Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Keunggulan Rekening Digital

Bina-Qurani-Keunggulan-Rekening-Digital
Keunggulan Rekening Digital

Pesatnya laju perkembangan di bidang teknologi informasi telah memberikan banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Semakin hari, kemudahan demi kemudahan semakin terasa di berbagai sektor riil, akibat adanya perkembangan teknologi yang seakan tidak ada hentinya. Salah satu kemudahan yang dirasakan oleh manusia yaitu kemudahan dalam sistem pengelolaan keuangan.

Layanan teknologi yang semakin tinggi, telah menggeser kebiasaan masyarakat konvensional menjadi serba digital. Jika dahulu orang-orang lebih butuh uang tunai untuk melakukan segala maca transaksi. Sekarang, kebiasaan yang justru berkembang adalah trend cahsless atau transaksi non tunai. Trend cashless ini telah menawarkan banyak kemudahan, kenyamanan, dan kepraktisan bagi penggunanya.

Sehingga tidak heran apabila penggunaan rekening digital di Indonesia mengalami peningkatan setiap waktunya. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Finder.

Bina-Qurani-Keunggulan-Rekening-Digital

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Keunggulan Rekening Digital, Source: Photo by Shutterstock

Finder menyebutkan bahwa, orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening digital akan semakin meningkat. Pada tahun 2021 penggunaan rekening digital oleh orang dewasa di Indonesia mencapai angka sebesar 25% atau setara dengan 47.722.913 orang di tahun tersebut.

Sedangkan pada tahun 2022, penggunaan rekening digital di Indonesia diperkirakan akan mencapai angka 31% atua setara 59.969.877 orang. Angka pengguna rekening digital di Indonesia pun dipresiksi akan mengalami peningkatan hingga tahun 2026.

Meningkatnya penggunaan rekening digital di Indonesia terjadi bukan tanpa alasan. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor yang mendukungnya. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah keunggulan serta manfaat yang diberikan oleh rekening digital kepada penggunanya.

Apa saja keunggulan dari penggunaan rekening digital ini? Simak uraian tentang keunggulan rekening digital berikut!

Bina-Qurani-Keunggulan-Rekening-Digital

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Keunggulan Rekening Digital, Source: Photo by Freepik

Keunggulan Rekening Digital Dibandingkan Rekening Konvensional

Layanan rekening digital merupakan fasilitas yang diberikan oleh pihak pengeloa keuangan untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan berbagai keperluan transaksi. Ada banyak manfaat dan keunggulan dari layanan rekening digital ini.

Di antara keunggulan dari layanan rekening digital yaitu:

1. Praktis dan Mudah

Hadirnya layanan rekening digital telah mengubah banyak hal dalam urusan perbankan. Transaksi keuangan yang sebelumnya harus membutuhkan otoritas dari petugas bank, kini sudah tidak lagi menjadi keharusan. Layanan keuangan rekening digital kini dapat dilakkan sepanjang hari mulai dari transfer hingga melakukan berbagai pembayaran belanja. Semua transaksi menggunakan rekening digital dapat dilakukan dengan cepat, kapanpun dan dimanapun.

Dengan memiliki rekening digital, nasabah tidak perlu lagi repot-repot mengantri ke ATM untuk sekedar mentransfer uang atau melakukan tarik tunai yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Sekarang. Cukup dengan menggunakan rekening digital, semua transaksi keuangan dapat dilakukan dari genggaman melalui aplikasi yang telah diinstall di dalam smartphone.

Bina-Qurani-Keunggulan-Rekening-Digital

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Keunggulan Rekening Digital, Source: Photo by Freepik

2. Biaya Administrasi Bersaing

Keunggulan lain dari layanan rekening digital disamping kepraktisan dan kemudahan adalah nasabah mendapatkan keringanan berupa biaya bulanan yang lebih rendah. Bahkan tidak sedikit yang menawarkan bebas biaya administrasi untuk setiap nasabah rekening digital.

Selain administrasi bulanan yang bersaing, biaya admin transfer antar bank juga cukup bersaing jika dibandingkan dengan layanan bank konvensional yang dikenakan tarif sebesar Rp. 6.500,-.

Pemangkasan biaya administrasi baik bulanan maupun transfer antar bank ini merupakan dampak dari tidak adanya beban operasional kantor dan pemeliharaan gedung yang biasanya menjadi beban manajemen bank. Keunggulan inilah yang tentunya menjadi faktor pendorong masyarakat untuk menggunakan rekening digital.

3. Transaksi Real Time

Layanan rekening digital juga menawarkan keunggulan berupa transaksi real time atau seketika. Yaitu melakukan transaksi dengan cepat dan tepat waktu.

Adanya proses ini tentu membuat nasabah tidak lagi membutuhkan banyak uang tunai yang tersimpan di dalam dompet. Namun, nasabah juga dapat memantau dan mengontrol transkasi yang terjadi di rekeningnya secara real time.

Demikianlah tiga keunggulan dari layanan rekening digital. Keunggulan-keunggulan di atas merupakan faktor pendorong meningkatnya penggunaan rekening digital di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.

Thumbnail Source: Photo by Google Asset

Artikel Terkait:
Platform Pembayaran Online Paypal

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login