Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Kompetensi Guru

Bina-Qurani-Islamic-School-Kompetensi-Guru
Kompetensi Guru

Peran guru dalam dunia pendidikan memang begitu kompleks. Sosok seorang guru bukan sekedar memberikan pengajaran dalam bentuk transfer ilmu semata. Membimbing, mendidik, mengajar, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi peserta didik merupakan bagian utama tugas seorang guru yang baik.

Seorang guru tidak hanya menjadi rujukan utama peserta didik dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Lebih dari itu guru memiliki peranan penting dalam pembentukan perilaku peserta didik pada saat menjadi bagian dari masyarakat. Mengingat peran guru yang amat besar terutama dalam dunia pendidikan, oleh karenanya ia harus benar-benar memiliki kompetensi guru yang memadai.

Berkenaan dengan kompetensi guru, baiknya terlebih dahulu kita mengetahui tentang kompetensi itu sendiri. Kompetensi merupakan kemampuan seseorang dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas yang didasari keterampilan maupun pengetahuan dan didukung oleh sikap kerja yang telah ditetapkan sesuai bidangnya.

Pengertian kompetensi jika digabungkan dengan profesi guru mengandung arti kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara bertanggung jawab dan layak.

Kompetensi Guru Berdasarkan PP No. 19 Tahun 2005

Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang cakap sebagai agen pembelajaran. Berkenaan dengan ini pemerintah telah merumuskan empat jenis kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Hal ini sebagaimana tertera dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Bina-Qurani-Islamic-School-Kompetensi-Guru

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Kompetensi Guru, Source: Photo by Mentatdgt from Pexels

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang guru dalam mendidik dan membimbing serta keterampilan dalam mengembangkan kepribadian peserta didiknya. Kompetensi guru yang satu ini lebih menekankan kepada praktik terutama berkenaan dengan skill mengajar.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik yaitu meliputi:

  • Pemahaman wawasan mengenai landasan pendidikan.
  • Pemahaman terhadap peserta didik.
  • Pengembangan kurikulum atau silabus.
  • Perancangan pembelajaran.
  • Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik serta dialogis.
  • Pemanfaatan teknologi pembelajaran.
  • Evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Dengan adanya kompetensi pedagogik, diharapkan seorang guru dapat menjadi sosok pendidik yang cakap. Pendidik yang dapat mengajar, membimbing, mengarahkan, dan mampu memberikan perubahan yang baik kepada peserta didiknya.

2. Kompetensi Kepribadian

Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang baik. Diantaranya memiliki akhlak mulia, arif dan berwibawa serta menjadi teladan bagi peserta didiknya.

Dalam Standar Nasional Pendidikan disebutkan “yang dimaksud dengan kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia.

Dari uraian diatas dapat dipahami bahwa kompetensi kepribadian guru adalah kemampuan kepribadian yang dimiliki oleh guru dalam melaksanakan proses pendidikan agar tercipta akhlak yang terpuji bagi peserta didik. Proses tersebut dilakukan untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik yang ada. Dalam prosesnya guru hendaknya mengupayakan agar dirinya menjadi figur contoh yang baik sehingga peserta didik dapat menjadikannya suri tauladan.

Bina-Qurani-Islamic-School-Kompetensi-Guru

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Kompetensi Guru, Source: Photo by Alexandr Podvalny from Pexels

3. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional ini adalah kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki guru agar tugas-tugas keguruan dapat diselesaikan dengan baik dan benar. Keterampilan ini berkaitan dengan hal-hal yang teknis dan berkaitan langsung dengan kinerja guru. Indikator kompetensi profesional guru adalah:

  • Menguasai materi pelajaran yang diampu meliputi struktur pelajaran, konsep pelajaran dan pola pikir keilmuan materi tersebut.
  • Menguasai standar kompetensi, kompetensi dasar, dan tujuan pelajaran dari pelajaran yang diampu.
  • Mampu mengembangkan materi pelajaran dengan kreatif sehingga bisa memberi pengetahuan dengan lebih luas dan mendalam.
  • Mampu bertindak reflektif demi mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.
4. Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, tenaga pendidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Diantara hal-hal yang berkenaan dengan kompetensi sosial yakni kemampuan guru untuk bertindak obyektif, tidak diskriminatif dan mampu beradaptasi dengan keragaman sosial yang ada.

Demikian beberapa standar kompetensi guru yang hendaknya dimiliki oleh setiap pendidik atau agen pembelajaran. Dengan menguasai empat standar kompetensi yang ada, diharapkan hal ini akan membantu peserta didik dalam mendapatkan berbagai macam ilmu pelajaran, serta membentuk karakter yang baik bagi mereka.

Thumbnail Source: Photo by Max Fischer from Pexels

Artikel Terkait:
Lembaga Pendidikan Yang Terbaik

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login