Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komunikasi Efektif dalam Tim Kerja

Bina-Qurani-Komunikasi-Efektif-dalam-Tim-Kerja
Komunikasi Efektif dalam Tim Kerja

Dalam suatu tim kerja, komunikasi merupakan hal yang paling utama dalam menghubungkan pemimpin dengan anggota tim kerja. Komunikasi yang jelas dan terarah akan membantu anggota tim untuk mengetahui tujuan, target, prosedur, tugas, dan tanggung jawab masing-masing anggota.

Dengan komunikasi efektif yang jelas dan terarah, anggota tim juga akan memahami aturan yang harus ditaati, serta mengetahui resiko dan konsekuensi yang harus dihadapi dalam menjalankan tugas. Komunikasi efektif dalam tim kerja juga akan mendorong anggota tim untuk bekerja dengan lebih terarah dan terencana, sehingga lebih mudah dalam melakukan monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan tugas, serta meminimalisir masalah.

Seorang pemimpin memiliki peran yang sangat penting dalam terciptanya komunikasi efektif dalam tim kerja. Komunikasi efektif yang diinisiasi oleh pemimpin akan menciptakan tim kerja yang solid dan suasana kerja yang kondusif. Seorang pemimpin tim kerja dapat menjadi pendorong munculnya inisiatif, kreativitas, dan inovasi dari anggota tim agar kinerja menjadi semakin berkualitas.

Terciptanya komunikasi efekti ditandai dengan adanya pengertian antar anggota tim dan pemimpin, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan. Dalam kondisi demikian, anggota tim akan lebih bersemangat dalam bekerja, lebih produktif dan memberikan kontribusi yang terbaik bagi tim maupun organisasi kerja.

Bina-Qurani-Komunikasi-Efektif-dalam-Tim-Kerja

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Komunikasi Efektif dalam Tim Kerja, Source: Photo by Pavel D Pexels

Langkah-langkah Membangun Komunikasi Efektif dalam Tim Kerja

Menciptakan komunikasi efektif dalam tim kerja, dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

1. Menjelaskan Tujuan, Target, dan Prosedur Kerja Anggota Tim

Dalam sebuah tim kerja, seorang pemimpin harus memberikan mapping yang jelas kepada seluruh anggota timnya. Ke arah mana harus berjalan, kepan harus sampai di tujuan dan bagaimana teknis perjalann kerjanya.

Jelaskan pula resiko, hambatan, dan tantangan yang nantinya akan dihadapi oleh anggota tim. Tegaskan hal tersebut sebagai tanggung jawab bersama yang harus dituntaskan dalam segala kondisi.

2. Menjelaskan Tugas dan Tanggung Jawab Anggota Tim

Pembagian tugas yang jelas akan memudahkan anggota tim dalam bekerja. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pengerjaan tugas yang tumpeng tindih sehingga kinerja tim akan lebih efektif dan efisien baik dalam pengelolaan waktu, biaya, maupun tenaga. Selain itu, pembagian tugas yang jelas juga akan mendorong pengerjaam tugas diselesaikan dengan lebih cepat dan tepat, serta mengurangi resiku kesalahpahaman anggota tim satu dengan yang lainnya.

3. Menjelaskan Aturan yang Harus Ditaati

Seorang pemimpin harus menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anggota tim, serta konsekuensi dari setiap tindakan. Setiap aturan harus disepakati bersama, sebagai bentuk kedisiplinan dan tanggung jawab semua anggota tim.

Aturan ini harus dilaksanakan dengan penuh kejujuran, yang menunjukkan integritas dalam pelaksanaan tugas setiap anggota tim.

Bina-Qurani-Komunikasi-Efektif-dalam-Tim-Kerja

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Komunikasi Efektif dalam Tim Kerja, Source: Photo by Fauxels Pexels

4. Keterbukaan Informasi dalam Tim

Dalam perjalanan kerja suatu tim, tentunya akan muncul perubahan situasi dan berbagai isu yang kemungkinan dapat mempengaruhi kinerja tim tersebut. Pemimpin tim harus dapat mengantisipasi hal tersebut, memberikan keterangan dan penjelasan yang diperlukan.

Seorang pemimpin harus mampu menghentikan dan tidak membiarkan isu-isu negative yang berkembang, yang dapat mengganggu kinerja tim. Berikan informasi secara tepat dan proporsional kepada sleuruh anggota tim sesuai dengan keperluan. Tidah semua anggota tim harus mengetahui informasi A sampai Z, apalagi bila berkaitan dengan rahasia jabatan dan organisasi.

5. Penyelesaian Konflik dengan Adil dan Bijaksana

Apabila suatu tim dalam keadaan under pressure, tim kerja akan sangat rawan terhadap terjadinya konflik. Kejenuhan dan kelelahan dalam tugas juga akan menjadi pendorong kemungkinan terjadinya pertentangan antar anggota tim yang satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mampu mengatasi dan menyelesaikan masalah yang terjadi dengan penuh kebijaksanaan dan adil, sebelum terjadinya perpecahan. Lakukan prinsip win win solution dalam menyelesaikan masalah, sehingga meraih kemenangan tanpa memakan banyak korban.

Itulah lima langkah yang dapat dilakukan untuk membangun dan menciptakan komunikasi efektif dalam tim kerja.

Thumbnail Source: Photo by Fauxels Pexels

Artikel Terkait:
People Management

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login