Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Bina-Qurani-Kedudukan-Pancasila-Sebagai-Dasar-Negara
Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Adalah hal yang sangat menarik untuk membahas kedudukan pancasila sebagai dasar negara di tengah-tengah uforia perayaan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Ada beberapa poin penting yang merinci tentang kedudukan pancasila sebagai dasar negara. Namun sebelum kita mengurai rincian tersebut, kami akan sedikit memberikan ulasan tentang urgensi pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Bina-Qurani-Kedudukan-Pancasila-Sebagai-Dasar-Negara

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Source: Photo From Hobi Industri Unsplash

Urgensi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kita pahami bersama bahwa Pancasila secara resmi telah ditetapkan menjadi dasar dan ideologi negara Indonesia sejak 18 Agustus 1945, sehari setelah berlangsungnya proklamasi kemerdekaan.

Sebagai dasar negara Indonesia, pencasila merupakan milik bersama yang akan memudahkan semua stakeholder bangsa dalam membangun negara berdasarkan prinsip-prinsip konstitusional.

Kedudukan pancasila sebagai dasar negara menegaskan bahwa penerimaan pancasila merupakan konsekuensi yang harus diindahkan dan diterima sebagai kaidah-kaidah penuntun dalam pembuatan kebijakan negara.

Menurut pasal 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011 tentang pembentukan Peraturan Perundang-undangan, Pancasila sebagai dasar negara merupakan sebuah sumber dari segala sumber hukum negara. Setiap muatan materi peraturan perundang-undangan hendaknya sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Bina-Qurani-Kedudukan-Pancasila-Sebagai-Dasar-Negara

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Source: Photo From Hobi Industri Unsplash

Secara umum urgensi Pancasila sebagai dasar negara dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Pancasila adalah pedoman, agar dalam penyelenggaraan negara para pejabat publik tidak kehilangan arah dan tujuan berdirinya bangsa Indonesia.
  2. Pancasila adalah pandangan hidup, dimana dalam proses pembangunan berbagai bidang kehidupan bangsa dan negara, seluruh warga negara harus berpartisipasi aktif di dalamnya dan menjiwai dengan nilai-nilai pancasila.

Kedudukan pancasila sebagai dasar negara adalah substansi esensial yang mempunyai kedudukan formal dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Sebagai dasar negara Indonesia sekaligus juga sebagai ideologi negara serta filosofis negara, Pancasila memiliki kedudukan yang penting bagi seluruh elemen bangsa.

Kedudukan pancasila sebagai dasar negara adalah ruh atau spirit setiap sendi-sendi ketatanegaraan. Dimana segala produk hukum harus berlandaskan dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Adapun kedudukan pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai berikut:

  1. Pancasila sebagai dasar negara adalah sumber dari segala sumber tertib hukum Indonesia. Dengan demikian, Pancasila merupakan asas kerohanian hukum Indonesia yang dalam pembukaan Undang-undang Negara Republik Indonesia dijelmakan lebih lanjut ke dalam empat pokok pikiran.
  2. Meliputi suasana kebatinan (Geislichenhintergrund) dari UUD 1945.
  3. Mewujudkan cita-cita hukum bagi dasar negara (baik hukum dasar tertulis maupun tidak tertulis).
  4. Mengandung norma yang mengharuskan UUD mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara (termasuk penyelenggara partai dan golongan fungsional) memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur.
  5. Merupakan sumber semangat abadi UUD 1945 bagi penyelenggaraan negara, para pelaksana pemerintahan. Hal tersebut dapat dipahami karena semangat tersebut adalah penting bagi pelaksanaan dan penyelenggaraan negara karena masyarakat senantiasa tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan dinamika masyarakat.

Rumusan kedudukan pancasila di atas harus dilaksanakan oleh seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap sila pancasila merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.

Bina-Qurani-Kedudukan-Pancasila-Sebagai-Dasar-Negara

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Source: Photo From Rival Sitorus Unsplash

Pancasila adalah cita-cita dan tujuan bernegara yang diwujudkan secara bertahan guna mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Pancasila menjunjung tinggi kehidupan bernegara yang berasaskan “Ketuhanan Yang Maha Esa” dengan visi kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan bangsa, demokrasi dan permusyawaratan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Demikianlah uraian mengenai kedudukan pancasila sebagai dasar negara.

Thumbnail Source: Photo From Deepublish

Artikel Terkait:
Pancasila Sebagai Ideologi Negara

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan Barat #Rumah Adat #Sejarah
Login