Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Konsep Pendidikan Boarding School

Bina-Qurani-Islamic-School-Konsep-Pendidikan-Boarding-School
Konsep Pendidikan Boarding School

Konsep pendidikan boarding school adalah sebuah konsep pendidikan yang mengadopsi dan mengkombinasikan antara sistem pendidikan pondok pesantren dengan sistem pendidikan formal. Kurikulum yang digunakan pada konsep pendidikan boarding school adalah perpaduan antara kurikulum dari kementrian pendidikan dengan kurikulum keagamaan.

Konsep pendidikan boarding school juga sering disebut sebagai konsep pendidikan yang menawarkan sekolah berasrama tingkat pra-universitas. Konsep sekolah asrama ini mewajibkan seluruh siswanya tinggal di dalam asrama yang telah disediakan selama masa pendidikan berlangsung.

Selama masa pendidikannya, seluruh peserta didik akan mendapatkan pengawalan ketat dari guru dan pembimbing baik di dalam kelas maupun di dalam asrama. Hal ini tentu menambah motivasi kepada para peserta didik agar lebih semangat dalam belajar dan mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya.

Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak orang tua yang kemudian lebih memilih sekolah dengan konsep pendidikan boarding school untuk putra-putrinya dibandingkan dengan sekolah reguler.

Bina-Qurani-Islamic-School-Konsep-Pendidikan-Boarding-School

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Konsep Pendidikan Boarding School, Source: Photo From Timur Weber Pexels

Keunggulan Konsep Pendidikan Boarding School

Sekolah yang mengusung sistem pendidikan atau konsep pendidikan boarding school tentu memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sekolah konvensional pada umumnya.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari konsep pendidikan boarding school:

1. Memiliki Tujuan Yang Tinggi

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa konsep pendidikan boarding school adalah hasil adopsi dari pendidikan formal dan pendidikan pondok pesantren. Konsep pendidikan ini mengkombinasikan antara kurikulum kementrian pendidikan dengan kurikulum keagamaan.

Penerapan dwi kurikulum ini tentunya tidak sembarangan, melainkan memiliki tujuan khusus demi pendidikan buah hati, seperti:

  • Membentuk peserta didik yang berkepribadian Islam.
  • Membentuk peserta yang bermanfaat untuk bangsa dan agama.
  • Membentuk peserta didik yang terampil dalam ilmu agama dan juga ilmu dunia.

Contoh yang paling mudah dapat kita lihat dari Bina Qurani Islamic School. Bina Qurani Islamic School merupakan salah satu Boarding School terbaik di Bogor yang mengusung konsep Sekolah Integritas.

Konsep sekolah integritas yang diusung oleh Bina Qurani Islamic School ini memiliki tujuan yang tinggi dan begitu mulia, sebagai berikut:

  • Mencetak lulusan yang memiliki jiwa leadership yang berilmu, jujur, amanah, dan cerdas.
  • Mencetak lulusan yang mahir berbahasa Arab dan Inggris serta menguasai satu bahasa asing pilihan.
  • Mencetak lulusan yang menguasai seluk-beluk pembuatan website dan bahasa pemrograman mutakhir.
  • Mencetak lulusan yang terampil dalam desain grafis dan video editing.
  • Setiap lulusan mendapatkan sanad Alquran bersambung kepada Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam.

Itulah contoh tujuan konsep pendidikan boarding school yang ditawarkan oleh Bina Qurani Islamic School.

Bina-Qurani-Islamic-School-Konsep-Pendidikan-Boarding-School

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Konsep Pendidikan Boarding School, Source: Photo From Rawpixel

2. Program Pendidikan Paripurna

Secara umum, sekolah-sekolah reguler lebih konsentrasi pada kegiatan yang bersifat akademis semata, sehingga banyak aspek kehidupan yang tidak tersentuh oleh anak. Kanyataan ini terjadi karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh sekolah reguler dalam pengelolaan program pendidikan.

Sementara itu, sekolah dengan konsep pendidikan boarding school menawarkan pelayanan yang lebih istimewa, mulai dari perancangan progam pendidikan yang komprehensif-holistic, program pendidikan keagamaan, academic development, dan life skill baik soft skill maupun hard skill.

Sebagai contoh lagi adalah Bina Qurani Islami School. Bina Qurani Islamic School merupakan lembaga pendidikan formal yang menerapkan konsep pendidikan QUALITY Kurikulum, yaitu Quran, Adab, Language, dan Information Technology.

Penerapan konsep QUALITY Kurikulum menjadi keunggulan bagi Bina Qurani Islamic School dengan mengedepankan teori cepat praktik tepat. Konsep ini juga dikawal langsung oleh 4 orang pengasuh yang berpengalaman, seperti:

  • Abdul Wahid, Lc., M.E.I.
  • H. Abu Mujahid al-Ghifari, Lc., M.E.I.
  • Ade Wahidin, Lc., M.Pd.I.
  • Fitri Priyanto, Lc., M.M.

Konsep QUALITY Kurikulum ini adalah salah satu contoh dari keunggulan program pendidikan yang ditawarkan oleh Bina Qurani Islamic School dibandingkan sekolah reguler pada umumnya.

3. Fasilitas Lengkap

Konsep pendidikan boarding school juga menawarkan fasilitas yang lebih lengkap dibanding dengan sekolah umum. Fasilitas ini dapat kita temui mulai dari fasilitas sekolah seperti ruang kelas yang nyaman, laboraturium, klinik, sarana olah raga, perpustakaan, kebun dan ruang terbuka hijau.

Sementara fasilitas yang terdapat di asrama adalah kamar yang bersih, rapi, dan lengkap dengan segala kebutuhan peserta didik. Juga tersedia fasilitas dapur, mulai dari makanan, snack, dan minuman yang sehat lagi bergizi tinggi.

Keunggulan ini juga menjadi salah satu alasan kenapa orang tua lebih memilih konsep pendidikan boarding school untuk pendidikan anaknya.

Bina-Qurani-Islamic-School-Konsep-Pendidikan-Boarding-School

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Konsep Pendidikan Boarding School, Source: Photo From ESB Professional Shutterstock

4. Pengajar Yang Berkualitas

Seleksi ketat yang dilakukan oleh sekolah berasrama dalam menyaring pengajar, merupakan bentuk kesungguhan dalam upaya menyediakan pengajar yang berkualitas untuk peserta didik.

Kecerdasan intellectual, sosial, spiritual, dan kemampuan pedagogis metodologis harus dimiliki setiap pengajar di sekolah yang mengusung konsep boarding school. Ditambang lagi kemampuan berbahasa asing seperti bahasa inggris, arab, mandarin, turki dan bahasa asing lainnya.

5. Ekstrakurikuler yang Sesuai dengan Minat dan Bakat Siswa

Konsep pendidikan boarding school juga memberikan keluasan kepada seluruh peserta didik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Tujuan dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk memfasilitasi minat dan bakat peserta didik yang cukup variatif, sehingga output yang dihasilkan tidak hanya mumpuni dari sisi kognitif dan afektif tetapi juga secara psikomotorik mampu berkompetisi dengan lulusan-lulusan sekolah umum lainnya.

Beberapa keunggulan di atas itu adalah alasan sekaligus jawaban, kenapa konsep pendidikan boarding school dewasa ini lebih diminati oleh orang tua.

Thumbnail Source: Photo From Rawpixel

Artikel Terkait:
Boarding School Terbaik di Jawa Barat

TAGS
#Bina Qurani Islamic School #Boarding School di Bogor #Boarding School Terbaik #Kurikulum Bina Qurani #Boarding School #Islamic Boarding School
Login