Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Konsep Pemasaran Digital

Bina-Qurani-Konsep-Pemasaran-Digital
Konsep Pemasaran Digital

Konsep pemasaran digital telah mengalami perkembangan yang begitu pesat sejak penggunaan internet semakin tinggi. Tingkat penggunaan internet ini dipicu dengan kehadiran smartphone yang memberikan berbagai kemudahan bagi penggunaanya.

Namun, konsep pemasaran digital ini tidak banyak disadari oleh pelaku bisnis kecil menengah atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Oleh karena itu, perlu sekiranya bagi kita untuk mengatahui dan mengerti tentang konsep pemasaran digital. Mulai dari pengertian dari pemasaran digital tersebut, maupun strategi hingga jenis-jenis dari pemasaran digital.

Berikut kami tuliskan beberapa poin terkait konsep pemasaran digital!

Bina-Qurani-Konsep-Pemasaran-Digital

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Konsep Pemasaran Digital, Source: Photo by Kaboompics Pexels

Pengertian Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau yang dikenal dengan digital marketing adalah sebuah istilah untuk suatu strategi pemasaran yang dilakukan secara tertarget, terukur, dan interaktif dengan menggunakan teknologi digital. Konsep pemasaran digital ini bertujuan untuk mempromosikan brand atau merek, membentuk preferensi, dan meningkatkan traffic penjualan melalui beberapa teknik pemasaran digital. Pemasaran digital juga sering disebut dengan istilah pemasaran online atau pemasaran melalui internet.

Pemasaran digital sebenarnya mirip dengan strategi pemasaran pada umumnya. Namun, yang membedakan strategi pemasaran digital dengan strategi pemasaran yang lainnya adalah tools atau perangkat-perangkat yang digunakan.

Pemasaran digital biasanya mengacu pada upaya atau asset pemasaran online. Misalnya pemasaran melalui email, PPC, sosial media, blog, maupun aplikasi-aplikasi tertentu yang memungkinkan untuk diterapkannya strategi pemasaran digital.

Komponen Pembentuk Strategi Pemasaran Digital

Seorang pelaku bisnis di era digital seperti sekarang, tentu sangat memerlukan adanya strategi pemasaran secara digital. Dengan strategi pemasaran digital, seorang pelaku bisnis akan terbantu dalam proses pemasaran, analisa konsumen, dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh dari konsumen secara langsung.

Sehingga, seorang pelaku bisnis dapat memastikan secara langsung apakah strategi yang diterapkan tersebut sudah relevan atau belum dengan bisnis yang dijalankannya. Untuk menerapkan strategi pemasaran digital, juga dibutuhkan adanya beberapa komponen pembentuk strategi pemasaran ini. Adapun komponen-komponen pembentuk dari strategi pemasaran digital tersebut, antara lain sebagai berikut.

Bina-Qurani-Konsep-Pemasaran-Digital

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Konsep Pemasaran Digital, Source: Photo by Darlene Pexels

Komponen-komponen Pembentuk Strategi Pemasaran Digital

1. Knowing Your Business

Sebagai pelaku bisnis, seseorang wajib mengetahui tentang core competence dari bisnis yang dijalankannya. Apakah bisnis tersebut cocok untuk diadopsi ke dalam pemasaran digital? Apakah produk yang dilaunching cocok dipromosikan menggunakan media online? Apakah bisnis tersebut memiliki kemampuan, ketrampilan, dan teknologi yang tepat untuk melakukan pemasaran digital?

Maka pelaku bisnislah yang harus benar-benar mengetahui terkait bisnis yang sedang dijalankan tersebut.

2. Knowing The Competition

Selain mengetahui tentang core competence dari bisnis yang dijalankan, pelaku bisnis juga harus mengetahui siapa pesaing utama dari bisnis tersebut. Apakah pesaing sama-sama menerapkan pemasaran digital? Apakah mereka menggunakan strategi yang benar?

Persaingan bisnis di dunia digital itu sangat luas, dapat berasal dari mana saja. Sebab, teknologi digital memungkinkan suatu perusahaan dapat menjangakau wilayah pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu meningkatakan riset tentang analisa pesaingnya, dan menjalankan strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran.

Bina-Qurani-Konsep-Pemasaran-Digital

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Konsep Pemasaran Digital, Source: Photo by Lukas Pexels

3. Knowing Your Customers

Komponen pembentuk strategi pemasaran digital yang ketiga adalah mengenali pelanggan dari bisnis atau usaha yang Anda jalankan. Mulai dari minat, ketertatikan, kebiasaan, hingga demografi pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi digital, interaksi dengan pelanggan maupun calon pelanggan menjadi sangat mudah. Sehingga mengenali kebiasaan dan minat mereka juga semakin mudah.

4. Knowing What You Want to Achive

Sebagai pelaku bisnis, Anda wajib mengetahui tentang apa yang ingin dicapai oleh perusahaan bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda tidak mengetahui kea rah mana perusahaan pergi, maka bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut akan sulit untuk berkembang.

5. Knowing How You’re Doing

Mengetahui bagaimana Anda bekerja untuk bisnis Anda juga termasuk ke dalam suatu komponen pembentuk strategi pemasaran digital. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mampu mengukur, mengubah, dan memperbaiki setiap langkah yang akan dikerjakan, apabila langkah tersebut belum sesuai dengan tujuan pencapaian bisnis perusahaan Anda.

Itulah lima komponen pembentuk strategi pemasaran digital yang semestinya dimiliki dan dikuasai oleh setiap pelaku bisnis.

Thumbnail Source: Photo by Dominika Pexels

Artikel Terkait:
Sertifikasi yang Dibutuhkan di Era Digital

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login