Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komponen Teknologi Informasi

Komponen Teknologi Informasi

Teknologi informasi mengalami proses perkembangan yang sangat pesat seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Perkembangan dari teknologi informasi tersebut telah membawa banyak perubahan bagi manusia dalam berbagai bentuk kegiatan organisasi maupun proses bisnis.

Teknologi informasi telah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia untuk membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi dalam menjalankan berbagai aktivitas individu, organisasi, maupun bisnis.

Lalu apa itu teknologi informasi?

Bina-Qurani-Komponen-Teknologi-Informasi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Komponen Teknologi Informasi, Source: Photo by Designcologist Pexels

Pengertian Teknologi Informasi

Berbicara tentang apa itu teknologi informasi, kita dapat melihat beberapa pendapat dan pandangan dari para ahli. Dengan demikian, mudah bagi kita untuk menyimpulkan pengertian ataupun definisi dari teknologi informasi.

Berikut beberapa pengertian teknologi informasi menurut para ahli:

1. Pengertian Teknologi Informasi menurut Richardus

Menurut Richardus, teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang berkaitan dengan penggarapan data menjadi suatu informasi dan prosedur penyebaran informasi tercantum pada garis ruang dan waktu.

2. Pengertian Teknologi Informasi menurut Kadir dan Triwahyuni

Kadir dan Triwahyuni menjelaskan tentang apa itu teknologi informasi. Menurut mereka, teknologi informasi adalah pendalaman pemanfaatan perlengkapan elektronika, terutama komputer, untuk mengarsipkan, mempelajari, dan membagikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, angka, dan gambar.

3. Pengertian Teknologi Informasi menurut Mulyadi

Sedangkan pengertian teknologi informasi menurut Mulyadi, adalah suatu teknologi yang meliputi komputer baik itu hardware maupun software, berbagai peralatan elektronik kantor, perlengkapan pabrik, dan telekomunikasi.

Dari beberapa pandangan ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi merupakan suatu perpaduan dari teknologi komputerisasi dan komunikasi yang berwujud software dan hardware, dan digunakan untuk mengerjakan, menguraikan, mengarsipkan, dan menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan.

Bina-Qurani-Komponen-Teknologi-Informasi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Komponen Teknologi Informasi, Source: Photo by Kaboompics Pexels

Komponen-komponen Teknologi Informasi

Teknologi informasi akan berjalan jika di dalamnya terdapat komponen-komponen pendukungnya. Komponen-komponen teknologi informasi merupakan bagian dari keseluruhan atau unsur-unsur yang membentuk suatu sistem atau kesatuan teknologi informasi.

Teknologi informasi secara umum memiliki lima komponen utama. Lima komponen teknologi informasi tersebut di antaranya yaitu:

1. Software atau Perangkat Lunak

Komponen pertama sebagai unsur utama dalam teknologi informasi adalah software atau yang lebih dikenal dengan perangkat lunak. Software merupakan media yang menjadi jembatan antara operator dan hardware atau perangkat keras.

Software atau perangkat lunak bekerja dengan mengoptimalkan fungsi hardware lalu menerjemahkan ke dalam berbagai jenis instruksi yang diberikan melalui operator. Software atau perangkat lunak terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  • Software sistem – yaitu software yang berfungsi menjalankan aplikasi. Software sistem juga sering disebut dengan nama OS, OS inilah yang nantinya digunakan oleh operator atau user. Contohnya: Windows, Linux, Unix, macOS, dan lain sebagainya.
  • Software aplikasi – yaitu perangkat lunak berupa aplikasi yang terdapat di dalam sistem komputer. Aplikasi ini digunakan sesuai dengan fungsinya untuk memaksimalkan kerja komputer. Contohnya: Photoshop, Microsoft Office, Correl Draw, dan sejenisnya.
2. Hardware atau Perangkat Keras

Komponen teknologi informasi yang selanjutnya adalah hardware. Hardware atau perangkat keras merupakan perangkat fisik yang membangun sebuah teknologi informasi.

Contoh dari hardware pada sebuah teknologi informasi yaitu:

  • Monitor
  • Keyboard
  • Mouse
  • Printer
  • Harddisk
  • Memori
  • Microprosessor
  • CD-Rom
  • Kabel Jaringan
  • CPU
  • Dan semisalnya.
Bina-Qurani-Komponen-Teknologi-Informasi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Komponen Teknologi Informasi, Source: Photo by This is Engineering Pexels

3. Firmware

Fireware adalah media tempat penyimpanan yang permanen. Fungsi dari fireware sebagai bagian dari komponen teknologi informasi adalah sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data yang ada di sebuah komputer.

4. Infoware

Infoware juga menjadi salah satu komponen teknologi informasi yang juga mempunyai peran penting. Adanya infoware ini mampu memberikan informasi kepada pengguna berupa petunjuk atau sejenisnya.

Informasi yang diberikan oleh infoware ini sangat berguna untuk melakukan banyak aktifitas di berbagai bidang pekerjaan seperti perbankan, rumah sakit, pendidikan, pemerintahan, dan yang lainnya.

5. Brainware atau User

Brainware atau user atau operator juga menjadi komponen teknologi informasi yang cukup penting. Bagaimana mungkin sebuah alat atau sistem akan berjalan dan termanfaatkan apabila tidak ada user yang melatar belakangi pengoperasian perangkat tersebut.

Demikianlah beberapa ulasan tentang pengertian teknologi informasi beserta komponen-komponen pendukungnya. Sebagai seorang user yang turut merasakan manfaatnya, kita juga harus mengetahui tentang seluk beluk dari teknologi informasi ini.

Thumbnail Source: Photo by Krisp Cut Pexels

Artikel Terkait:
Modern Smart Technology: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login