Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Keutamaan Shalat Berjamaah

Bina-Qurani-Keutamaan-Shalat-Berjamaah
Keutamaan Shalat Berjamaah

Shalat lima waktu adalah kewajiban yang paling utama bagi setiap muslim dan muslimah. Selain merupakan salah satu rukun Islam setelah dua kalimat syahadat, shalat wajib (lima waktu) juga merupakan sebuah pembeda antara seorang muslim dan kafir.

Shalat merupakan amal ibadah yang menjadi pondasi atau ibarat tiang bagi bangunan Islam. Apabila pondasi sebuah bangunan tidak kokoh, maka kehancuran bangunan tersebtu tinggal menunggu waktu saja.

Bagi kaum muslimin khususnya laki-laki, hendaknya mengerjakan shalat lima waktu secara berjamaah di masjid. Selain merupakan amal ibadah yang mulia, shalat berjamaah di masjid juga memiliki banyak keutamaan. Di antara keutamaan tersebut disebutkan di dalam hadits Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya:

Dari Abdullah bin Umar Raḍiallāhu ‘Anhumā, bahwasannya Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari Muslim)

Di dalam hadits di atas terdapat penjelasan tentang keutamaan shalat berjamaah. Bahwa siapa saja yang melaksanakan shalat berjamaah akan mendapatkan keutamaan dua puluh tujuh derajat dibandingkan shalat sendirian.

Bina-Qurani-Keutamaan-Shalat-Berjamaah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Keutamaan Shalat Berjamaah, Source: Photo by Vjaprata Pexels

Di dalam hadits yang lain disebutkan bahwa:

أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةُ الرَّجُلِ فِي الْجَمَاعَةِ تُضَعَّفُ عَلَى صَلَاتِهِ فِي بَيْتِهِ وَفِي سُوقِهِ خَمْسًا وَعِشْرِينَ ضِعْفًا وَذَلِكَ أَنَّهُ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُخْرِجُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلَّا رُفِعَتْ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ فَإِذَا صَلَّى لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَيْهِ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ وَلَا يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاةٍ مَا انْتَظَرَ الصَّلَاةَ

Artinya:

Dari Abu Hurairah Raḍiallāhu ‘Anhu dia berkata, Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Shalat seseorang bersama jamaah dilipathandakan pahalanya atas shalatnya di rumahnya dan dipasarnya sebanyak dua puluh lima kali lipat. Yang demikian itu, apabila dia berwdhu, lalu dia memperbaiki wudhunya, lalu dia keluar ke masjid dan tidak ada yang membuatnya keluar kecuali shalat maka tidaklah dia melangkah satu langkah melainkan akan diangkatkan baginya satu derajat dan akan dihapuskan darinya satu dosa kesalahan. Dan apabila dia melaksanakan shalat, maka malaikat akan terus bershalawat mendoakan atas dirinya selama dia masih berada di tempat shalatnya, ‘Ya Allah, berikanlah shalawat atas dirinya. Ya Allah, berikanlah dia ampunan. Ya Allah, rahmatilah dia.’ Dia juga tetap berada di dalam selama dia masing menunggu shalat.” (HR. Bukhari Muslim)

Sabda Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, “Yang demikian itu, apabila dia berwudhu, lalu dia memperbaiki wudhunya …” Adalah penjelasan tentang hikmah keutamaan shalat berjamaah, yaitu dapat mendatangkang keutamaan dan kemaslahatan.

Di dalam hadits tersebut juga terdapat penjelasan tentang keutamaan yang agung, bahwa setiap langkah yang diayunkan untuk berangkat shalat berjamaah akan diangkat satu derajat dan dihapuskan satu kesalahan atau dosa.

Bina-Qurani-Keutamaan-Shalat-Berjamaah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Keutamaan Shalat Berjamaah, Source: Photo by Chattrapal Pexels

Hadits tersebut juga menjelaskan bahwa dia yang melaksanakan shalat berjamaah akan mendapatkan pahalanya, dan semisal pahala orang-orang yang shalat di belakangnya selama barisan-barisan shalat itu bersambung, berbeda jika dia melaksanakan shalat sendirian.

Disebutkan pula di dalam hadits di atas bahwa setiap kali jamaah shalat itu lebih banyak jumlahnya, maka itu lebih utama. Di dalam hadits tersebut juga terdapat penjelasan bahwa masjid yang letaknya lebih jauh itu lebih utama, dan lebih baik daripada masjid yang terdekat.

Di antara faidah-faidah shalat jamaah adalah bahwa para malaikat akan bershalawat kepada orang-prang yang melaksanakan shalat, dan itu merupakan dalil yang menunjukkan tentang kecintaan dan kasih saya mereka terhadap anak Adam (manusia).

Dua hadits di atas menjelaskan tentang keutamaan shalat berjamaah. Namun ada perselisihan pendapat tentang cara menggabungkan antara kedua hadits tersebut. Pendapat yang paling mendekati kebenaran adalah bahwa itu disesuaikan dengan perbedaan orang-orang yang shalat, atau perbedaan jamaah, atau bahwa pertama kali pahalanya adalah dua puluh lima derajat lalu ditambah keutamaannya sampai dua puluh tujuh.

Dikutip dari: Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di, Syarah Umdatul Ahkaam. Edisi terjemah: Alih Bahasa Suharlan, Lc., dan Suratman, Lc., Syarah Umatul Ahkam, (Jakarta: Darus Sunnah Press, 2017), 113-115.

Thumbnail Source: Photo by Rayn Pexels

Artikel Terkait:
Waktu Terlarang Shalat

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Cara Sholat Jenazah #Doa Selesai Sholat #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Memuliakan Orang Tua #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login