Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Kurikulum Pesantren Terbaik Bogor

Setiap orang tua, pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang saleh dan salehah serta bermanfaat bagi agama dan negara. Karena anak merupakan investasi berharga yang segala kebaikannya akan mengalir kepada kedua orang tuanya walaupun keduanya telah meninggal dunia. Hal ini sebagaimana Hadis berikut:

عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثَةِ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak saleh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Untuk mewujudkan anak-anak kita agar menjadi anak yang saleh tentu haruslah mendapatkan bimbingan dan pendidikan, terutama pendidikan keagamaan. Salah satunya adalah dengan memasukkan mereka di pesantren, terutama pesantren terbaik Bogor.

Pesantren terbaik Bogor tentunya dapat dijumpai dengan cukup mudah di Kabupaten dan Kota Bogor. Di Kabupaten Bogor, pesantren terbaik Bogor ini pada tahun 2017 tercatat kurang lebih ada 209 pesantren. Adapun pesantren terbaik Bogor yang berada di wilayah Kota Bogor pada tahun 2017 tercatat sekitar 57 pesantren.

 Di antara pesantren terbaik Bogor yang terletak di Kabupaten Bogor adalah al-Jiddi al-Islami Laladon, Nurul Huda Bubulak, Ummul Quro al-Islami Leuwiliang. Adapun pesantren terbaik Bogor yang ada di Kota Bogor di antaranya adalah Darul Muhajirin Kedung Halang, Al-Furqon Cilendek, Roudhotul Thalibin Pagentongan, dan lain sebagainya. (cimanggubogor.com, 2020)

Pesantren terbaik Bogor sebagaimana telah disebutkan, secara umum menganut sistem pondok pesantren; yaitu setiap santri wajib mengikuti kegiatan belajar dan mengajar dengan diasramakan di mana kurikulumnya didominasi oleh ilmu-ilmu keagamaan atau kepesantrenan. Di samping itu, beberapa pesantren juga memasukkan kurikulum Kementrian Agama dalam kegiatan belajar mengajarnya. Biasanya pesantren terbaik Bogor yang seperti telah bekerja sama dengan Kemenag baik secara langsung seperti memiliki MTs dan MA sendiri atau secara tidak langsung, yaitu menginduk ke MTs dan MA yang ada di wilayah sekitar.

Kehadiran pesantren terbaik Bogor di mana kurikulum agama sebagai fundamen pendidikannya tentunya menjadi jawaban solutif bagi terwujudnya anak-anak yang saleh dan salehah secara personal. Secara sosial-komunal, keberadaan pesantren terbaik Bogor akan dapat menghiasi lini-lini kehidupan masyarakat yang cenderung religius dan agamis.

TAGS
#Agamis #Kurikulum #Pesantren Terbaik Bogor
Login