adalah protokol kesehatan untuk memutus penyebaran virus corona varian terbaru pada tahun 2021. Protokol kesehatan ini lebih familiar di kalangan masyarakat dengan sebutan Protokol Kesehatan 5 M, sebagai berikut:

  • Mencuci Tangan
  • Memakai Masker
  • Menjaga Jarak
  • Membatasi Mobilitas
  • Menjauhi Kerumunan

Meskipun kita belum tahu kapan virus corona berakhir, ada baiknya masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari agar pandemi ini segera berakhir. Dan melakukan vaksinasi sesuai dengan arahan dari Kementrian Kesehatan.

Untuk lebih jelasnya terkait bagaimana cara mencegah virus corona, Anda dapat membaca artikel terkait cara mencegah virus corona berikut ini Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona.

Thumbnail Source: Photo From Freepik

Artikel Terkait:
Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona

TAGS
#berlindung dari virus corona #Cara membuat hand sanitizer #cara mencegah virus corona #doa berlindung dari virus corona #fungsi hand sanitizer #gejala virus corona
Login