Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Kebiasaan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangan

Bina-Qurani-Kebiasaan-Kaum-Millennial-dalam-Mengatur-Keuangan
Kebiasaan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangan

Dengan bimbingan dan pengawasan yang ketat dari orang tua, kaum millennial saat ini telah menjadi kaum yang sadar finansial, terutama dalam hal mengatur arus keuangan. Kaum millennial semakin menyadari pentingnya mengatur keuangan sedari dini, untuk persiapan masa depan yang akan dilaluinya.

Andres Plepler, seorang Eksekutif Corporate Social Responsibility Global of Bank America, dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa, “Penelitian kami menunjukkan bahwa orang tua tetap memiliki pengaruh kuat terhadap kebiasaan mengatur keuangan yang dikembangkan dan dipraktikan oleh anak-anak mereka sebagai orang dewasa.”

“Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kebiasaan kaum millennial dalam mengatur keuangan bergantung dari kebiasaan orang tuanya. Orang tua mengajari mereka akan pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak, sehingga seorang anak akan lebih siap dalam memenuhi kebutuhan dinansial mereka di hari-hari mendatang.” Ungkap Andres Plepler.

Meski demikian, terlepas dari pengaruh dan pengawasan orang tua, kaum millennial juga memiliki kebiasaan tersendiri dalam mengatur keuangannya. Berikut kami sampaikan tiga kebiasaan kaum millennial dalam mengatur keuangan di era transformasi digital.

Bina-Qurani-Kebiasaan-Kaum-Millennial-dalam-Mengatur-Keuangan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Kebiasaan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangan, Source: Photo by Karolina Pexels

Kebiasaan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangan di Era Digital

Seiring berkembangan jaman, kebiasaan kaum terdahulu dengan kebiasaan kaum millennial sekarang telah mengalami banyak perubahan dalam berbagai hal, salah satunya dalam masalah keuangan. Kaum orang tua kita terdahulu memiliki kebiasaan tersendiri yang tentunya berbeda dengan kebiasaan kaum millennial dalam mengatur keuangannya di era digital seperti sekarang.

Berikut ini tiga kebiasaan kaum millennial dalam mengatur keuangan, yang hendaknya kita ketahui:

1. Kaum Millennial Terbiasa Menabung

Kebiasaan menabung atau menyisihkan uang pendapatan untuk keadaan darurat merupakan prioritas utama bagi kaum millennial.

Hampir setangah dari kaum millennial (kisaran 49%) mengatakan bahwa penurunan ekonomi telah mengubah cara berpikir mereka tentang manajemen finansial. Baik itu tentang menabung, menginvestasikan, membelanjakan, dan melakukan penghematan untuk keadaan darurat lainnya.

Selain itu, kaum millennial saat ini juga telah banyak menabung melalui tabungan-tabungan umum, seperti tabungan rekening, tabungan deposito, atau jenis tabungan tradisional lainnya.

Kesadaran kaum millennial akan manajemen keuangan dengan menabung semakin besar. Mereka banyak belajar pada orang tuanya tentang pentingnya menabung untuk kehidupan di masa yang akan datang. Memiliki tabungan untuk hal yang tidak terduga dalam jangka pendek tentunya memang bagus, namun memiliki pandangan jangka panjang tentang pengelolaan uang dapat membuat perbedaan besar di masa depan.

Bina-Qurani-Kebiasaan-Kaum-Millennial-dalam-Mengatur-Keuangan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Kebiasaan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangan, Source: Photo by Karolina Pexels

2. Kebiasaan Menghabiskan Membelanjakan Uang

Berbanding terbalik dengan kebiasaan di atas, sebagian kaum millennial juga terbiasa untuk menghabiskan dan membelanjakan uang yang dimiliki. Hasil survei dari American Institute of Certified Public Accountants menunjukkan bahwa lebih dari tiga perempat millennial ingin memiliki pakaian, mobil, dan gadget terbaru yang sama dengan teman mereka.

Untuk memenuhi keinginannya tersebut, setangah dari mereka terpaksa harus menggunakan kartu debit untuk membelinya. Bahkan, tak jarang dari kaum millennial memiliki nilai kredit yang lebih besar dari pendapatan yang dimiliki. Parahnya lagi, lebih dari 25% dari mereka memiliki keterlambatan dalam proses pambayaran dan berurusan dengan penagih hutang.

Sedangkan lebih dari separuhnya lagi, mereka bahkan masih menerima bantuan keuangan dari orang tuanya.

Kebiasaan menghabiskan uang ini muncul akibat dari kebiasaan kaum yang mempublikasikan gaya hidup mereka, seperti memamerkan barang-barang brended, liburan ke luar negeri, memakai pakaian designer ternama, dan barang-barang mewah lainnya, yang kemudian memicu dan memancing millennial lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki keuangan yang baik di masa depan, patikan bahwa Anda dapat mengontrol diri Anda agar tidak mengikuti arus pergaulan yang ada. Berusahalan untuk memporsikan keuangan kamu ke dalam porsi yang lebih penting terlebih dahulu.

Bina-Qurani-Kebiasaan-Kaum-Millennial-dalam-Mengatur-Keuangan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Kebiasaan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangan, Source: Photo by Cottonbro Pexels

3. Kebiasaan Millennial dalam Berinvestasi

Seiring perkembangan zaman dan perkembangan teknologi, saat ini kaum millennial dapat dikatakan berada selangkah lebih maju daripada orang tua mereka dalam hal investasi.

Kaum millennial berusaha untuk melakukan investasinya sedini mungkin dengan berbagai cara dan metode. Beberapa jenis investasi yang dipilih biasanya dalam bentuk properti, saham, deposito, dan juga peer to peer lending.

Demikianlah kebiasaan kaum millennial dalam mengatur keuangan di era digital ini. Saran kami, lakukan pengontrolan keuangan secara ketat. Tekan pengeluaran-pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu penting dan tetapkan skala prioritas pembelanjaan.

Artikel Terkait:
10 Orang Terkaya di Dunia

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login