Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Lambang Sila Pertama

Bina-Qurani-Lambang-Sila-Pertama

Lambang sila pertama Pancasila adalah sebuah simbol yang mewakili maksud serta tujuan dari kandungan sila pertama pancasila. Bunyi sila pertama adalah “Ketuhanan Yang Maha Esa. Sementara itu, lambang sila pertama adalah bintang emas.

Pemilihan bintang emas sebagai lambang sila pertama ini tentunya memiliki makna serta tujuan yang tinggi dari para pendiri bangsa.

Lantas apakah maksud dari lambang sila pertama ini?

Kenapa bintang emas ini dipilih sebagai Lambang sila pertama Pancasila?

Bina-Qurani-Lambang-Sila-Pertama

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Lambang Sila Pertama, Source: Photo From Lonely Planet

Jika Anda ingin mengetahui maksud dari lambang sila pertama, maka saat ini Anda sedang berada pada artikel yang tepat. Sebagai saran, sebaiknya Anda membacanya dengan fokus dan seksama agar artikel ini dapat dipahami dengan benar.

Namun, sebelum kita membahas mengenai pemilihan bintang emas sebagai lambang sila pertama pancasila beserta maksud dan tujuannya, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui urgensi Pancasila sebagai dasar negara.

Urgensi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang juga menjadi ideologi sekaligus sebagai pandangan hidup bagi bangsa Indonesia.

Pada pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ditegaskan dalam alinea keempat bahwa terdapat kata “berdasar kepada”, yang artinya Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Rapublik Indonesia.

Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila merupakan sumber dari sumber hukum yang seharusnya menjadi landasan dan pedoman dalam pembentukan peraturan perundang-undangan. Serta dalam penyelenggaraan pemerintah negara, hendaknya sesuai dengan perundang-undangan yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Dalam kehidupan bermasyarakat, baik dalam bidang sosial, budaya maupun politik sudah selayaknya nilai-nilai pancasila selalu dijadikan kaidah penuntun sehingga dapat mengarahkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam kehidupan yang harmonis.

Bina-Qurani-Lambang-Sila-Pertama

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Lambang Sila Pertama, Source: Photo From Hobi Industri Unsplash

Bunyi Lima Dasar Pancasila

Menurut bahasa Sansekerta, pancasila terdiri dari dua kata yaitu panca dan sila. Panca artinya adalah lima, dan sila artinya dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pancasila adalah lima dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun bunyi dari lima dasar negara Indonesia (Pancasila) tersebut adalah:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Lima sila di atas adalah prinsip negara Indonesia yang tidak dapat dipisahkan.

Bina-Qurani-Lambang-Sila-Pertama

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Lambang Sila Pertama, Source: Photo From Wallpaper Cave

Makna Lambang Sila Pertama

Kelima sila pada pancasila dilambangkan dengan simbol-simbol yang berbeda antara lambang sila pertama dengan lambang sila yang lainnya.

Setiap lambang Pancasila diletakkan di atas perisai Garuda yang merupakan lambang negara. Bunyi sila pertama pancasila adalah “Ketuhanan Yang Maha Esa” dan dilambangkan dengan bintang emas di atas Perisai Garuda.

Adapun Makna dari Bintang Emas Lambang Sila Pertama adalah sebagai berikut:

  • Lambang bintang emas adalah cahaya yang diasumsikan sebagai cahaya ketuhanan yang dipancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk menyinari seluruh bangsa Indonesia
  • Lima kaki bintang melambangkan seluruh aspek kehidupan yaitu, bumi, udara, air, api dan kaki bintang yang mengarah ke atas adalah aspek Ketuhanan Yang Maha Esa, yang paling tinggi dan mulia.
  • Pemilihan warna emas pada lambang sila pertama melambangkan kejayaan, kebijaksanaan, optimisme, kelimpahan, pengetahuan, keluhuran, spiritualitas, serta pemahaman yang mendalam tentang jiwa.
  • Bintang emas sebagai lambang sila pertama, “Ketuhanan Yang Maha Esa” berarti bahwa semua warga Indonesia berhak memeluk agama manapun tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Maka dapat disimpulkan bahwa pemilihan bintang emas sebagai lambang sila pertama merupakan sebagai tanda bahwa Indonesia adalah negara ketuhanan yang tunduk di bawah peraturan Tuhan. Karena umat beragama merupakan pilar dan kekuatan bagi bangsa Indonesia.

Dasar “Ketuhanan Yang Maha Esa” merupakan pendorong negara Indonesia menjadi negara yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur.

Thumbnail Source: Photo From Freepik

Artikel Terkait:
Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah
Login