“Barangsiapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak.” Al-Baqarah (2): 269. (quran.kemenag.go.id, 2020). Terjemahan dari penggalan ayat 269 surat al-Baqarah tersebut mengajak kita mendalami lebih jauh lagi untuk memahami arti dari kata الحكمة tersebut. Di antara penyebutan kata الحكمة di dalam alquran sebagai contoh pada ke empat ayat ini. Pertama, dalam surat al-Baqarah […]
Sejarah berharga yang diabadikan dalam alquran sebagai kisah nyata manusia pertama, bapak seluruh manusia di muka bumi ini menggambarkan tentang pertanyaan para malaikat kepada Allah Ta‘ālā. Pertanyaan yang bukan untuk menentang kehendak Allah Ta‘ālā tentunya, karena sifat seluruh malaikat adalah tidak pernah bermaksiat terhadap perintah Allah Ta‘ālā dan senantiasa melaksanakan apa yang diperintahkan oleh-Nya. Allah […]
Pelayanan di sekolah-sekolah Islam saat ini semakin bersaing, baik sekolah Islam dengan model full day atau boarding school. Persaingan dalam layanan tersebut menjadikan biaya pendidikan di beberapa sekolah Islam cenderung terbilang tinggi. Sebagaimana dilansir dalam laman cnbcindonesia.com ketika menyebutkan berbagai data BPS yang mengungkapkan tentang tingginya nilai inflasi di dunia pendidikan, di mana beberapa di […]
Mengenal kaum quraisy melalui apa yang dikatakan oleh sejarah yang sampai kepada kita kaum muslimin di Indonesia khususnya, secara sekilas memang kita akan terbawa oleh terjemahan secara harfiah yang langsung menjurus kepada sebuah sebutan jahiliah. Kata jahiliah seolah memberikan gambaran kepada kita bahwa kaum tersebut memiliki peradaban yang terbelakang pada saat itu. Realitanya pada masa […]
Sekolah Islam Terpadu atau yang biasa disingkat dengan sekolah IT, merupakan brand yang hampir merata digunakan oleh sekolah-sekolah Islam swasta di Indonesia. Perpaduan kurikulum pendidikan nasional dengan kurikulum agama yang diramu sedemikian rupa oleh para penyelenggaranya menjadikan sekolah Islam Terpadu sebagai alternatif utama di antara sekolah swasta lainnya. Pada tahun 2017 Ketua dari Jaringan Sekolah […]
Masyarakat Indonesia tentu sangat akrab dengan tokoh yang satu ini. Presiden ke 3 yang memegang tampuk kepemimpinan negara sesaat setelah turunnya Pak Harto di detik-detik awal era reformasi. Pria yang akrab dengan panggilan Habibie ini, lahir di Parepare pada tanggal 25 Juni 1936. Nama Habibie yang melekat pada sang legenda teknologi ini merupakan marga asli […]
Memasuki tahun pelajaran baru merupakan detik-detik yang sangat krusial bagi para orang tua. Terkhusus bagi mereka yang sedang membidik lembaga pendidikan terbaik bagi putra-putrinya. Mekanisme pemilihan yang dilakukan pun beragam, mulai dari penentuan brand sekolah unggulan, favorit atau tidaknya, lingkungan dan kawan bagi sang anak di sekolah, sampai kepada mengejar zonasi untuk menjalankan sebuah regulasi. Urusan pendidikan […]
Siapa dari kita yang pernah mengira bahwa negara Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah masih menyisakan banyak pekerjaan rumah. Salah satu PR terbesar yang menjadi kebutuhan negara ini adalah pengadaan sarana prasarana pendidikan di daerah-daerah tertinggal. Daerah Sukamandang Provinsi Kalimantan Tengah tepatnya di Kabupaten Seruyan merupakan contoh daerah terpencil di mana anak-anak usia […]
Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dilakukan pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah yang bertepatan dengan wukuf jamaah haji di Arafah. Jadi jelas kenapa puasa ini disebut dengan puasa Arafah? Yaitu karena puasa sunah ini bertepatan dengan wukufnya jamaah haji di Arafah. Hukum puasa Arafah adalah sunah bahkan para ulama sepakat bahwa puasa Arafah adalah puasa […]
Adab dan tugas murid keenam yang dijelaskan oleh Imam al-Ghazali raḥimahullāh dalam kitabnya Ihya Ulumuddin (2005) adalah tidak mendalami seluruh cabang-cabang ilmu agama secara sekaligus, tetapi hendaknya memperhatikan tahapan belajar yang benar, yaitu dengan memulai ilmu yang paling terpenting di antara cabang-cabang keilmuan penting lainnya. Karena jika memang tidak cukup waktu untuk mempelajari semuanya, paling […]
Imam al-Ghazali raḥimahullāh menjelaskan adab-adab yang harus diperhatikan oleh murid atau para penuntut ilmu dalam kitabnya Ihya Ulumuddin (2005). Adab bagi penuntut ilmu ini dibahas oleh Imam al-Ghazali raḥimahullāh pada bab kelima jilid pertama dengan judul bab adab-adab penuntut ilmu dan pengajar. Pada artikel ini, akan dijelaskan 5 di antara 10 adab yang disampaikan oleh […]
Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia mengamanatkan pemerintah Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Konsekuensi amanat kemerdekaan ini adalah pemerintah wajib mengusahakan dan menyelenggerakan satu sistem pengajaran nasional. Dalam upaya penyelenggaraan sistem pengajaran ini pemerintah menetapkan tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang dituangkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Bab II pasal […]
Imam Syafii raḥimahullāh memberikan nasihat yang sangat berharga tentang adab-adab menuntut ilmu dalam kitabnya Dīwān al-Shāfi’i. Nasihat berharga beliau patut untuk direnungkan bagi para penuntut ilmu agar ilmu yang dipelajari menjadi ilmu yang bermanfaat dan barakah. Imam Syafii raḥimahullāh berkata: اصبر على مر الجفا من معلم … فإن رسوب العلم في نفراته ومن لم يذق […]
Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu amanah para pendiri bangsa (founding fathers) setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Pada alenia keempat pembukaan UUD 1945 disebutkan “Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban […]
Sistem pendidikan Pondok Pesantren telah ada sejak sebelum kemerdekaan Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dikatakan bahwa kegiatan pendidikan agama di Nusantara telah dimulai sejak tahun 1596. Dapat dikatakan bahwa Pondok Pesantren merupakan sistem pendidikan tertua di negara ini. Tidak sedikit juga para pahlawan dan pendiri bangsa pernah belajar di Pondok Pesantren seperti KH. […]
Mendidik anak merupakan tanggung jawab orang tua yang paling berat. Tanggung jawab ini jauh lebih berat dibandingkan kewajiban memberi nafkah harta. Kewajiban mendidik ini akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Karena memang anak adalah amanah dari Allah subhanahu Wa Ta’ala. Karenanya setiap orang tua hendaknya betul-betul serius dalam mendidik anak sebagai wujud ibadah kepada Allah […]
Anak merupakan amanah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat. Mengasuh, merawat, menafkahi, dan mendidik anak adalah kewajiban orang tua dalam mengemban amanah tersebut. Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Alquran surat al-Tahrim ayat 6 menegaskan kewajiban orang tua mendidik anaknya. Harta, tenaga, dan pikiran yang dikerahkan orang tua dalam rangka […]
Perkembangan dan kemajuan teknologi semakin hari semakin pesat. Kemajuan teknologi ini memang memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan bagi kehidupan manusia. Seperti untuk menyelesaikan pekerjaan, bisnis, menambah wawasan, mempermudah komunikasi, mempercepat akses informasi, dan sarana eksplorasi diri. Tetapi di sisi lain, teknologi juga dapat berdampak buruk jika tidak mampu memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar. […]
Salah satu unsur manajemen yang cukup signifikan adalah aktivasi atau penggiatan dari apa yang sudah direncanakan atau diprogramkan. Karena bagi George DR Terry unsur actuating atau aktivasi/penggiatan merupakan tindakan khas dari manajemen. (Manajemen Kurikulum Sekolah Islami, 2019). Artinya tidak dikatakan manajemen jika tidak ada aktivitas actuating atau penggiatan. Jika unsur actuating atau aktivasi/penggiatan ini dikaitkan […]
Salah satu istilah yang cukup populer di tengah masyarakat dan diyakini telah menjadi kebutuhan semua usia, profesi, dan kalangan adalah istilah pendidikan. Pendidikan dapat dimaknai sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik. (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan, 2020) Dalama istilah bahasa Arab, […]
Internalisasi adalah setiap usaha dan upaya memasukkan pengetahuan dan keterampilan melaksanakan itu ke dalam pribadi. Disebut internalisasi karena memasukkan daerah luar atau extern (artinya pengetahuan itu masih berada di otak atau di kepala dan ini masih wilayah eksternal) ke intern atau dalam jiwa sehingga menjadi identitas kesehariannya. (Filsafat Pendidikan Islami, 2016) Secara sepintas internalisasi dapat […]
Berbicara tentang Ibn Khaldūn maka tidak sedikit di antara kita yang mengenalnya sebagai bapak sosiologi dan antropologi dalam dunia Islam. Hal ini tidak lepas dari ide-idenya yang cukup futuristik di zamannya terkait dengan arsitektur dan infrastruktur serta tatanan kehidupan sosial masyarakat. Banyak sekali para sarjana muslim yang menyebutkan ketokohan Ibn Khaldūn dalam bidang sosiologi. Meskipun […]
Salah satu terminologi yang cukup populer selama Pandemi Covid-19 adalah Lockdown. Kata lockdown itu dapat diterjemahkan secara singkat dengan karantina wilayah. Secara panjang lebar dapat diartikan dengan penerapan karantina terhadap suatu daerah atau wilayah tertentu dalam rangka mencegah perpindahan orang, baik masuk maupun keluar wilayah tersebut, untuk tujuan tertentu yang mendesak. Kebijakan karantina wilayah ditetapkan […]
Indonesia adalah negara yang cukup heterogen penduduknya baik dari sisi agama, suku, ras, dan antar golongan (SARA). Dari sisi agama, mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam. Negara di Asia Tenggara ini disebut sebagai tanah dengan populasi Muslim tertinggi di seluruh dunia. Persentase Muslim Indonesia mencapai hingga 12,7 persen dari populasi dunia. Dari 205 juta penduduk […]
Belum pernah didengar ada suatu masa yang di situ pendidikan tidak dibicarakan. Ini berlaku di semua negara dan di semua waktu. Pendidikan merupakan masalah yang tidak pernah selesai (unfinished agenda). Pendidikan selalu terasa tidak pernah memuaskan. Pendidikan selalu dibicarakan. Pendidikan bahkan selalu menjadi bahan perdebatan. (Ilmu Pendidikan Islami, 2006) Berbicara tentang pendidikan, pasti akan berbenturan […]
Ketika kata sekolah Islam diangkat ke permukaan maka banyak sekali komentar-komentar masyarakat yang dialamatkan kepadanya. Mulai komentar-komentar yang ringan sampai yang berbobot yang ingin memberikan masukan, kritik, dan ide-ide yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kemajuan sekolah Islam tersebut. Banyaknya komentar dan respon variatif terhadap sekolah Islam dari masyarakat menunjukkan antusiasme mereka terhadap hal-hal yang […]
Seringkali di antara para akademisi dan praktisi pendidikan baik kapasitasnya sebagai mahasiswa maupun dosen, mengalami kebingungan akademik dan pergulatan batin yang tidak menentu terkait perbedaan antara filsafat dan ilmu pendidikan Islam. Bertahun-tahun mempelajari keduanya tetapi masih belum memahami perbedaan keduanya. Bahkan, setelah menjadi dosen pun masih belum juga memahaminya. Karena memang secara sekilas, tema-tema yang […]
Salah satu masalah terbesar dalam dunia pendidikan dewasa ini adalah krisis keteladanan. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa kasus kriminal dan asusila yang melibatkan oknum pendidik atau dosen yang secara tidak langsung mendiskreditkan nama baiknya dan merusak marwahnya sebagai figur yang diikuti oleh para peserta didik dan para mahasiswa. Ironisnya, di antara oknum pendidik atau dosen […]
Komponen pertama pendidikan yang cukup signifikan adalah tujuan pendidikan. Kontruksi tujuan pendidikan yang kuat dan istiqamah akan membuat komponen-komponen lainnya seperti kurikulum, proses, dan evaluasi dapat dengan mudah didesain dengan alur pemikiran yang menuju terwujudnya tujuan pendidikan tersebut. Secara eksplisit, Tafsir juga menegaskan bahwa tujuan pendidikan adalah hal pertama dan terpenting bila seseorang merancang, membuat […]