Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Keutamaan Salat Isya dan Subuh Berjamaah

Salat adalah ibadah yang sangat agung. Keagungan ibadah salat ini ditunjukkan dengan banyaknya ayat dalam Alquran dan Hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang menjelaskan tentang keutamaannya, ancamannya, tata caranya dan lain sebagainya. Lebih dari pada itu, Ibadah salat merupakan satu-satunya ibadah yang langsung Allah perintahkan kepada di Sidratul Muntaha.

Di antara salat lima waktu yang telah diwajibkan, salat Isya dan Subuh menjadi dua salat yang ditekankan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam agar setiap muslim mengerjakannya secara berjamaah. Hal ini sebagaimana dalam sebuah Hadis dari jalur Abu Hurairah radiallāhu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا في العَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوَاً

“Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada Salat Isya dan Subuh, pasti mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari & Muslim)

Dalam Hadis tersebut, secara tegas Nabi shallallahu alaihi wasallam memotivasi setiap muslim agar konsisten dan komitmen dalam melaksanakan salat Isya dan Subuh berjamaah, walaupun dengan cara merangkak.


Download Poster Dakwah

TAGS
#Poster Dakwah
Login