Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Keutamaan Belajar Bahasa Arab

Belajar bahasa Arab adalah salah satu materi pembelajaran utama di pesantren dan islamic boarding school. Bahkan diantara barometer baiknya kualitas islamic boarding school adalah fasihnya alumni berbicara dengan bahasa Arab dan bisa membaca kitab Arab gundul.

Perlu difahami bahwa belajar bahasa Arab bukan semata tugas anak pesantren atau siswa islamic boarding school akan tetapi seluruh kaum muslimin perlu untuk mempelajari bahasa Arab. Ini tidak lain karena bahasa Arab memiliki keutamaan khusus dibandingkan bahasa dunia lainnya. Apa saja keutamaan tersebut?

Pertama, mempelajarinya akan mendapat pahala dan kebaikan yang banyak. Hal ini tidak lain karena bahasa arab adalah bagian dari agama Islam. Alquran diturunkan dengan bahasa Arab, Hadis ditulis dengan bahasa Arab, dan kitab ulama Islam yang merupakan mata air keilmuan banyak yang berbahasa arab. Firman Allah Subaānahu Wa Ta’ālā dalam surah Asy Syu’ara[26]: 195,

بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ

Syekh Abdurrahman As Sa’di Raḥimahullāh berkata: “Bahasa Arab adalah bahasa paling mulia, bahasa yang jelas dan gamblang. Renungkanlah ketika Allah turunkan Alquran melalui malaikat mulia, di tempat yang mulia (Gua Tsur Mekah), kepada Nabi yang mulia, di bulan dan malam yang mulia, serta dengan bahasa yang mulia yaitu bahasa Arab (Tafsir As Sa’di, 2003).

Dalam kitab al Shahibi fi Fiqh al Lughah, Abu al Husein Ahmad Bin Faris (395 H) berkata: “Dalam ayat diatas Allah mengkhususkan pujian untuk bahasa Arab yang sangat jelas sebagai pertanda bahwa bahasa Arab mengungguli bahasa-bahasa lainnya.”

Umar Bin Khattab Raḍiallāhu ‘anhu berkata: “Pelajarilah bahasa Arab karena ia adalah bagian dari agama kalian.” Imam al Mawardi Raḥimahullāh dalam Irsyad al Fuhul (1999) berkata:

ومعرفة لسان العرب فرضٌ على كلِّ مسلمٍ من مجتهد وغيره

“Dan mengetahui bahasa Arab adalah kewajiban setiap muslim baik bagi seorang mujtahid atau selainnya.”

Kedua, mendalami bahasa Arab bagi siswa islamic boarding school dan umat secara umum adalah bagian dari menghidupkan syiar Islam. Menghidupkan syiar Islam tanda ketakwaan hati seperti yang Allah firmankan dalam surah al Hajj[22]: 32. Bahkan Imam Ahmad Bin Abdul Halim dalam kitabnya Iqtidha al Sirat al Mustaqim (1999) berkata: “Sesungguhnya bahasa Arab adalah syiar Islam dan umatnya dan bahasa adalah syiar terbesar umat Islam yang dengannya kaum muslimin menjadi istimewa.”

Ketiga, mempelajari bahasa arab adalah diantara cara untuk meraih surga Allah. Hal ini tidak lain karena banyak sekali ibadah-ibadah yang mengharuskan kita menggunakan bahasa Arab. Mulai dari syahadat, salat, umrah, haji, berdoa, berzikir dan ibadah lain yang tentunya tidak akan diterima kecuali dengan berbahasa Arab (www.alukah.net, 2010).

Untuk itulah siswa islamic boarding school dan kaum muslimin harus lebih serius dan sungguh-sungguh mempelajari bahasa Arab. Agar kita memahami bacaan salat, zikir, alquran yang menjadi sebab hidayah dan istikamah.

TAGS
#Bahasa Arab #Kursus Bahasa #Lughah Arabiyyah #Islamic Boarding School
Login