Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Keutamaan ‘Uthmān ibn ‘Affān

Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Keutamaan ‘Uthmān ibn ‘Affān

Keutamaan ‘Uthmān ibn ‘Affān

Keutamaan ‘Uthmān ibn ‘Affān r.a. dijelaskan dalam banyak hadis. Baik dalam kitab Hadis ṣahīhain maupun kitab sunan. Di antara keutamaan ‘Uthmān r.a. sebagaimana disebutkan dalam hadis-hadis adalah beliau termasuk 10 orang yang sudah dipastikan masuk Surga, para sahabat nabi sepakat bahwa ‘Uthmān r.a. adalah manusia terbaik setelah ’Abū Bakr r.a. dan ‘Umar r.a., beliau yang menginfakan Sumur Rūmah dan mempersiapkan perbekalan pasukan al-‘Usrah yang dijanjikan dengan Surga, telah disabdakan sebagai seorang yang shahīd, akan menjadi teman dekat Nabi S.A.W. di Surga, dan keutamaan-keutamaan lainnya sebagaimana sudah diketahui secara umum dan kitab-kitab hadis.[1] ‘Uthmān ibn ‘Affān r.a. juga dikenal sebagai pribadi yang sangat dermawan, amanah, dan pemalu. Rasulullah S.A.W. mengakui besarnya rasa malu ‘Uthmān r.a. dan bahkan para malaikat pun merasa malu kepadanya.[2] Berikut ini adalah beberapa hadis yang menunjukkan keutamaan ‘Uthmān ibn ‘Affān r.a.:

al-Bukhārī meriwayatkan hadis secara mu’alaq dalam kitab sahihnya:

وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ يَحْفِرْ بِئْرَ رُومَةَ فَلَهُ الْجَنَّةُ فَحَفَرَهَا عُثْمَانُ. وَقَالَ: مَنْ جَهَّزَ جَيْشَ الْعُسْرَةِ فَلَهُ الْجَنَّةُ فَجَهَّزَهُ عُثْمَان.[3]

Nabi S.A.W. bersabda, “Barangsiapa yang menggali sumur rumah baginya surga maka ‘Uthmān pun menggakinya.” Beliau S.A.W. juga bersabda, “Barangsiapa yang mempersiapkan kebutuhan pasukan al-‘Usroh baginya adalah Surga maka ‘Uthmān pun mempersiapkannya.”

Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Keutamaan ‘Uthmān ibn ‘Affān

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Keutamaan ‘Uthmān ibn ‘Affān, Source: Photo by Alexander Pexels

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ أَبِي عُثْمَانَ، عَنْ أَبِي مُوسَى، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ حَائِطًا وَأَمَرَنِي بِحِفْظِ بَابِ الْحَائِطِ فَجَاءَ رَجُلٌ يَسْتَأْذِنُ فَقَالَ ائْذَنْ لَهُ وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ فَإِذَا أَبُو بَكْرٍ ثُمَّ جَاءَ آخَرُ يَسْتَأْذِنُ فَقَالَ ائْذَنْ لَهُ وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ فَإِذَا عُمَرُ ثُمَّ جَاءَ آخَرُ يَسْتَأْذِنُ فَسَكَتَ هُنَيْهَةً ثُمَّ قَالَ ائْذَنْ لَهُ وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ عَلَى بَلْوَى سَتُصِيبُهُ فَإِذَا عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ.[4]

Telah bercerita kepada kami Sulaimān ibn Ḥarb, telah bercerita kepada kami Hammād dari ’Ayyūb, dari ’Abū ‘Uthmān, dari ’Abū Mūsa r.a. bahwasannya Nabi S.A.W. memasuki suatu kebun di Madinah dan memerintahkanku untuk menjaga pintu kebun, lalu salah seorang datang dan meminta untuk dibukakan pintu maka beliau S.A.W. bersabda, “Bukakanlah dan sampaikan kepadanya kebar gembira dengan surga.” Ternyata dia adalah ’Abū Bakr. Kemudian salah seorang yang lain datang dan meminta untuk dibukakan pintu maka beliau S.A.W. bersabda, “Bukakanlah dan sampaikan kepadanya kebar gembira dengan surga.” Ternyata dia adalah ‘Umar. Kemudian datang lagi seseorang dan meminta untuk dibukakan pintu, Nabi S.A.W. diam sejenak lalu bersabda, “Bukakanlah dan sampaikan kepadanya kebar gembira dengan surga atas suatu musibah yang menimpanya.” Ternyata dia adalah ‘Uthmān ibn ‘Affān. (HR. al-Bukhārī No. 3695)

Dua hadis di atas menunjukkan bahwa ‘Uthmān ibn ‘Affān r.a. sudah dipastikan masuk Surga dan ini merupakan keutamaan yang paling tertinggi.

==========

[1] Muhammad ibn Ismā’īl al-Bukhārī, Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, Taḥqīq ‘Aḥmad Zahwah dan ‘Aḥmad ‘Ināyah, (Beirūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 2007), No.3695-No.3700, Hal.749-750, Muslim ibn al-Hajjāj al-Naisābūrī, Ṣaḥīḥ Muslim, Taḥqīq Wa Takhrīj ‘Aḥmad Zahwah dan ‘Aḥmad ‘Ināyah, (Beirūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 2008), No.6209 – No.6216, Hal.1004-1006, dan ’Abū ‘Ῑsa Muhammad ibn ‘Ῑsa al-Tirmidhī, Jāmi’ at-Tirmīzī, (Riyāḍ: Dār al-Ṣalāḥ, 1999), No.3696-No.3710, Hal.841-845.

[2] Ibrahim al-Quraibi, Tarikh Khulafa; Sejarah Lengkap Kehidupan Empat Khalifah Setelah Wafatnya Rasulullah S.A.W., (Jakarta: Qistri Press, 2012), 590-591.

[3] Muhammad ibn Ismā’īl al-Bukhārī, Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, Taḥqīq ‘Aḥmad Zahwah dan ‘Aḥmad ‘Ināyah, (Beirūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 2007), 749.

[4] Muhammad ibn Ismā’īl al-Bukhārī, Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, Taḥqīq ‘Aḥmad Zahwah dan ‘Aḥmad ‘Ināyah, (Beirūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 2007), No. 3695, 749.

Dikutip dari: Dr. Ghifar, Lc., M.E.I., Konsep dan Implementasi Keuangan Negara pada Masa Al-Khulafa Al-Rashidun(Cirebon: Nusa Literasi Inspirasi, 2020), 109-111.

Thumbnail Source: Photo by Andrea Pexels

Artikel Terkait:
Al-Khulafā’ Al-Rāshidūn

TAGS
#‘Umar ibn al-Khaṭāb #‘Uthmān ibn ‘Affān #’Abū Bakr al-Ṣiddīq #Al-Khulafā’ Al-Rāshidūn #Khalifah Kedua #Khalifah Ketiga #Khalifah Pertama #khalifah #sahabat
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login