Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Kedudukan Rasulullah

Bina-Qurani-Kedudukan-Rasulullah
Kedudukan Rasulullah

Menjelaskan kedudukan Nabi Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam dengan memuji beliau dengan pujian yang Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā beirkan kepada beliau dan menyebut kedudukan yang Allah anugerahkan kepada beliau serta meyakini hal itu adalah tidak apa-apa. Beliau Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam memiliki kedudukan yang tinggi. Beliau adalah hamba Allah dan Rasul-Nya serta orang pilihan.

Beliau adalah makhluk yang paling mulia secara mutlak. Seorang Rasul yang Allah utus kepada seluruh manusia, bahkan kepada seluruh jin dan manusia. Beliau adalah Rasul yang paling utama, penutup para Nabi, dan tidak ada Nabi lagi setelah beliau.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā telah melapangkan dada beliau, meninggikan sebutan nama beliau, menghinakan orang yang menyalahi perintah beliau, dan beliaulah pemilik tempat yang terpuji (al-maqam al-mahmud) yang Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā firmankan:

عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا (79)

Artinya:

“Mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79)

Yaitu tempat beliau diberdirikan oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā pada hari kiamat untuk memintakan syafaat bagi umat manusia agar Rabb mereka berkenan meringankan dahsyatnya peristiwa itu. Sebuah tempat yang dikhususkan hanya untuk beliau.

Bina-Qurani-Kedudukan-Rasulullah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Kedudukan Rasulullah, Source: Photo by Walid Ahmad Pexels

Beliau adalah orang yang takut dan bertakwa kepada Allah hingga Dia melarang orang untuk mengeraskan suara dihadapan beliau, dan sebaliknya, memuji mereka yang melirihkan suaranya di hadapan beliau. Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ يَغُضُّونَ أَصْوَاتَهُمْ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ أُولَئِكَ الَّذِينَ امْتَحَنَ اللَّهُ قُلُوبَهُمْ لِلتَّقْوَى لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ (3) إِنَّ الَّذِينَ يُنَادُونَكَ مِنْ وَرَاءِ الْحُجُرَاتِ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ (4) وَلَوْ أَنَّهُمْ صَبَرُوا حَتَّى تَخْرُجَ إِلَيْهِمْ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ (5)

Artinya:

“Sesungguhnya orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka olah Allah untuk bertakwa. Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar. Sesungguhnya orang-orang yang memanggil kamu dari luar kamarmu kebanyakan mereka tidak mengerti. Dan sekiranya mereka bersabar sampai kamu keluar menemui mereka sesungguhnya itu lebih baik bagi mereka, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat: 3-5)

Allah juga memanggil beliau Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam dengan panggilan, “Wahai Nabi, wahai Rasul.” Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā dan malaikat-Nya bershalawat kepada beliau dan memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk membaca shalawat dan salam kepada beliau. Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا (56)

Artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56)

Bina-Qurani-Kedudukan-Rasulullah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Kedudukan Rasulullah, Source: Photo by Sharad Bhat Pexels

Tidak diperbolehkan mengambil waktu atau tata cara tertentu yang dikhususkan untuk memuji beliau kecuali dengan dasar dalil dari Alquran dan Assunnah.

Mengagungkan sunnah beliau dan meyakini kewajiban mengamalkannya, serta meyakini bahwa sunnah beliau berada satu tingkat di bawah Alquran Al-Karim yang wajib diagungkan dan diamalkan adalah termasuk bagian dari mengagungkan Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam. Sebab, sunnah beliau adalah wahyu dari Allah. Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى (3) إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى (4)

Artinya:

“Dan tiadalah yang diucapkan itu Alquran menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan kepadanya.” (QS. An-Najm: 3-4)

Oleh karena itu, seorang muslim tidak boleh ragu dan meremahkan hal ini. Atau membicarakan sunnah, baik itu menshahihkan atau mendhaifkan jalur dan sanadnya atau keterangan maknanya, kecuali dengan ilmu dan kehati-hatian.

Dikutip dari: Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, Aqidatut Tauhid Kitabut Tauhid lis-Shaff Al-Awwal – Ats-Tsalis – Al-Aly. Edisi terjemah: Alih Bahasa Syahirul Alim Al-Adib, Lc., Kitab Tauhid, (Jakarta: Ummul Qura, 2018), 415-417.

Thumbnail Source: Photo by Moussa Pexels

Artikel Terkait:
Kewajiban Mencintai dan Mengagungkan Rasul

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Cara Sholat Jenazah #Doa Selesai Sholat #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Memuliakan Orang Tua #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login