Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Bina-Qurani-Kelebihan-dan-Kekurangan-Teknologi-Digital
Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Saat ini, kita hidup di era dimana perkembangan teknologi memberikan berbagai kemudahan dalam aktivitas kehidupan manusia. Khususnya bagi sebuah perusahaan, komputer menjadi salah satu teknologi digital yang memudahkan pekerjaan manusia dalam menyusun data hingga mengirimkan notifikasi kepada pelanggan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan teknologi digital itu? Serta apa saja kelebihan dan kekurangan teknologi digital untuk bisnis? Simak ulasan berikut terkait pengertian teknologi digital beserta kelebihan dan kekurangan teknologi digital untuk bisnis.

Bina-Qurani-Kelebihan-dan-Kekurangan-Teknologi-Digital

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital, Source: Photo by Freepik

Pengertian Teknologi Digital

Di balik seluruh kemegahan dan jargon-jargonnya, teknologi digital atau teknologi komunikasi digital sebenarnya adalah sebuah hal yang simpel. Teknologi digital ini merupakan teknologi berbasis sinyal elektrik komputer yang dapat melakukan perhitungan dengan cepat, dan memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai numerik atau bilangan biner yang dikenal sebagai kode digital.

Jadi dapat disimpulkan bahwa teknologi digital adalah sebuah teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi untuk memastikan sebuah sistem operasi dapat berjalan secara otomatis. Inilah yang membedakan antara teknologi digital dan analog.

Awal mula dibutuhkannya teknologi digital adalah sebatas untuk melakukan perhitungan dan memproses bentuk informasi ke dalam sebuah kode yang disebut enigma. Hingga akhirnya, teknologi digital terus mengalami perkembangan. Teknologi digital tihak lagi hanya digunakan sebagai alat penghitung cepat, namun digunakan juga sebagai tempat untuk menyimpan data dan informasi.

Bina-Qurani-Kelebihan-dan-Kekurangan-Teknologi-Digital

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital, Source: Photo by Freepik

Kelebihan Teknologi Digital

Serupa dengan teknologi analog, teknologi digital juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun, secara sekilah teknologi digital dipandang jauh lebih baik ketimbang teknologi analog. Namun, hal itu tidak lantas membuat teknologi digital sempurna.

Berikut ini beberapa kelebihan dari teknologi digital:

1. Biaya Lebih Rendah

Di antara kelebihan dari teknologi digital yang mungkin luput dari banyak orang adalah biaya. Orang mungkin berpikir kalau teknologi digital akan lebih memakan biaya dibandingkan teknologi analog yang digantikannya. Hal ini wajar karena apabila diamati secara sekilas, teknologi digital nampak lebih rumit dan memiliki kompleksitasnye sendiri.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi yang membuat proses ekonomi lebih efektif, biaya yang dibutuhkan untuk mengadopsi teknologi informasipun semakin sedikit. Menyebarnya adopsi teknologi informasi sebagai sistem komunikasi yang utama juga membuat banyak perusahaan berkompetisi untuk menawarkan produk mereka yang kemudian membuat harga yang lebih kompetitif dan murah untuk konsumen.

2. Keutuhan Informasi yang Disampaikan

Keunggulan lain yang mutlak dimiliki oleh teknologi digital dibandingkan dengan teknologi analog adalah data atau informasi yang disampaikan lebih utuh. Sebagai sebuah jaringan, siapapun dapat mengirimkan atau melakukan transmisi data atau informasi secara penuh kepada siapapun.

3. Mendorong Peningkatan Ekonomi yang Jauh Lebih Baik

Segala keefektifan baik dalam segi transmisi, hasil pengolahan data digital serta biaya adopsinya yang relative murah, membuat teknologi komunikasi digital berdampak besar pada kehidupan sehari-hari, khususnya dalam kegiatan ekonomi.

Dengan adanya komunikasi dengan menggunakan teknologi digital, orang-orang dapat dengan mudah untuk terhubung dengan banyak orang terlepas dimanapun mereka berada. Hal ini kemudian mendorong kegiatan ekonomi yang sebelumnya mungkin tidak pernah terjadi, bisa saja terjadi. Misalnya orang di Singapura bida membeli produk yang dibuat dan dijual oleh pengrajin kayu yang tinggal di pelosok desa negara Indonesia.

Keefektifan yang dibawa oleh teknologi digital juga membuat proses ekonomi berjalan dengan lebih cepat.

Bina-Qurani-Kelebihan-dan-Kekurangan-Teknologi-Digital

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital, Source: Photo by Freepik

Kekurangan Teknologi Digital

Selain memiliki kelebihan yang cukup nyata, teknologi digital juga memiliki kekurangan di berbagai lini. Di antara kekurangan dari teknologi digital yaitu:

1. Proses Digitalisasi yang Rumit

Digitalisasi merupakan tujuan utama dari adopsi teknologi komunikasi digital. Proses digitalisasi merupakan proses yang panjang dan mungkin tidak akan pernah berhenti. Dalam prosesnya, bisa saja ada kemungkinan terjadinya kesahalan yang menyebabkan teknologi tidak menyampaikan atau menampilkan data yang menunjukkan keadaan yang sebenarnya.

2. Sistem yang Rumit

Kekurangan berikutnya yaitu sistem teknologi digital yang terkadang rumit. Sebagaimana diketahui bersama bahwa teknologi digital jauh lebih kompleks dibandingkan dengan teknologi analog. Hal ini membuat teknologi komunikasi digital jauh lebih rentan pada kesalahan atau serangan.

3. Penyebaran Belum Merata

Pengadopsian teknologi digital yang tidak merata dapat berdampak negative secara umum. Apalagi jika hal ini dibarengi dengan ketidakpahaman orang-orang tentang cara dan etika dalam menggunakan teknologi digital itu sendiri.

Demikianlah beberapa kelebihan den kekurangan dari teknologi digital.

Thumbnail Source: Photo by Freepik

Artikel Terkait:
Adab dalam Memanfaatkan Teknologi

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login