Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Bina-Qurani-Islamic-School-Kelebihan-dan-Kekurangan-Cryptocurrency
Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Beberapa tahun belakangan ini, istilah bitcoin menjadi topik yang sangat hangat dan begitu menarik, hingga menjadi perbincangan banyak orang. Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency yang banyak digunakan dalam berbagai transaksi di era transformasi digital ini.

Perkembangan cryptocurrency atau yang sering dianggap sebagai mata uang digital terlihat begitu pesat di era seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi keuangan digital ini nyatanya mulai mengguncang layanan keuangan dan sistem pembayaran dunia.

Cryptocurrency adalah jenis mata uang virtual yang tidak mempunyai bentuk fisik, namun dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara online. Fungsi dan kegunaan dari cryptocurrency ini juga tidak berbeda dengan fungsi serta kegunaan mata uang konvensional pada umumnya.

Dalam melakukan suatu transaksi menggunakan cryptocurrency tidak bisa dilakukan dengan komputer biasa. Seorang pengguna harus menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi yang dapat mendukung penggunaan platform blockchain. Dengan sistem Blockchain ini, transaksi cryptocurrency yang dilakukan oleh pengguna akan berjalan lancar.

Transaksi online ini tentunya tidak sesederhana yang dirasakan oleh penggunanya. Dalam transaksi tersebut terdapat berbagai macam proses yang rumit dengan menggunakan kode-kode komputer khusus, agar transaksi dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Bina-Qurani-Islamic-School-Kelebihan-dan-Kekurangan-Cryptocurrency

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency, Source: Photo From Pete Linforth From Pixabay

Meskipun diliputi dengan banyak kontroversi antara pro dan kontra, namun cryptocurrency terus mengalami perkembangan yang inovatif dan peningkatan peminat yang begitu masif. Hal ini dilihat dari nilainya yang terus meningkat secara fluktuatif.

Dilihat dari laporan Bank Indonesia, disebutkan bahwa jumlah uang elektronik yang beredar di Indonesia telah mencapai nilai sebanyak 530.664.510. per bulan september 2021. Laporan ini disampaikan oleh BI melalui situs resminya pada bagian statistik sistem pembayaran SPP.

Lantas apa sih kelebihan dan kekurangan cryptocurrency, hingga banyak orang mulai tertarik untuk menggunakan jenis mata uang ini?

Berikut ini kami tuliskan beberapa kelebihan dan kekurangan cryptocurrency yang menjadi alasan seseorang menggunakan atau meninggalkan mata uang digital ini dalam berbagai transaksi.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan cryptocurrency, kita dapat meninjaunya dari berbagai aspek mulai dari fungsi, kegunaan, manfaat dan keuntungan yang diberikan serta ancaman atau potensi bahaya yang dapat terjadi pada pengguna.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan cryptocurrency:

Bina-Qurani-Islamic-School-Kelebihan-dan-Kekurangan-Cryptocurrency

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency, Source: Photo From Liam Ortiz From Pixabay

Kelebihan Cryptocurrency

Salah satu kelebihan atau manfaat yang didapatkan oleh pengguna cryptocurrency adalah transaksinya yang terhitung cepat dan tidak memerlukan adanya pihak ketiga sebagai sentral keuangan. Selain hal tersebut, terdapat pula hal positif lainnya dari penggunaan cryptocurrency, sebagai berikut:

1. Kecepatan dan Kemudahan

Salah satu kelebihan dari cryptocurrency adalah kecepatan dan kemudahan transaksi yang dilakukan penggunanya. Mata uang digital ini sengaja diciptakan dan didesain seabagai solusi dari rumitnya transaksi keuangan dan perbankan konvensional.

Metode pembayaran atau sebuah transaksi dengan menggunakan cryptocurrency ini terhitung lebih cepat dan lebih efisien. Transaksi yang dilakukan antar negara, misalnya dari Indonesia ke Amerika tidak membutuhkan waktu lebih dari 10 menit.

Dalam trasaksi yang dilakukan, tidak ada pihak ketiga yang menjadi perantara dan menghambat proses transaksinya, tidak ada biaya transaksi, dan tidak ada pembekuan dana.

2. Keamanan

Kelebihan cryptocurrency yang kedua adalah tingkat keamanan yang didapatkan oleh pengguna. Keamanan merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan sebuah transaksi dan penyimpanan aset penting seperti mata uang digital.

Belakangan ini banyak terjadi kasus-kasus peretasan dan pencurian data yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pihak bank yang kita percaya untuk menjaga dan menjadi rahasia data nasabahnya bisa saja membocorkan data tersebut kepada pihak lain demi keuntungan pribadi.

Oleh sebab itu, sebagian orang lebih memilih untuk melakukan transaksi menggunakan cryptocurrency. Dimana keamanan dan kendali atas aset cryptocurrency sepenuhnya ada di tangan pengguna.

Transaksi yang dilakukan juga dijamin keamanannya oleh kriptografi yang cukup rumit. Tidak ada seorangpun yang bisa menggunakan uang atau melakukan pembayaran atas miliknya.

3. Kenaikan Nilai Mata Uang

Kelebihan dari cryptocurrency yang ketiga adalah kenaikan nilai tukar dengan mata uang konvensional yang cukup besar. Nilai tukar yang tinggi ini tentu memberikan keuntungan bagi siapa saja yang memiliki mata uang ini.

Beberapa orang yang dulu membeli cryptocurrency dengan harganya yang masih rendah, saat ini sudah menjadi orang kaya mendadak apabila aset cryptocurrencynya tersebut dijual atau ditukar dengan mata uang kinvensional.

Kenaikan nilai tukar inilah yang kemudian membuat orang semakin tertarik untuk berinvestasi dengan cryptocurrency.

Dan masih banyak kelebihan lain dari cryptocurrency yang akan didapatkan oleh pengguna apabila cryptocurrency tersebut diguakan untuk tujuan yang baik dan benar.

Bina-Qurani-Islamic-School-Kelebihan-dan-Kekurangan-Cryptocurrency

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency, Source: Photo From Darwin Laganzon From Pixabay

Kekurangan Cryptocurrency

Sebagaimana pepatah, “tak ada gading yang tak retak”. Cryptocurrency juga memiliki kekurangan dibalik kelebihan yang diberikan kepada penggunanya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari cryptocurrency:

1. Tidak Ada Jaminan Atas Uang Pengguna

Kekurangan pertama dari cryptocurrency adalah tidak adanya jaminan dari lembaga berwenang atas uang atau aset yang disimpan oleh pengguna.

Misalnya di Indonesia, cryptocurrency merupakan mata uang digital yang tidak tiercatat atau dikontrol oleh lembaga yang berwenang seperti Bank Indonesia maupun Otoritas Jaea Keuangan (OJK).

Lembaga ini adalah lembaga yang berfungsi untuk mengelola kebijakan moneter nasional, mulai dari pengawasan bank, pemeliharaan stabilitas sistem keuangan dan menyediakan jara keuangan kepada lembaga penyimpanan.

2. Pelanggaran Hukum

Kekurangan kedua dari cryptocurrency adalah potensi adanya unsur pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pengguna. Hal ini didasarkan karena adanya regulasi tentang larangan penggunaan cryptocurrency yang diterapkan oleh beberapa negara.

Namun, tidak semua negara melarang penggunaan cryptocurrency. Beberapa negara seperti Amerika dan Swedia justru sangat terbuka menerima dan melegalkan penggunaan cryptocurrency di negaranya.

3. Hilangnya Aset

Kekurangan dari cryptocurrency yang ketiga kehilangan aset yang disimpan melalui cryptocurrency. Kehilangan aset ini terjadi bukan karena adanya peretasan atau pencurian.

Hilangnya aset cryptocurrency dapat terjadi karena beberapa hal seperti kelupaan password atau wallet key, sehingga wallet yang digunakan untuk menyimpan aset cryptocurrency tidak dapat dibuka.

Hal ini tentu akan merugikan pengguna, apalagi jika saldo yang tersimpan di dalam wallet tersebut cukup banyak.

Itulah kelebihan dan kekurangan cryptocurrency. Terlepas bagaimana kelebihan dan kekuranag cryptocurrency yang didapatkan oleh pengguna, akan lebih baik apabila kita lebih berhati-hati dalam menggunakan mata uang digital ini.

Artikel Terkait:
Hukum Cryptocurrency Menurut MUI, NU, dan Muhammadiyah

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login