Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Keuntungan Memilih Islamic School

Sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan cara berpikir dan prilaku seorang anak. Karenanya orang tua harus berhati-hati dalam memilih sekolah. Kesalahan memilih sekolah akan berdampak pada masa depan anak dan juga berpengaruh terhadap bakti anak kepada orang tuanya. Kahadiran islamic school menjadi pilihan yang bagus bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sana. Banyak sekali keuntungan memilih islamic school, 5 di antaranya yang wajib Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Investasi akhirat

Islamic school mendidik para peserta didik menjadi anak yang saleh. Manfaat pembinaan di islamic school pada hakikatnya akan kembali kepada orang tuanya. Karena ketika orang tua memilihkan islamic school tempat anaknya sekolah maka dia menjadi perantara kesalehan sang anak. Karenanya setiap amal saleh yang dikerjakan sang anak pahalanya juga mengalir kepada kedua orang tua. Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim).

Aset terbaik yang dimiliki orang tua yang keuntungannya terus mengalir deras tiada henti sekalipun ia telah meninggal dunia adalah anak yang saleh. Doanya akan bermanfaat saat orang tua telah meninggal dunia. Ini merupakan keuntungan terbesar ketika orang tua mendidik anak menjadi anak yang saleh. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, “Jika manusia meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

  1. Pembinaan akhlakul karimah (akhlak mulia)

Ciri khas islamic school adalah pembinaan akhlak mulia. Peserta didik yang sekolah di islamic school setiap hari dibina dengan prilaku-prilaku yang terpuji. Kehadiran islamic school ini sangat bermanfaat dalam menanggulangi kenakalan remaja yang semakin hari semakin menakutkan orang tua. Mulai dari tawuran, pergaulan bebas, hingga minuman keras dan obat-obatan terlarang. Budaya, kurikulum, guru, teman, dan lingkungan di islamic school mendukung terbentuknya akhlak mulia peserta didik.

  1. Pelajaran ilmu agama yang lebih mendalam dan intensif

Tidak dapat dibantah bahwa pelajaran ilmu agama di islamic school lebih mendalam dan lebih intensif dibandingkan sekolah-sekolah umum. Sehingga pemahaman dan pengamalan peserta didik terhadap ajaran agamanya secara umum lebih baik sekalipun memang tidak menjamin. Tetapi paling tidak porsi materi dan pengawalan guru terhadap pendalaman dan pengamalan ilmu agama lebih ketat dan intensif.

  1. Lingkungan dan pergaulan

Lingkungan dan pergaulan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap peserta didik. Interaksi seorang pendidik dan peserta didik hanya beberapa jam saja dalam sehari. Selebihnya dia bergaul dengan teman-teman dan lingkungannya. Maka pilihan islamic school adalah untuk menjaga lingkungan dan pergaulan peserta didik. Paling tidak, secara umum orang-orang yang berada di lingkungan islamic school adalah orang-orang yang sedang berusaha menjadi orang yang baik nan saleh.

  1. Budaya Islami

Pembentukan akhlak mulia terkadang tidak cukup hanya dengan penyampaikan materi pelajaran atau nasihat-nasihat saja. Tetapi dibutuhkan pembiasaan terhadap peserta didik untuk mengamalkan nilai-nilai islami dan akhlak mulia. Di sinilah perbedaan islamic school dengan yang tidak berbasis islamic school, di mana peserta didik dibina untuk membudayakan nilai-nilai islami dan akhlak mulia. Ketika peserta didik sudah terbiasa dengan nilai-nilai islami dan akhlak mulia maka itu adalah bekal utama dalam menghadapi kehidupan yang penuh dengan godaan dan tantangan.

TAGS
#Keuntungan #Islamic Boarding School #Islamic School
Login