Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Keunggulan Aplikasi Mobile untuk Bisnis

Bina-Qurani-Keunggulan-Aplikasi-Mobile-untuk-Bisnis
Keunggulan Aplikasi Mobile untuk Bisnis

Tren otomatisasi di era industri 4.0 semakin banyak digunakan dalam setiap aspek operasional binsis. Salah satu inovasi dalam era industri 4.0 adalah munculnya aplikasi mobile atau mobile apps. Aplikasi mobile atau sering juga disebut sebagai mobile apps adalah perangkat lunak yang dikembangkan menggunakan program komputerisasi, dan disematkan pada perangkat mobile seperti smartphone, smartwatch, tablet, ipod, dll.

Ada dua jenis aplikasi mobile yang disediakan pada setiap perangkat, yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi tambahan. Aplikasi bawaan merupakan aplikasi mobile yang sudah tersedia pada setiap perangkat mobile ketika proses manufaktur. Sedangkan aplikasi tambahan adalah aplilkasi mobile yang dikembangkan oleh pihak ketiga dan dapat didownload oleh pengguna melalui playstore atau Appstore yang telah disediakan pada setiap perangkat.

Penggunaan aplikasi mobile untuk pengembangan bisnis, telah banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan. Mulai dari perusahaan-perusahaan perintis atau start up hingga perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki banyak cabang.

Bina-Qurani-Keunggulan-Aplikasi-Mobile-untuk-Bisnis

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Keunggulan Aplikasi Mobile untuk Bisnis, Source: Photo by Pixabay from Pexels

Lima Keunggulan Aplikasi Mobile untuk Bisnis

Aplikasi mobile telah banyak membantu meningkatkan bisnis seseorang melalui keunggulan dan fitur-fitur layanan yang ditawarkan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan aplikasi mobile untuk bisnis berdasarkan fitur yang diberikan, agar bisnis semakin berkembang:

1. Proses Transaksi Cepat

Dalam sebuah aplikasi mobile, biasanya terdapat fitur pemesanan dan pembayaran secara otomatis. Hal tersebut tentu akan memberikan kemudahan pada pelanggan agar dalam proses melakukan pemesanan, pelanggan tidak perlu melalui kasir. Selain itu, proses pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan uang elektronik.

Inilah salah satu keunggulan aplikasi mobile untuk bisnis, yaitu dapat mempercepat dan mempermudah proses transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli.

2. Meningkatkan Kredibilitas dan Loyalitas Pelanggan

Keunggulan aplikasi mobile untuk bisnis berikutnya adalah dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dan loyalitas pelanggan.

Aplikasi mobile dalam sebuah bisnis akan membuat bisnis yang dijalankan oleh seseorang terkesan lebih professional dan up to date seiring dengan perkembangan teknologi. Kesan ini kemudian menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada bisnis yang dijalankan seseorang.

Selain meningkatkan kredibilitas, penggunaan aplikasi mobile juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan reward atau hadiah kepada pelanggan yang telah melakukan pembelian. Dengan demikian pelanggan akan tertarik untuk melakukan pemesanan ulang atau repeat order atas reward yang telah diberikan kepada mereka.

Bina-Qurani-Keunggulan-Aplikasi-Mobile-untuk-Bisnis

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Keunggulan Aplikasi Mobile untuk Bisnis, Source: Photo by Cottonbro from Pexels

3. Menciptakan Saluran Pemasaran Langsung

Keunggulan lain dari aplikasi mobile untuk bisnis adalah dapat menciptakan saluran pemasaran secara langsung. Dengan menggunakan aplikasi mobile, seorang pebisnis dapat memaksimalkan berbagai macam fitur yang ada untuk memasarkan produk atau jasa dari bisnis yang dijalani.

Salah satu fitur yang dapat digunaan untuk melakukan pemasaran langsung adalah dengan push notification. Dengan fitur ini, seorang pebisnis telah melakukan langkah pemasaran kepada target pasar bisnisnya.

4. Membantu Monitoring Bisnis

Keunggulan aplikasi mobile untuk binsis yang selanjutnya adalah dapat membantu melakukan monitoring bisnis yang dijalankan oleh seseorang.

Aplikasi mobile membantu seorang pebisnis untuk melakukan pencatatan, baik dari hasil penjualan maupun stok produk atau bahan baku yang tersedia. Hasil pencatatan yang dilakukan oleh sistem pada suatu aplikasi mobile lebih akurat dan dapat membantu meminimalisir kesalahan.

5. Memudahkan Analisis Hasil Penjualan

Analisa hasil penjualan adalah hal yang penting bagi keberlangsungan bisnis. Proses analisa yang baik dan maksimal akan memudahkan dalam memutuskan strategi bisnis yang akan diambil. Strategi bisnis yang diambil tentu akan berpengaruh terhadap hasil penjualan di masa depan.

Untuk melakukan analisis hasil penjualan, maka seorang pebisnis membutuhkan data yang akurat dari hasil penjualan yang telah dilakukan.

Demikianlah lima keunggulan aplikasi mobile untuk bisnis. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, aplikasi mobile dapat digunakan sebagai sarana salam meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Thumbnail Source: Photo by Photomix Company from Pexels

Artikel Terkait:
Aplikasi Karya Anak Bangsa

TAGS
#Belajar Website Pemula #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login